Dilansir dari McKinsey, email marketing masih menjadi salah satu strategi marketing yang masih banyak diminati oleh para pelaku bisnis. Hal tersebut dikarenakan para pelaku bisnis menilai email marketing merupakan salah satu cara yang paling efektif dalam membangun koneksi terhadap para pelanggan.
Selain itu, email marketing dinilai 40 kali lebih baik dibandingkan metode pemasaran lainnya. Namun untuk melakukannya, Anda membutuhkan strategi yang tepat dalam penerapannya. Oleh karena itu, berikut hal - hal dasar yang wajib Anda ketahui sebelum menerapkan email marketing!
Pengertian Email Marketing
Email marketing adalah salah satu strategi marketing banyak digunakan oleh pelaku bisnis karena segudang manfaat yang dimilikinya. Email marketing digunakan untuk memasarkan sebuah produk melalui pesan email.
Dengan begitu, pengertian email marketing merupakan strategi pemasaran yang dapat membantu Anda mempromosikan sebuah produk dan juga tetap berinteraksi dengan customer melalui pesan email. Dengan begitu, proses pemasaran yang dilakukan dapat tersampaikan dengan target pelanggan yang tepat dan juga bersifat personal.
Jenis - Jenis Email Marketing
Email marketing memiliki beberapa jenis yang berbeda yang bisa Anda gunakan untuk proses pemasaran, diantaranya:
Customer on boarding
Invitation email
Digest email
Newsletter
Kelebihan Email Marketing
Banyak para pelaku bisnis memilih menggunakan email marketing karena banyaknya manfaat yang didapatkan untuk mendatangkan keuntungan, seperti:
Mudah digunakan
Hemat biaya
Meningkatkan pendapatan
Target audiens yang tepat sasaran
Memiliki dampak yang instan
Memiliki proses dan hasil yang dapat diukur
Meningkatkan customer engagement melalui pesan email
Cara Memulai Email Marketing
Untuk membuat sebuah email marketing, berikut langkah - langkah yang bisa Anda ikuti!
Mengetahui dan memahami kebiasaan pelanggan
Melakukan segmentasi pelanggan
Membuat jadwal target penjualan
Menetapkan jenis campaign yang akan digunakan
Mengirimkan email marketing dengan konten yang relevan
Melakukan evaluasi dan analisis
Metrik Marketing
Untuk mengetahui dan melakukan analisis, Anda sebaiknya memiliki sebuah indikator atau metrik penilaian. Untuk itu, berikut metrik marketing yang harus Anda ketahui untuk melakukan evaluasi dan analisis email marketing.
Open rate
Click-Through-Rate (CTR)
Conversion rate
Bounce rate
Subscribe rate
Unsubscribe rate
Kesimpulan
Email marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang paling banyak digunakan oleh para pelaku bisnis. Pasalnya, proses pemasaran menggunakan email marketing memiliki segudang manfaat bagi sebuah bisnis, salah satunya yaitu mendapatkan target audien yang lebih tepat sasaran.
Dengan begitu, Anda bisa meningkatkan bisnis Anda melalui strategi email marketing.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H