Mohon tunggu...
Mustaqim Dwi
Mustaqim Dwi Mohon Tunggu... Guru - Guru SD

Guru SD

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Tantangan dan Peluang Manajemen Pendidikan di Era Digital

1 September 2023   09:28 Diperbarui: 1 September 2023   09:43 2105
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

TANTANGAN DAN PELUANG MANAJEMEN PENDIDIKAN DI ERA DIGITAL

MUSTAQIM DWI LAKSONO

UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA

EMAIL : 942023011@Student.uksw.edu

                                                                     Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tantangan dan peluang manajemen pendidikan di sekolah di dalam era digital. Era digital telah membawa perubahan yang sangat besar di dalam kehidupan, termasuk pendidikan tidak lepas dari pengaruh perubahan era digital. Manajemen pendidikan memiliki tantangan dan peluang yang sangat besar untuk meningkatkan efisiensi, aksesibilitas, dan kualitas proses pendidikan. 

Artikel ini akan membahas bagaiaman manajemen pendidikan beradaptasi dengan perubahan era digital dan mengoptimalkan potensi teknologi dalam konteks pendidikan di sekolah.

Kata kunci : manajemen pendidikan, era digital, tantangan dan peluang

PENDAHULUAN

            Pendidikan sebagai dasar utama dalam pembentukan potensi manusia, ini berarti manusia berhak mendapatkan pendidikan dan diharapkan supaya berkembang dalam membentuk potensinya. Pendidikan selalu mengalami perubahan seiring perkembangan zaman. Era digital mempengaruhi perkembangan pendidikan yang sangat signifikan yang memerlukan pendekatan baru dalam manajemen pendidikan. Dalam era digital teknologi telah mengubah cara kita belajar, mengajar, dan mengakses sumber sumber belajar.

Dampak dari era digital telah membuka dampak dan peluang manajemen pendidikan di dalam menghadapi perubahan itu, manajemen pendidikan dituntut dari yang semula manajemen pendidikan tradisional menjadi menajemen pendidikan yang responsif terhadap teknologi dan tantangan seperti aksesibilitas, keamanan data, dan perubahan paradigma baru di dalam pendidikan. Manajemen pendidikan juga memiliki peluang yang luar biasa yang ditawarkan oleh era zaman digital, seperti berbagai inovasi di dalam pembelajaran yang berbasis teknologi, analitik pendidikan dan kolaborasi global. dengan perubahan itu kita bisa merancang strategi yang efektif untuk mengatur manajemen pendidikan  di era digital ini.

DEFINISI PENDIDIKAN

            Pendidikan berasal dari bahasa latin yaitu ducare yang memiliki arti menuntun, mengarahkan, atau memimpin. Jadi pendidikan dapat diartikan proses pembentukan pembelajaran secara sadar yang bertujuan mengembangkan potensi diri secara keseluruhan baik dari segi intelektual, emosional, sosial, maupun moral.

Pendidikan juga dapat diartikan sebagai usaha sadar dan sistematis untuk mencapai capaian hidup atau kemajuan yang signifikan. Melalui pendidikan dapat mewujudkan karakteristik melalui berbagai jenis kegiatan, misalnya penanaman nilai, pengembangan budi pekerti, nilai religius, pembelajaran dan pelatihan nilai-nilai moral, dan lain sebagainya (Kristiawan dkk, 2017). Menurut UU No.20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS, pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan proses pembelajaran supaya siswa aktif menegembangkan potensi dirinya untuk memiliki semangat religius, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Membahas tentang proses pembelajaran , tidak dapat lepas dari pembelajaran yang menyenangkan yang berpusat pemanfaatan teknologi. Kolaborasi pembelajaran dan teknologi akan menciptakan pembelajaran yang menarik dan tentunya sangat diminati oleh peserta didik, pendekatan ini untuk mencapai kondisi diamana peserta didik dapat meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan hasil pembelajaran melalui alat-alat digital yang interaktif dan kreatif.

DEFINISI ERA DIGITAL

            Digital adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan angka ataupun data yang membentuk suatu informasi, istilah digital sekarang menjadi lebih meluas dalam pengaplikasiannya dengan munculnya teknologi digital, yang meliputi perangkat elektronik berupa komputer, hand phone dan internet yang menggunakan data numerik untuk memproses dan menyampaikan informasi. Secara lebih rinci digital merupakan sistem yang mengkodekan informasi menjadi sebuah bentuk angka atau digit yang memeiliki perbedaan dari sistem analog yang menyampaikan informasi sebagai variabel yang berubah secara halus

            Era digital adalah era dimana manusia bisa mengakses informasi secara cepat dan berkomunikasi secara dekat dengan memanfaatkan teknologi berbasis digital, era ini ditandai dengan bergesernya teknologi analog ke teknologi digital dalam bebrbagai aspek kehidupan, termasuk komunikasi, produksi, distribusi, dan konsumsi informasi. Adapun ciri khas era digital meliputi digitalisasi, konektifitas global, teknologi informasi dan komunikasi (TIK), pembelajaran dan pekerjaan daring, ekonomi digital, penggunaan media digital, big data dan analitik, inovasi teknologi, dan keamanan data privasi. 

Menurut salah satu ahli era digital adalah era dimana semua manusia dapat saling berkomunikasi sedemikian dekat walaupun saling berjauhan. Kita dapat dengan cepat mengetahui informasi tertentu bahkan real time. Era digital bisa juga disebut dengan perangkat keras (hardware) seperti alat-alat audio-visual dan media elektronik sehingga pendidikan menjadi sangat efisien (Widyastono,2013). Transformasi ini telah memunculkan peluang dan kemudahan, tetapi juga memiliki tantangan baru yang perlu diatasi

TANTANGAN DAN PELUANG MANAJEMEN PENDIDIKAN DI ERA DIGITAL

            Di era digital informasi dan pengetahuan bisa diakses dengan hanya sekali klik, ini membuktikan bahwa zaman sekarang memiliki akses informasi yang tak terbatas. Kondisi ini menjadi sebuah tantangan bagi para guru untuk menjadi guru yang berkompeten, guru yang mampu memenuhi rasa ingin tahu peserta didik dan guru yang mampu memberikan pendidikan yang dibutuhkan di era digital ini. Jangan sampai seorang guru memiliki keterbatasan pengetahuan teknologi di dalam era ini karena peserta didik sudah cukup canggih untuh mengakses teknologi dengan baik. Kondisi memunculkan tantangan dan peluang seorang pendidik dalam menciptakan manajemen pendidikan yang baik di era digital ini, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

Tantangan manajemen pendidikan di era digital

Aksesibilitas : teknologi membuka peluang bahwa akses pembelajaran di dalam pendidikan bisa dilakukan dari jarak jauh atau biasa disebut dengan pembelajaran daring. Namun, kondisi ini memunculkan kesenjangan disetiap daerah terhadap fasilitas yang memadai baik itu ketersediaan internet maupun ketersediaan perangkat di kalangan peserta didik yang memiliki kondisi ekonomi yang berbeda beda.

Keamanan data : penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran pendidikan menciptakan data sensitif tentang siswa dan proses pembelajaran. Manajemen pendidikan harus memastikan perlindungan data yang memadai guna keamanan data siswa.

Perubahan paradigma pembelajaran : metode pembelajaran tradisional yang sudah melekat pada proses pembelajaran harus diganti dengan pembelajaran yang modern yang berbasis pembelajaran yang menyenangkan yang berpusat kepada siswa dengan melibatkan teknologi yang aktual.

Pelatihan pendidik : pengajar baik guru maupun dosen perlu mengikuti pelatihan guna mengembangkan kompetensi diri dalam menggunakan teknologi untuk menunjang pembelajaran digital

Peluang manajemen pendidikan di era digital

Pembelajaran berbasis teknologi : di era digital membuka peluang sorang pendidik menggunakan platfom pembelajaran daring, vidio pembelajaran, dan aplikasi aplikasi pembelajaran yang menjadikan peserta didik menjadi lebih terlibat di dalam pembelajaran sehingga menciptakan pembelajaran yang menyenangkan.

Analitik pendidikan : kemajuan di era digital memudahkan pendidik dalam memantau perkembangan peserta didik guna memahami strategi di dalam menyiapkan evaluasi pembelajaran

Pendidikan inklusif : kemajuan di era digital membuka peluang untuk menciptakan pembelajaran bagi peserta didik dengan kebutuhan khusus dengan menciptakan pembelajaran daring yang mengatasi hambatan fisik dan kognitif.

Kolaborasi global : melalui perkembangan teknologi di era digital peserta didik dengan leluasa dapat terhubung dan berkolaborasi dengan peserta didik lain dari seluruh dunia sehingga memperluas wawasan lintas budaya.

KESIMPULAN

Manajemen pendidikan di era digital menghadirkan tantangan dan peluang yang sangat besar, perlu adanya pengembangan diri bagi pendidik baik itu guru maupun dosen dalam menguasai teknologi di era digital untuk menciptakan pemahaman yang baik sehingga bisa beradaptasi  dan pendidikan bisa mewujudkan transformasi positif dalam hal efisiensi, efektivitas, dan inklusivitas. Penting bagi para pelaku kepentingan pendidikan untuk berkomitmen tinggi dan bekerja sama di setiap elemen untuk mewujudkan potensi penuh pendidikan di era digital ini.

DAFTAR PUSTAKA

Kristiawan, M., Safitri, D., & Lestari, R.(2017). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta:Deepublish 

Widyastono, H. 2014. Pengembangan kurikulum Di Era Otonomi Daerah. Jakarta: Bumi Aksara

Verdinandus Lelu Ngongo, Taufiq Hidyat, Wiyanto.(2019) Pendidikan di Era Digital. Palembang:Universitas PGRI Palembang

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun