Mohon tunggu...
Nabila Salsabila
Nabila Salsabila Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam di UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung jurusan Manajemen Pendidikan Tahun 2022

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pemikiran Dr. Armand V. Feigenbaum mengenai Mutu Terpadu

2 April 2024   18:51 Diperbarui: 2 April 2024   18:52 128
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

  • Biografi Singkat Dr. Armand V. Feigenbaum   

Tokoh Armand Feigenbaum lahir pada tahun 1920 dan awalnya berasal dari Amerika Serikat. Setelah menerima beasiswa dari Union College di Schenectady, New York, beliau telah melanjutkan pelajarannya dalam master's degree dan kemudian, mendapat Ph.D. di Massachusetts Institute of Technology. Armand Vallin Feigenbaum adalah seorang ahli kontrol kualitas dan bisnis yang dikenal karena kontribusinya dalam pengembangan konsep Total Quality Control. Total Quality Control, dengan tujuan memastikan bahwa produk atau layanan memiliki kualitas yang baik dan memenuhi harapan pelanggan. Dia juga menghubungkan teori akademik dengan praktek, menghasilkan hasil yang dapat digunakan secara universal. Feigenbaum menerapkan metode ini di perusahaan multinasional seperti General Electric, Toshiba, Hitachi, dan Fiat. Kontribusi termasuk menaikkan standar keuangan ke tingkat yang memuaskan, mendorong pengembangan organisasi berkualitas tinggi di Eropa dan Asia, serta berperan dalam pembentukan struktur Malcolm Baldrige National Quality Award.Begitu juga, Feigenbaum merupakan seorang peniaga dan beliau pandai dalam urusan kawalan kualiti. Dalam tempoh tahun 1958 hingga tahun 1968, beliau pernah memegang jawatan sebagai Pengarah Operasi Pengeluaran (Director of Manufacturing Operations) di Syarikat General Electric dan beliau juga dikenali sebagai seorang pakar kualiti utama di syarikat tersebut.

  • Pemikiran Dr. Armand V. Feigenbaum mengenai mutu

Dr. Armand V. Feigenbaum mengemukakan kualitas produk dan jasa ialah adalah seluruh gabungan sifat-sifat produk atau jasa pelayanan dari pemasaran, engineering, manufaktur, dan pemeliharaan sehingga produk atau jasa pelayanan dalam penggunaannya akan akan memuaskan konsumen.

Poin penting Feigenbaum ini adalah bahwa:

1) kualitas harus didefinisikan dalam hal kepuasan pelanggan

2) kualitas adalah multidimensi dan harus didefinisikan secara komprehensif

3) karena terjadi perubahan kebutuhan dan harapan pelanggan, maka mutu adalah dinamis.

Feingenbaum mengklaim bahwa input konsumen memainkan peran penting dalam pengembangan produk dan bahwa produk mencapai standar kualitas tinggi ketika penggunanya puas.

Dr. Armand V. Feigenbaum mengemukakan kualitas produk dan jasa ialah adalah “.. seluruh gabungan sifat-sifat produk atau jasa pelayanan dari pemasaran, engineering, manufaktur, dan pemeliharaan di mana produk atau jasa pelayanan dalam penggunaannya akan bertemu sesuai harapan pelanggan.

Menurut pandangan beliau, pencapaian kualiti adalah hasil dari “total orchestration of all inputs” adalah apa yang mengarah ke pencapaian kualitas dan bahwa kualitas mencakup semua aspek dari sesuatu, bukan hanya alat atau metode tertentu.

Perencanaan, eksekusi, dan evaluasi proses semua dapat berhasil diintegrasikan untuk mencapai standar kualitas yang lebih tinggi. Ketika dia dapat memperbaiki satu prosedur di General Electric Company, dia kemudian memperhatikan bahwa elemen lain dari bisnis juga telah membaik.

Dia menulis dan menerbitkan beberapa buku selama waktu itu, dengan "Total Quality Control" menjadi judul salah satu publikasi tersebut. Feigenbaum mengklaim bahwa "Total Quality Control" adalah sistem yang efisien yang menggabungkan upaya dari berbagai kelompok dalam organisasi untuk mengembangkan, mempertahankan, dan meningkatkan kualitas untuk menjamin dan memungkinkan pengeluaran pemasaran, manufaktur, dan layanan organisasi untuk mencapai tingkat yang paling hemat biaya sambil memuaskan kebutuhan dan keinginan pelanggan. Untuk memastikan kualitas, dia juga mempertanyakan penerapan metodologi pengambilan sampel dan inspeksi.

Selain itu, Feigenbaum mendirikan International Academy for Quality dan menjabat sebagai direkturnya. “ASQ Lancaster Award” diberikan kepadanya, menjadikannya penerima pembukaan. Penghargaan ini diciptakan untuk menghormati kepemimpinan yang luar biasa dalam pengembangan dan pengembangan kualitas secara global. Dengan pengetahuan, keahlian, dan upaya pengembangan globalnya, ia telah memberikan kontribusi yang luar biasa di bidang kolaborasi internasional dalam kontrol kualitas. Penghargaan ini juga mengakui kepemimpinannya di "International Academy for Quality".

Feigenbaum dianugerahi ASQ Edwards Medal pada tahun 1965 untuk menghormati karyanya sebagai "pencipta dan eksekutor fondasi kontrol kualitas modern". Selain itu, ia dianugerahi National Security Industrial Association Award of Merit untuk kepemimpinannya yang luar biasa dalam pertahanan nasional. Pencapaian terbesar dari penghargaan-Nya adalah penerapan yang terbaik bagi sumbangan beliau yang dicurahkan. Dia kemudian melayani sebagai kepala Komando Material Angkatan Darat, anggota Kelompok Penasihat Angkatan Bersenjata Amerika Serikat, dan seorang ahli dalam negosiasi di College Industri Angkatan bersenjata.

Dia telah mengabdikan banyak energi dan waktu untuk bekerja di luar negeri. Pada akhirnya, ia mampu membangun dirinya sebagai pemimpin global dalam manajemen dan kontrol kualitas. "Percayaannya bahwa kualitas bepergian di bawah paspor asing eksklusif adalah mitos," kata Feigenbaum. Menurut Feigenbaum, sebuah perusahaan yang menerapkan Total Quality Management akan benar-benar menetapkan referensi global untuk kualitas di sektor tertentu mereka. Kontribusinya terhadap gerakan kualitas adalah bahwa ia mampu membuat eksekutif perusahaan berfokus pada kebutuhan untuk menerapkan program kualitas menggunakan pendekatan biaya kepatuhan.

Faktor-faktor yang memberi kesan kepada kualiti dapat dibahagikan kepada dua, yaitu Dua kategori karakteristik dapat dibedakan bahwa kualitas dampak: faktor teknologi dan faktor manusia. Feigenbaum, bagaimanapun, berpendapat bahwa aspek manusia diberikan lebih banyak berat daripada dua lainnya. Analisis Feigenbaum menunjukkan bahwa motivasi manusia biasanya berasal dari perbaikan yang dilakukan pada sistem saat ini. Dalam contoh ini, tujuan Feigenboum untuk menciptakan lingkungan di mana karyawan dapat mengambil pelajaran dari pengalaman pribadi mereka adalah apa yang memotivasi keberhasilan dalam memperbaiki fitur tertentu. Suasana kerja terbuka dan kerja tim lintas fungsi telah dimungkinkan oleh ideal. Dia berpikir bahwa alih-alih organisasi mendefinisikan kualitas, pelanggan menentukan itu dalam kenyataannya. Deming, bagaimanapun, tidak setuju, mengklaim bahwa bisnis yang mencoba memahami tuntutan tidak hanya dapat memprediksi

 Dalam pengawalan kualiti, terdapat empat langkah utama yang perlu ditepati.

a. menetapkan standar kualitas
b. melakukan evaluasi kinerja dan penilaian berdasarkan kriteria.
c. Mengambil tindakan ketika kinerja melebihi harapan dan, jika perlu, merancang rencana untuk menaikkan bar.
d. kontrol kualitas mencakup semua fase dari proses produksi industri, dari desain dan manufaktur hingga penjualan pelanggan dan persyaratan hingga pengiriman pasca-penjualan dan prosedur layanan.

Sejumlah pencapaian Feigenbaum dan kehormatan yang diberikan kepadanya berfungsi sebagai bukti dan pengakuan kontribusinya yang berkelanjutan untuk kemajuan kualitas. Selain itu, keahlian dalam kualitas telah memiliki dampak yang signifikan pada bagaimana bisnis telah mengelola dan beroperasi di pasar global yang kompetitif sepanjang sejarah.

Referensi :

Dr. H. Tatang Ibrahim, M. P. (2021). Manajemen Mutu Terpadu. Bandung: PENERBIT YRAMA WIDYA.

Dr. Fory Armin Naway, M. (2018). MANAJEMEN MUTU TERPADU DALAM PENDIDIKAN. Yogyakarta: ZAHIR PUBLISHING.

Dr. H. Sukirman, S. P. (2021). MANAJEMEN PENDIDIKAN MUTU TER[ADU. Yogyakarta: Nuta Media.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun