Rencana pemasaran atau yang biasa disebut juga dengan marketing plan merupakan salah satu hal terpenting yang harus dilakukan dalam membangun dan menjalankan sebuah bisnis. Dalam hal ini, rencana merupakan upaya yang tepat dalam membuat strategi pemasaran.
Baca Juga:Â Intrapreneur: Pengertian hingga Perbedaannya Dengan Entrepreneur
Marketing plan bertujuan untuk mengembangkan strategi bisnis agar tujuan sebuah perusahaan dapat tercapai secara maksimal. sebuah bisnis yang telah menentukan marketing plan mampu meningkatkan keuntungan perusahaan dengan cara yang lebih efektif dan efisien.
Maka dari itu, setiap bisnis atau usaha sangat direkomendasikan untuk memiliki rencana pemasaran. Namun dalam pembuatan rencana pemasaran, terdapat beberapa hal yang harus Anda pahami agar mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk itu, simak artikel berikut ini untuk mengetahui penjelasannya!
Cara Menentukan Rencana Pemasaran
Berikut beberapa tips untuk menentukan rencana pemasaran yang tepat untuk bisnismu!
Melakukan dan menerapkan analisis SWOT
Menetapkan tujuan dan target yang ingin dicapai
Menyusun strategi yang sesuai dengan kebutuhan pasar
Membentuk dan menentukan tim yang kompeten
Menyusun dan membuat budget pemasaran
Contoh Rencana Pemasaran Kopi Sehati
Untuk penjelasan lebih lanjutnya, berikut salah satu contoh yang bisa Anda ikuti!
A. Konsep Usaha
Kopi sehati mengusung konsep Food Truck dimana penjual hanya menerima pemesanan take away dan juga lokasi bisnis yang dapat berpindah - pindah. Selain itu, Kopi Sehati juga menawarkan beragam varian rasa kopi dengan harga terjangkau.
B. Target Penjualan & Pemasaran
Kopi sehati menargetkan anak muda dan juga para pekerja sebagai target penjualan dan pemasaran. Namun, hal tersebut tidak menutup kemungkinan bagi kopi sehati menjualkan produk mereka kepada orang tua diatas usia 30 tahun. Adapun target penjualan yang ingin dicapai yaitu 100 cup/hari.
Baca Juga:Â Mengenal Lebih Dalam Apa Itu UKM? dan Bagaimana Cara Mengembangkannya
C. Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran yang diterapkan kopi sehati, yaitu:
1. Riset Pasar
Riset pasar yang akan dilakukan yaitu berupa observasi dan melakukan survey langsung maupun secara online. Hasil riset yang dilakukan dapat berupa competitor analysis, competitor price list, atau berupa lokasi yang tepat dan strategis.
2. Branding
Branding yang dilakukan Kopi Sehati yaitu dengan cara meningkatkan awareness di platform digital, bekerjasama dengan para influencer, menyelenggarakan webinar & exhibition, hingga mengadakan promo flash sale.
3. Melakukan Grand Opening
Grand opening dengan konsep food truck dilakukan di beberapa lokasi strategis berdasarkan hasil riset pasar. Pada grand opening, Kopi sehati akan memberikan promo menarik dan juga beberapa merchandise kepada 5 pelanggan pertama yang membeli kopi sehati
4. Promosi Social Media
Promosi yang digunakan yaitu iklan berbayar dari setiap media sosial yang digunakan, melakukan giveaway, bekerja sama dengan para influencer, hingga melakukan webinar online.
5. Mengadakan promo
Promo yang digunakan Kopi Sehati berupa promo buy 2 get 1, special 22, hingga promo gratis ongkos kirim (ongkir) dengan minimum belanja.
D. Budget Pemasaran
Riset pasar: Rp 300.000
Branding: Rp 2.500.000
Soft Opening: Rp 3.000.000
Pemasaran Sosial Media: Rp 2.000.000
Total biaya: Rp 7.800.000
Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam menentukan rencana pemasaran untuk sebuah bisnis. Dengan adanya rencana pemasaran, bisnis dapat berjalan dengan lancar sehingga dapat meningkatkan keuntungan.
Selain langkah - langkah diatas, Anda juga dapat meningkatkan keuntungan dengan menggunakan aplikasi kasir Pawoon. Pawoon adalah solusi dalam mengelola bisnis Anda secara online.
Baca Juga:Â Langkah -- Langkah Memulai Digital Marketing Bagi Pemula
Pawoon menawarkan beberapa fitur unggulan, seperti Aplikasi Kasir, Laporan & Analisis, Manajemen Operasional, dan juga beragam Integrasi yang dapat membuat Bisnis kamu jadi lebih mudah untuk dikelola.
Dengan pengelolaan bisnis secara online, para pebisnis atau pelaku usaha dapat menjalankan bisnis mereka kapan saja dan dimana saja yang tentunya lebih efisien. Hal telah terbukti dengan 230.000 UMKM Indonesia telah menggunakan Pawoon dalam meningkatkan bisnis mereka.
Menarik bukan? Nah tunggu apalagi? Kunjungi website kami untuk mendapatkan demo secara gratis dan rasakan kesempatan mengelola bisnis dalam satu aplikasi.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H