Mohon tunggu...
Nada Nadhifah
Nada Nadhifah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Freelance Content Writer

Jangan diliat aja, ayo saling follow dan saling membantu!

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Mengenal Pengertian, Macam-Macam dan Contoh Arus Komunikasi Pada Organisasi Maupun Perusahaan

3 Mei 2023   13:18 Diperbarui: 3 Mei 2023   13:20 1586
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi contoh arus komunikasi pada sebuah perusahaan | pexels: yan krukau

Setiap perusahaan pasti memiliki sumber daya manusia di dalamnya, seperti karyawan, manajer, CEO dan sebagainya. Namun untuk saling berinteraksi diperlukan yang namanya komunikasi. Komunikasi tidak hanya bercakap-cakap saja tanpa adanya tujuan, pastinya terdapat informasi-informasi yang disebarkan kepada sesama rekan kerja. Sebuah jaringan penyebaran informasi yang berlangsung dalam suatu organisasi disebut arus komunikasi. Menurut Kamuli (2012:6) yang diuraikan dalam buku Komunikasi Organisasi, definisi arus komunikasi merupakan pengaturan aliran atau jaringan pesan dari satu devisi ke devisi lainnya dalam organisasi, serta berpengaruh langsung pada produktivitas kerja. Tujuan dari arus komunikasi untuk secara tetap dan berkesinambungan menciptakan, menampilkan, menerima sekaligus menafsirkan informasi.

Jika kita perhatikan baik-baik secara seksama, informasi tidak bergerak sendiri karena ia bukan benda hidup yang bisa bergerak kesana kemari. Informasi hanyalah sebuah perangkat lunak berbentuk pesan secara lisan maupun tulisan. Maka dari itu, ia membutuhkan manusia sebagai yang mengalirkan atau menggerakan sebuah informasi dari orang ke orang lain, dari divisi ke divisi lain dan sebagainya. (Suranto Aw, 2018:82)

Definisi umum suatu organisasi adalah satu kumpulan individu-individu yang melalui jenjang hierarki atau tingkatan-tingkatan maupun jabatan dengan mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama. Dari definisi tersebut dapat kita lihat bahwa dalam organisasi terdapat banyak jenjang jabatan maupun kedudukan yang kemungkinan semua individunya memiliki perbedaan posisi, contohnya seperti pimpinan, karyawan, dan manajer. Menurut arus informasi pada komunikasi, dapat diidentifikasi berbagai ragam pola arus komunikasi di perusahaan, diantaranya :

1. KOMUNIKASI VERTIKAL

Contoh bagan dari arus komunikasi vertikal pada buku Komunikasi Organisasi oleh Suranto Aw | Dokumen pribadi: Nada Nadhifah
Contoh bagan dari arus komunikasi vertikal pada buku Komunikasi Organisasi oleh Suranto Aw | Dokumen pribadi: Nada Nadhifah

Komunikasi vertikal merupakan pola arus komunikasi yang secara hierarkis melibatkan pihak-pihak yang memiliki jenjang kedudukan struktur yang berbeda. Contohnya seperti komunikasi antara pimpinan dengan bawahan, manajer dengan staf, antar kepala bagian dengan sub bagian dan sebagainya. Adapun komunikasi vertikal ini bisa kita bedakan menjadi 2 arah arus komunikasi yaitu:

a. Komunikasi vertikal ke bawah, maksudnya adalah proses menyampaikan informasi dari atasan kepada bawahan, contohnya seperti dari pimpinan kepada staf, atau bisa dari pejabat kepada pejabat lain yang struktur jabatannya itu berada di bawahnya. Jadi intinya komunikasi vertikal ke bawah terjadi saat orang-orang atas mengirimkan pesan kepada bawahannya. Tujuannya adalah untuk menyediakan informasi agar memudahkan para karyawan dalam mengerjakan pekerjaannya, pengawasan kerja serta memberikan arahan kepada staf sehingga mereka dapat mengerti apa yang harus mereka kerjakan .

b. Komunikasi vertikal ke atas, merupakan kebalikan dari komunikasi vertikal ke bawah yaitu proses penyampaian informasi dari pejabat yang tingkatannya rendah kepada pejabat yang tingkat jabatannya tinggi, contohnya seperti staf kepada pimpinan, dari camat ke bupati serta dari dekan kepada rektor atau dari mahasiswa kepada dosen dan sebagainya. Hal ini bertujuan untuk menyampaikan aspirasi yang di bawah berupa laporan, keluhan, kritik, saran serta usulan. (Suranto Aw, 2018:83-85)

2. KOMUNIKASI HORIZONTAL

Contoh bagan dari arus komunikasi horizontal pada buku Komunikasi Organisasi oleh Suranto Aw | Dokumen pribadi: Nada Nadhifah
Contoh bagan dari arus komunikasi horizontal pada buku Komunikasi Organisasi oleh Suranto Aw | Dokumen pribadi: Nada Nadhifah

Arus komunikasi ini disebut juga sebagai arus komunikasi kesamping, mendatar, sejajar dan juga arus komunikasi lateral. Arus komunikasi lateral atau horizontal ini merupakan proses penyampaian informasi yang di dalamnya terlibat pegawai atau karyawan yang masing-masing mempunyai posisi jabatan yang setingkat atau sejajar. Pola arus komunikasi ini sangat cocok dalam penyelesaian konflik yang kompleks serta melibatkan banyak pihak dari berbagai divisi pada perusahaan.

3. KOMUNIKASI DIAGONAL

Contoh bagan dari arus komunikasi diagonal pada buku Komunikasi Organisasi oleh Suranto Aw | Dokumen pribadi: Nada Nadhifah
Contoh bagan dari arus komunikasi diagonal pada buku Komunikasi Organisasi oleh Suranto Aw | Dokumen pribadi: Nada Nadhifah

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun