Koq banyak kabel sambungan listrik di kelas ini?. Pertanyaan ini sering saya ajukan ketika masuk di setiap kelas yang saya ajar. Tentu sebagai guru kita sering berhadapan dengan tantangan dan kondisi pembelajaran di kelas kita masing-masing.Â
Murid-murid kita saat ini sangat akrab dengan gawai. Keakraban mereka tentunya akan menjadi sebuah potensi yang dapat kita maksimalkan secara positif untuk dijadikan sebagai media pembelajaran yang sekaligus memperkuat model dan metode pembelajaran yang kita laksanakan di dalam kelas.
"Dilema Hp -- Discovery learning manual dan HP". Kegiatan pembelajaran ini saya laksanakan pada pembelajaran Pemesanan Tempat dan Penghitungan Tarif Penerbangan.
Istilah Dilema Hp saya gunakan untuk menggugah murid dalam pembelajaran agar gawai  (handphone) yang mereka sering gunakan dimanfaatkan sebagai sumber belajar. Â
Kegiatan dalam Dilema Hp ini saya susun berdasarkan urutan fase berikut:
Fase 1 : ORIENTASI
Pada fase orientasi ini guru melakukan beberapa kegiatan adalah:
- Memberikan informasi mengenai materi yang akan dibahas dan didiskusikan
- Memperlihatkan Manual Fares Rules yang akan dipergunakan dalam pembelajaran
- Menginformasikan metode yang akan digunakan dalam pembelajaran
- Menginformasikan mengapa saat pembelajaran kali ini menggunakan gawai (HP)
- Mengingatkan aturan sekolah mengenai penggunaan gawai
- Memberikan info mengenai materi Special Fares
- Menginformasikan dan memperlihatkan lembar kerja
Fase 2 : KOLABORASI
Fase kedua adalah fase kolaborasi. Beberapa kegiatan yang dilakukan adalah:
- Guru meminta peserta didik membentuk kelompok
- Peserta didik mengatur kelas untuk tempat bekerja kelompok
- Guru menginformasikan untuk mengambil manual book dan menyiapkan gawai
- Guru mengawasi pengaturan kelas
Fase 3 : EKSPLORASI