Mohon tunggu...
Nabil Annisa
Nabil Annisa Mohon Tunggu... Penulis - Content Marketing

An ordinary girl who love to see city light and have special interests in writing and content creation

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Tentukan Rencana Pemasaran Bisnismu Dengan Langkah Berikut Ini!

22 September 2022   09:35 Diperbarui: 22 September 2022   09:44 229
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Source: Unsplash.com/@brandsandpeople

Rencana pemasaran atau yang biasa disebut juga dengan marketing plan merupakan salah satu hal terpenting yang harus dilakukan dalam membangun dan menjalankan sebuah bisnis. Dalam hal ini, rencana merupakan upaya yang tepat dalam membuat strategi pemasaran.

Baca Juga: Intrapreneur: Pengertian hingga Perbedaannya Dengan Entrepreneur

Marketing plan bertujuan untuk mengembangkan strategi bisnis agar tujuan sebuah perusahaan dapat tercapai secara maksimal. sebuah bisnis yang telah menentukan marketing plan mampu meningkatkan keuntungan perusahaan dengan cara yang lebih efektif dan efisien.

Maka dari itu, setiap bisnis atau usaha sangat direkomendasikan untuk memiliki rencana pemasaran. Namun dalam pembuatan rencana pemasaran, terdapat beberapa hal yang harus Anda pahami agar mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk itu, simak artikel berikut ini untuk mengetahui penjelasannya!

Cara Menentukan Rencana Pemasaran

Berikut beberapa tips untuk menentukan rencana pemasaran yang tepat untuk bisnismu!

  • Melakukan dan menerapkan analisis SWOT

  • Menetapkan tujuan dan target yang ingin dicapai

  • Menyusun strategi yang sesuai dengan kebutuhan pasar

  • Membentuk dan menentukan tim yang kompeten

  • Menyusun dan membuat budget pemasaran

Contoh Rencana Pemasaran Kopi Sehati

Untuk penjelasan lebih lanjutnya, berikut salah satu contoh yang bisa Anda ikuti!

A. Konsep Usaha

Kopi sehati mengusung konsep Food Truck dimana penjual hanya menerima pemesanan take away dan juga lokasi bisnis yang dapat berpindah - pindah. Selain itu, Kopi Sehati juga menawarkan beragam varian rasa kopi dengan harga terjangkau.

B. Target Penjualan & Pemasaran

Kopi sehati menargetkan anak muda dan juga para pekerja sebagai target penjualan dan pemasaran. Namun, hal tersebut tidak menutup kemungkinan bagi kopi sehati menjualkan produk mereka kepada orang tua diatas usia 30 tahun. Adapun target penjualan yang ingin dicapai yaitu 100 cup/hari.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dalam Apa Itu UKM? dan Bagaimana Cara Mengembangkannya

C. Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran yang diterapkan kopi sehati, yaitu:

1. Riset Pasar

Riset pasar yang akan dilakukan yaitu berupa observasi dan melakukan survey langsung maupun secara online. Hasil riset yang dilakukan dapat berupa competitor analysis, competitor price list, atau berupa lokasi yang tepat dan strategis.

2. Branding

Branding yang dilakukan Kopi Sehati yaitu dengan cara meningkatkan awareness di platform digital, bekerjasama dengan para influencer, menyelenggarakan webinar & exhibition, hingga mengadakan promo flash sale.

3. Melakukan Grand Opening

Grand opening dengan konsep food truck dilakukan di beberapa lokasi strategis berdasarkan hasil riset pasar. Pada grand opening, Kopi sehati akan memberikan promo menarik dan juga beberapa merchandise kepada 5 pelanggan pertama yang membeli kopi sehati

4. Promosi Social Media

Promosi yang digunakan yaitu iklan berbayar dari setiap media sosial yang digunakan, melakukan giveaway, bekerja sama dengan para influencer, hingga melakukan webinar online.

5. Mengadakan promo

Promo yang digunakan Kopi Sehati berupa promo buy 2 get 1, special 22, hingga promo gratis ongkos kirim (ongkir) dengan minimum belanja.

D. Budget Pemasaran

Riset pasar: Rp 300.000

Branding: Rp 2.500.000

Soft Opening: Rp 3.000.000

Pemasaran Sosial Media: Rp 2.000.000

Total biaya: Rp 7.800.000

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam menentukan rencana pemasaran untuk sebuah bisnis. Dengan adanya rencana pemasaran, bisnis dapat berjalan dengan lancar sehingga dapat meningkatkan keuntungan.

Selain langkah - langkah diatas, Anda juga dapat meningkatkan keuntungan dengan menggunakan aplikasi kasir Pawoon. Pawoon adalah solusi dalam mengelola bisnis Anda secara online.

Baca Juga: Langkah -- Langkah Memulai Digital Marketing Bagi Pemula

Pawoon menawarkan beberapa fitur unggulan, seperti Aplikasi Kasir, Laporan & Analisis, Manajemen Operasional, dan juga beragam Integrasi yang dapat membuat Bisnis kamu jadi lebih mudah untuk dikelola.

Dengan pengelolaan bisnis secara online, para pebisnis atau pelaku usaha dapat menjalankan bisnis mereka kapan saja dan dimana saja yang tentunya lebih efisien. Hal telah terbukti dengan 230.000 UMKM Indonesia telah menggunakan Pawoon dalam meningkatkan bisnis mereka.

Menarik bukan? Nah tunggu apalagi? Kunjungi website kami untuk mendapatkan demo secara gratis dan rasakan kesempatan mengelola bisnis dalam satu aplikasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun