Kata "Iklan" sangat erat kaitannya dengan proses pemasaran sebuah bisnis. Dengan adanya iklan, masyarakat jadi lebih tahu mengenai produk yang Anda tawarkan.
Setiap produk tentu saja membutuhkan iklan yang untuk memasarkan produk yang ditawarkan kepada masyarakat. Beragam jenis iklan yang bisa Anda gunakan, seperti advertisement di televisi, media sosial, hingga advertisement yang terpampang di jalanan.
Namun, apa sih yang dimaksud dengan iklan? Apa manfaat iklan bagi sebuah bisnis? Berikut penjelasannya!
Baca Juga:Â 7+ Rekomendasi Software Terbaik Untuk Marketing Automation
Pengertian Iklan
Iklan atau yang biasa disebut juga dengan advertisement merupakan salah satu alat komunikasi yang digunakan perusahaan terhadap calon pelanggannya. Menurut Gilson & Berkman, advertisement merupakan sebuah bentuk media komunikasi persuasif yang dibuat untuk menghasilkan respon dan membantu tercapainya sebuah tujuan pemasaran.
Ditambah lagi, Liliweri mengemukakan bahwa advertisement merupakan sebuah proses komunikasi yang memiliki peran penting sebagai alat pemasaran dalam membantu meningkatkan keuntungan penjualan sebuah bisnis dengan memberikan layanan/gagasan/ ide -- ide melalui saran tertentu dalam bentuk persuasif.
Fungsi & Manfaat Iklan
Terdapat beberapa fungsi iklan secara umum yang harus Anda ketahui, diantaranya:
Persuading (Membujuk)
Reminding (Mengingatkan)
Informing (Memberikan Informasi)
Adding Value (Memberikan Nilai Tambah)
Selain fungsi, terdapat juga beberapa manfaat iklan yang dapat membantu Anda meningkatkan keuntungan. Manfaat iklan tersebut, berupa:
Mengenalkan produk baru ke pasar
Melakukan ekspansi pasar
Meningkatkan penjualan
Melawan kompetitor
Mengedukasi pelanggan
Lebih hemat dengan online advertisement
Memberikan informasi mengenai kualitas produk
Dapat mendukung niat baik
Menghindari adanya pemborong yang merugikan pelanggan secara langsung
Membuka lapangan pekerjaan baru
Baca Juga:Â Conversion Rate: Pengertian, Manfaat, dan Cara Menghitungnya
Ciri - Ciri Iklan
Beirkut beberapa ciri - ciri iklan secara umum:
Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti
Iklan dikemas secara menarik untuk menarik perhatian pelanggan
Berisikan kalimat yang singkat, jujur, menarik perhatian, dan tidak menyinggung salah satu pihak.
Bersifat membujuk dan mengajak
Jenis - Jenis Iklan
Iklan terbagi atas beberapa jenis, diantaranya:
A. Berdasarkan Media
Iklan berdasarkan media terdiri atas iklan media cetak dan iklan media elektronik
B. Berdasarkan Tujuan
Iklan berdasarkan tujuan terdiri atas iklan komersial (bisnis) dan iklan non-komersial
C. Berdasarkan Isi
Iklan berdasarkan isi terdiri atas iklan iklan penawaran (niaga), pelayanan masyarakat, pengumuman atau pemberitahuan, dan permintaan.
Unsur - Unsur Iklan
Iklan memiliki beberapa unsur - unsur, diantaranya:
Menampilkan keunggulan
Kalimat deskriptif
Kalimat ajakan
Membangun minat beli
Membangun citra positifÂ
Kesimpulan
Iklan atau advertisement merupakan salah satu bentuk komunikasi perusahaan dengan pelanggannya yang bersifat membujuk atau mengajak untuk membeli produk yang ditawarkan. Dengan memasarkan melalui iklan, produk Anda dapat memiliki jangkauan penjualan yang luas yang membuat keuntungan jadi meningkat.
Baca Juga:Â Media Sosial vs Website: Manakah yang Cocok Untuk Bisnismu?
Maka dari itu, penting bagi Anda untuk memahami jenis - jenis hingga unsur yang tepat untuk membuat iklan yang bagus dalam memasarkan sebuah produk. Selain penggunaan iklan dalam proses pemasaran, penggunaan aplikasi kasir online Pawoon juga dapat membantu bisnis Anda mendapatkan keuntungan yang berlipat.
Pawoon memiliki beberapa fitur unggulan, seperti Aplikasi Kasir, Laporan & Analisis, Manajemen Operasional, dan juga beragam Integrasi yang dapat membuat Bisnis kamu jadi lebih mudah untuk dikelola. Dengan menggunakan aplikasi kasir Online, bisnis Anda dapat dijalankan dengan mudah dan efisien.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI