Mohon tunggu...
Nabil Annisa
Nabil Annisa Mohon Tunggu... Penulis - Content Marketing

An ordinary girl who love to see city light and have special interests in writing and content creation

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Ketahui Jenis-jenis Iklan Berikut Ini Sebelum Memasangnya!

10 November 2022   10:42 Diperbarui: 10 November 2022   10:50 119
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Kata "Iklan" sangat erat kaitannya dengan proses pemasaran sebuah bisnis. Dengan adanya iklan, masyarakat jadi lebih tahu mengenai produk yang Anda tawarkan.

Setiap produk tentu saja membutuhkan iklan yang untuk memasarkan produk yang ditawarkan kepada masyarakat. Beragam jenis iklan yang bisa Anda gunakan, seperti advertisement di televisi, media sosial, hingga advertisement yang terpampang di jalanan.

Namun, apa sih yang dimaksud dengan iklan? Apa manfaat iklan bagi sebuah bisnis? Berikut penjelasannya!

Baca Juga: 7+ Rekomendasi Software Terbaik Untuk Marketing Automation

Pengertian Iklan

Iklan atau yang biasa disebut juga dengan advertisement merupakan salah satu alat komunikasi yang digunakan perusahaan terhadap calon pelanggannya. Menurut Gilson & Berkman, advertisement merupakan sebuah bentuk media komunikasi persuasif yang dibuat untuk menghasilkan respon dan membantu tercapainya sebuah tujuan pemasaran.

Ditambah lagi, Liliweri mengemukakan bahwa advertisement merupakan sebuah proses komunikasi yang memiliki peran penting sebagai alat pemasaran dalam membantu meningkatkan keuntungan penjualan sebuah bisnis dengan memberikan layanan/gagasan/ ide -- ide melalui saran tertentu dalam bentuk persuasif.

Fungsi & Manfaat Iklan

Terdapat beberapa fungsi iklan secara umum yang harus Anda ketahui, diantaranya:

  • Persuading (Membujuk)

  • Reminding (Mengingatkan)

  • Informing (Memberikan Informasi)

  • Adding Value (Memberikan Nilai Tambah)

Selain fungsi, terdapat juga beberapa manfaat iklan yang dapat membantu Anda meningkatkan keuntungan. Manfaat iklan tersebut, berupa:

  • Mengenalkan produk baru ke pasar

  • Melakukan ekspansi pasar

  • Meningkatkan penjualan

  • Melawan kompetitor

  • Mengedukasi pelanggan

  • Lebih hemat dengan online advertisement

  • Memberikan informasi mengenai kualitas produk

  • Dapat mendukung niat baik

  • Menghindari adanya pemborong yang merugikan pelanggan secara langsung

  • Membuka lapangan pekerjaan baru

Baca Juga: Conversion Rate: Pengertian, Manfaat, dan Cara Menghitungnya

Ciri - Ciri Iklan

Beirkut beberapa ciri - ciri iklan secara umum:

  • Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti

  • Iklan dikemas secara menarik untuk menarik perhatian pelanggan

  • Berisikan kalimat yang singkat, jujur, menarik perhatian, dan tidak menyinggung salah satu pihak.

  • Bersifat membujuk dan mengajak

Jenis - Jenis Iklan

Iklan terbagi atas beberapa jenis, diantaranya:

A. Berdasarkan Media

Iklan berdasarkan media terdiri atas iklan media cetak dan iklan media elektronik

B. Berdasarkan Tujuan

Iklan berdasarkan tujuan terdiri atas iklan komersial (bisnis) dan iklan non-komersial

C. Berdasarkan Isi

Iklan berdasarkan isi terdiri atas iklan iklan penawaran (niaga), pelayanan masyarakat, pengumuman atau pemberitahuan, dan permintaan.

Unsur - Unsur Iklan

Iklan memiliki beberapa unsur - unsur, diantaranya:

  • Menampilkan keunggulan

  • Kalimat deskriptif

  • Kalimat ajakan

  • Membangun minat beli

  • Membangun citra positif 

Kesimpulan

Iklan atau advertisement merupakan salah satu bentuk komunikasi perusahaan dengan pelanggannya yang bersifat membujuk atau mengajak untuk membeli produk yang ditawarkan. Dengan memasarkan melalui iklan, produk Anda dapat memiliki jangkauan penjualan yang luas yang membuat keuntungan jadi meningkat.

Baca Juga: Media Sosial vs Website: Manakah yang Cocok Untuk Bisnismu?

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk memahami jenis - jenis hingga unsur yang tepat untuk membuat iklan yang bagus dalam memasarkan sebuah produk. Selain penggunaan iklan dalam proses pemasaran, penggunaan aplikasi kasir online Pawoon juga dapat membantu bisnis Anda mendapatkan keuntungan yang berlipat.

Pawoon memiliki beberapa fitur unggulan, seperti Aplikasi Kasir, Laporan & Analisis, Manajemen Operasional, dan juga beragam Integrasi yang dapat membuat Bisnis kamu jadi lebih mudah untuk dikelola. Dengan menggunakan aplikasi kasir Online, bisnis Anda dapat dijalankan dengan mudah dan efisien.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun