Mohon tunggu...
Nabil Annisa
Nabil Annisa Mohon Tunggu... Penulis - Content Marketing

An ordinary girl who love to see city light and have special interests in writing and content creation

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Email Marketing: Pengertian Hingga Hal Dasar Lainnya yang Harus Anda Pahami!

18 November 2022   15:52 Diperbarui: 18 November 2022   15:55 120
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Source: Shutterstock.com

Dilansir dari McKinsey, email marketing masih menjadi salah satu strategi marketing yang masih banyak diminati oleh para pelaku bisnis. Hal tersebut dikarenakan para pelaku bisnis menilai email marketing merupakan salah satu cara yang paling efektif dalam membangun koneksi terhadap para pelanggan.

Selain itu, email marketing dinilai 40 kali lebih baik dibandingkan metode pemasaran lainnya. Namun untuk melakukannya, Anda membutuhkan strategi yang tepat dalam penerapannya. Oleh karena itu, berikut hal - hal dasar yang wajib Anda ketahui sebelum menerapkan email marketing!

Pengertian Email Marketing

Email marketing adalah salah satu strategi marketing banyak digunakan oleh pelaku bisnis karena segudang manfaat yang dimilikinya. Email marketing digunakan untuk memasarkan sebuah produk melalui pesan email.

Dengan begitu, pengertian email marketing merupakan strategi pemasaran yang dapat membantu Anda mempromosikan sebuah produk dan juga tetap berinteraksi dengan customer melalui pesan email. Dengan begitu, proses pemasaran yang dilakukan dapat tersampaikan dengan target pelanggan yang tepat dan juga bersifat personal.

Jenis - Jenis Email Marketing

Email marketing memiliki beberapa jenis yang berbeda yang bisa Anda gunakan untuk proses pemasaran, diantaranya:

  • Customer on boarding

  • Invitation email

  • Digest email

  • Newsletter

Kelebihan Email Marketing

Banyak para pelaku bisnis memilih menggunakan email marketing karena banyaknya manfaat yang didapatkan untuk mendatangkan keuntungan, seperti:

  • Mudah digunakan

  • Hemat biaya

  • Meningkatkan pendapatan

  • Target audiens yang tepat sasaran

  • Memiliki dampak yang instan

  • Memiliki proses dan hasil yang dapat diukur

  • Meningkatkan customer engagement melalui pesan email

Cara Memulai Email Marketing

Untuk membuat sebuah email marketing, berikut langkah - langkah yang bisa Anda ikuti!

  1. Mengetahui dan memahami kebiasaan pelanggan

  2. Melakukan segmentasi pelanggan

  3. Membuat jadwal target penjualan

  4. Menetapkan jenis campaign yang akan digunakan

  5. Mengirimkan email marketing dengan konten yang relevan

  6. Melakukan evaluasi dan analisis

Metrik Marketing

Untuk mengetahui dan melakukan analisis, Anda sebaiknya memiliki sebuah indikator atau metrik penilaian. Untuk itu, berikut metrik marketing yang harus Anda ketahui untuk melakukan evaluasi dan analisis email marketing.

  • Open rate

  • Click-Through-Rate (CTR)

  • Conversion rate

  • Bounce rate

  • Subscribe rate

  • Unsubscribe rate


Kesimpulan

Email marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang paling banyak digunakan oleh para pelaku bisnis. Pasalnya, proses pemasaran menggunakan email marketing memiliki segudang manfaat bagi sebuah bisnis, salah satunya yaitu mendapatkan target audien yang lebih tepat sasaran.

Dengan begitu, Anda bisa meningkatkan bisnis Anda melalui strategi email marketing.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun