Social-Emotional Learning (SEL) dan Collaborative for Academic, Social, and Emotional Learning (CASEL) adalah dua konsep penting yang berkaitan dengan pengembangan keterampilan sosial dan emosional di sekolah, terutama dalam mendukung kesejahteraan dan keberhasilan akademik siswa. Meskipun keduanya sangat terkait, ada perbedaan dalam definisi dan pendekatan mereka.
 1. Social-Emotional Learning (SEL)
Social-Emotional Learning (SEL) adalah proses di mana individu---baik anak-anak, remaja, maupun orang dewasa---mempelajari dan mengembangkan keterampilan untuk mengenali, memahami, dan mengelola emosi mereka, serta untuk berinteraksi dengan orang lain secara positif dan konstruktif. SEL melibatkan lima kompetensi utama yang ditekankan dalam pengembangan individu:
- Self-Awareness (Kesadaran Diri): Kemampuan untuk mengenali dan memahami perasaan, pikiran, dan nilai-nilai diri sendiri, serta bagaimana hal itu memengaruhi perilaku dan keputusan.
Â
- Self-Management (Manajemen Diri): Kemampuan untuk mengelola emosi, stres, dan perilaku dalam situasi yang berbeda, termasuk mengatur impuls, menetapkan tujuan, dan bertahan dalam menghadapi kesulitan.
- Social Awareness (Kesadaran Sosial): Kemampuan untuk memahami perspektif dan perasaan orang lain, menghargai keragaman, serta menunjukkan empati terhadap orang lain.
- Relationship Skills (Keterampilan Relasional): Kemampuan untuk membangun dan memelihara hubungan yang sehat dan positif, termasuk komunikasi efektif, kerja sama, dan menyelesaikan konflik.
- Responsible Decision-Making (Pengambilan Keputusan yang Bertanggung Jawab): Kemampuan untuk membuat keputusan yang sehat dan konstruktif tentang perilaku dan interaksi sosial, dengan mempertimbangkan berbagai faktor dan konsekuensi.
Tujuan SEL adalah untuk memfasilitasi perkembangan emosional dan sosial yang sehat, yang pada gilirannya dapat meningkatkan hasil akademik dan kesejahteraan mental siswa. SEL memberikan siswa alat yang mereka butuhkan untuk berfungsi dengan baik baik di dalam maupun di luar kelas, dengan keterampilan yang juga sangat penting dalam kehidupan sehari-hari.
 2. Collaborative for Academic, Social, and Emotional Learning (CASEL)
CASEL adalah sebuah organisasi yang berfokus pada pengembangan dan implementasi Social-Emotional Learning (SEL) dalam pendidikan. Didirikan pada tahun 1994, CASEL berperan penting dalam mengembangkan standar dan kerangka kerja yang mendasari praktik SEL yang efektif di sekolah. CASEL tidak hanya mempromosikan SEL, tetapi juga menyediakan pedoman, penelitian, dan dukungan untuk integrasi SEL ke dalam kurikulum dan kebijakan pendidikan.
CASEL mengembangkan Framework for Systemic SEL, yang mengarah pada penerapan SEL di seluruh sistem pendidikan---termasuk pengembangan program, pelatihan guru, dan kebijakan sekolah. Kerangka kerja ini menekankan pentingnya pengembangan kompetensi sosial-emosional untuk mendukung keberhasilan akademik dan kehidupan siswa secara keseluruhan.
Komponen Utama dalam CASEL Framework:
CASEL menekankan lima kompetensi sosial-emosional yang menjadi fokus utama dalam pendidikan, yang serupa dengan kompetensi yang dijelaskan di atas dalam SEL. Namun, CASEL juga menekankan perlunya sistem dan kebijakan yang mendukung untuk implementasi SEL yang berhasil di seluruh sekolah. Beberapa komponen penting dalam framework ini adalah:
1. Pengembangan Kompetensi Sosial-Emosional: Peningkatan keterampilan sosial-emosional di seluruh sistem pendidikan, termasuk di dalam kelas, komunitas sekolah, dan keluarga.
Â
2. Lingkungan Sekolah yang Mendukung: Menciptakan iklim sekolah yang aman, inklusif, dan mendukung perkembangan sosial dan emosional siswa.
3. Keterlibatan Keluarga dan Komunitas: Mengajak keluarga dan komunitas untuk berperan aktif dalam mendukung pengembangan sosial-emosional siswa.
4. Pendidikan Profesional untuk Guru dan Staf: Memberikan pelatihan kepada pengajar dan staf sekolah tentang pentingnya SEL dan cara mengimplementasikannya di kelas.
 3. Perbedaan Utama antara SEL dan CASEL
- SEL adalah konsep dan proses pembelajaran yang lebih luas yang mencakup keterampilan sosial dan emosional yang perlu dipelajari oleh individu untuk berkembang secara pribadi dan sosial. Ini adalah prinsip yang diterapkan pada individu atau kelompok.
Â
- CASEL, di sisi lain, adalah organisasi yang memfasilitasi dan mendukung penerapan SEL di sekolah-sekolah dan komunitas pendidikan secara sistematis. CASEL berperan sebagai pengembang standar, alat ukur, dan penyedia sumber daya untuk implementasi SEL di tingkat kebijakan dan praktik pendidikan.
 4. Implementasi SEL dan CASEL di Sekolah
Untuk mengimplementasikan SEL dengan efektif, CASEL merekomendasikan pendekatan berbasis sistem yang mencakup beberapa langkah:
- Penyusunan Kebijakan dan Tujuan yang Jelas: Sekolah harus memiliki kebijakan yang mendukung integrasi SEL dalam semua aspek pendidikan.
Â
- Pelatihan untuk Guru dan Staf: Guru dan staf perlu pelatihan untuk memahami pentingnya SEL dan bagaimana mengajarkannya di kelas dan di luar kelas.
- Integrasi ke Kurikulum: SEL harus terintegrasi dalam semua mata pelajaran, bukan hanya melalui program terpisah, sehingga siswa dapat belajar keterampilan sosial-emosional dalam konteks pembelajaran akademik.
- Keterlibatan Komunitas: Keluarga dan masyarakat harus dilibatkan dalam mendukung dan memperkuat keterampilan sosial-emosional yang dipelajari siswa.
 Kesimpulan
Social-Emotional Learning (SEL) adalah pendekatan penting yang membantu siswa mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan untuk memahami dan mengelola emosi, berinteraksi secara positif dengan orang lain, serta membuat keputusan yang bijak. CASELadalah organisasi yang memfasilitasi pengembangan dan penerapan SEL di sekolah-sekolah dengan menyediakan pedoman dan dukungan sistematis untuk implementasinya. Bersama-sama, SEL dan CASEL berperan penting dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang holistik dan mendukung kesejahteraan serta keberhasilan siswa secara menyeluruh.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H