Mohon tunggu...
Mustafa Tope
Mustafa Tope Mohon Tunggu... Guru - Guru SMK Negeri 4 Makassar

membaca, menulis, mengajar, berdiskusi, belajar, memfasilitasi, melakukan perjalanan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Dilema HP

24 Februari 2023   20:00 Diperbarui: 24 Februari 2023   20:02 196
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Koq banyak kabel sambungan listrik di kelas ini?. Pertanyaan ini sering saya ajukan ketika masuk di setiap kelas yang saya ajar. Tentu sebagai guru kita sering berhadapan dengan tantangan dan kondisi pembelajaran di kelas kita masing-masing. 

Murid-murid kita saat ini sangat akrab dengan gawai. Keakraban mereka tentunya akan menjadi sebuah potensi yang dapat kita maksimalkan secara positif untuk dijadikan sebagai media pembelajaran yang sekaligus memperkuat model dan metode pembelajaran yang kita laksanakan di dalam kelas.

"Dilema Hp -- Discovery learning manual dan HP". Kegiatan pembelajaran ini saya laksanakan pada pembelajaran Pemesanan Tempat dan Penghitungan Tarif Penerbangan.

Istilah Dilema Hp saya gunakan untuk menggugah murid dalam pembelajaran agar gawai  (handphone) yang mereka sering gunakan dimanfaatkan sebagai sumber belajar.  

Kegiatan dalam Dilema Hp ini saya susun berdasarkan urutan fase berikut:

Fase 1 : ORIENTASI

Pada fase orientasi ini guru melakukan beberapa kegiatan adalah:

  • Memberikan informasi mengenai materi yang akan dibahas dan didiskusikan
  • Memperlihatkan Manual Fares Rules yang akan dipergunakan dalam pembelajaran
  • Menginformasikan metode yang akan digunakan dalam pembelajaran
  • Menginformasikan mengapa saat pembelajaran kali ini menggunakan gawai (HP)
  • Mengingatkan aturan sekolah mengenai penggunaan gawai
  • Memberikan info mengenai materi Special Fares
  • Menginformasikan dan memperlihatkan lembar kerja

Fase 2 : KOLABORASI

Fase kedua adalah fase kolaborasi. Beberapa kegiatan yang dilakukan adalah:

  • Guru meminta peserta didik membentuk kelompok
  • Peserta didik mengatur kelas untuk tempat bekerja kelompok
  • Guru menginformasikan untuk mengambil manual book dan menyiapkan gawai
  • Guru mengawasi pengaturan kelas

Fase 3 : EKSPLORASI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun