Mohon tunggu...
Musa Rustam
Musa Rustam Mohon Tunggu... pegawai negeri -

Musa Rustam adalah Pegawai Negeri Sipil yang sehari-hari bertugas di Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi DKI Jakarta. Lahir di Jakarta, 31 Maret 1983. Tahun 1999, pendidikan menengah pertama di SMP Negeri 33 Jakarta, Tahun 2002 Lulus sekolah di SMU Negeri 26 Jakarta, Tahun 2004 sempat kuliah di Universitas Terbuka di jurusan Ilmu Pemerintahan dan Universitas Bung Karno di jurusan Ilmu Hukum. Sekarang masih kuliah di Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara Jakarta di jurusan Manajemen Pembangunan Daerah menjadi anggota komunitas bisnis Maestro Muda Indonesia/Pandu Wirausaha dan Komunitas Tangan Diatas/TDA Jakarta Selatan. Berawal karir di Dinas Tramtib dan Linnmas Provinsi DKI Jakarta tahun 2004, diangkat menjadi CPNS tahun 2008 setelah itu diangkat menjadi PNS Satuan Polisi Pamong Praja tahun 2012, mulai membuka bisnis DEEP OF TEEN pada 5 November 2010, menjadi Supplier Trans Studio Februari 2011. Mulai mendapatkan beberapa penghargaan dalam bisnis yaitu ; sebagai Finalis Wirausaha Muda Mandiri Regional Jabodetabek kategori Industri Kreatif dari Bank Mandiri tahun 2011, sebagai Finalis Indigo Fellowship kategori Web Application dari PT. Telkom Indonesia tahun 2011, sebagai Pemenang Kategori Kewirausahaan dalam International Youth Muslim Creation dari International Muslim Summit Student di ITB pada Juli 2012, Juara 3 Lomba Inovasi Bisnis tingkat Nasional dari Kemenpora RI pada November 2012 dan Juara 2 Apresiasi Astra Socio Enterprenuer tahun 2012 dari PT. Astra International.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Radio SIGA BADARNA (Membangun Kesadaran Bencana)

12 Juni 2017   11:26 Diperbarui: 12 Juni 2017   11:36 344
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Radio SIGA-BADARNA merupakan akronim dari Radio Siaga Bencana dengan tagline "Membangun Kesadaran Bencana" adalah sebuah metode yang di inisiasi oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana  dengan tujuan untuk  meminimalisir risiko bencana yang dilakukan melalui media radio, BNPB mensosialiasikan kepada masyarakat Budaya sadar bencana. Masyarakat memang harus mempunyai semacam saving self atau penyelamatan terhadap dirinya sendiri yaitu kesadaran terhadap kondisi real saat terjadi bencana.

Pemerintah terus berupaya keras untuk siaga dalam menghadapi bencana.  Paling tidak sejak terjadinya bencana tsunami melanda Aceh tahun 2004 yang lalu, kewaspadaan negara dalam menghadapi bencana semakin tinggi. Pemerintah hal ini menyadari bahwa masalah kebencanaan harus ditangani secara serius, apalagi dengan kondisi daerah rawan bencana yang ada di Indonesia cukup rentan.

Salah satu keseriusan pemerintah dalam mengangani bencana bisa dilihat dari adanya Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Sebuah lembaga yang bertugas mengkoordinasikan perencanaan dan pelaksanaan kegiatan penanganan bencana dan kedaruratan secara terpadu; serta melaksanakan penanganan bencana dan kedaruratan mulai dari sebelum, pada saat, dan setelah terjadi bencana yang meliputi pencegahan, kesiapsiagaan, penanganan darurat, dan pemulihan.

Dalam hal ini BNPB bekerja sama dengan 80 stasiun radio, 60 stasiun radio swasta dan 20 radio komunitas yang tersebar di 20 provinsi, BNPB merilis kembali sandiwara radio "Asmara di Tengah Bencana 2" sebagai bentuk edukasi dan sosialisai kepada masyarakat. ADB mengangkat kisah tentang kesiapsiagaan masyarakat ketika terjadi bencana gunung meletus dengan bumbu kisah percintaan dan intrik kekuasaan untuk menarik calon pendengar. ADB disajikan dengan format Sandiwara radio yang merupakan salah satu jenis hiburan yang sangat popular di Indonesia pada tahun 1980-1990. 

Saat itu hampir semua stasiun radio memiliki sandiwara unggulan yang disiarkan selama jam siar utama. Pilihan ceritanya beragam, mulai cerita silat berlatar belakang kehidupan para ksatria dan putri kerajaan, genre drama kisah cinta anak muda, hingga kehidupan masyarakat sehari-hari. Radio memang memiliki basis pendengar setia, bahkan dulu di keluarga kami tiap orang punya radio sendiri karena masing-masing punya acara kesayangan yang tak boleh diganti oleh yang lainnya.

Radio juga menjadi salah satu media yang bisa dinikmati sambil melakukan kegiatan lain tanpa terganggu. Radio mudah dibawa kemanapun sehingga bisa dinikmati sambil mencangkul, memasak, menggembala ternak, dan lainnya. Radio yang merupakan media berbasis suara juga memberikan ruang pada pendengarnya untuk berimajinasi. Agar lebih mudah sampai kepada sasaran, pesan-pesan tentang kesiagaan bencana dikemas dalam sebuah sandiwara radio. 

Masyarakat kita yang sudah sangat familiar dengan sandiwara radio, pasti bisa menikmati pesan-pesan dalam kemasan sandiwara radio lengkap dengan bumbu-bumbu kisah asmara yang memancing rasa penasaran. Para pengisi suara dalam sandiwara radio sangat khas dan terasa sangat dekat secara emosional dengan pendengarnya. Racikan dialog, musik, dan efek suara juga mampu menerbangkan imaginasi para pendengarnya hingga ke masa-masa kejayaan para raja yang menjadi setting sandiwara radio.

Walaupun angka pendengar radio tak terlalu tinggi, namun jumlah stasiun radio terus bertambah setiap tahun mencapai 1.986 stasiun di tahun 2013 dengan angka pertumbuhan 10% tiap tahun. Seiring perkembangan teknologi penyiaran, radio juga mulai berevolusi untuk menghindari kepunahan. Berbagai upaya yang dilakukan para pemerhati siaran radio bisa menjadi angin segar bagi masa depan radio di Indonesia. Saat ini, telah banyak kita jumpai digitalisasi radio seperti radio internet atau radio streaming. Kemajuan teknologi membuat jangkauan radio semakin luas dan mudah diakses dimanapun.

Pemilihan radio sebagai media penyampai pesan sudah tepat sasaran, lalu apakah pemilihan kemasan sandiwara radio sudah cukup tepat? Sandiwara radio dengan latar belakang kehidupan jaman kerajaan ternyata masih sangat diminati sehingga sandiwara ADB yang mengambil setting cerita masa kerajaan Mataram sangat berpotensi digemari masyarakat. Kepiawaian para pengisi suara dan sound effect menjadi faktor yang sangat penting untuk pendengar, semakin dramatis maka akan semakin seru di telinga pendengar. Sandiwara ADB melibatkan nama-nama besar dalam dunia sandiwara radio seperti S. Tidjab, Nanang Kasila, dan Ivone rose yang telah dikenal sejak dulu sehingga sangat menarik bagi masyarakat.

Program sosialisasi dan edukasi kesiapsiagaan menghadapi bencana dengan media sandiwara radio bukanlah sesuatu yang lumrah dan mudah dilakukan di jaman internet seperti sekarang. Tapi justru hal itu menjadi tantangan tersendiri bagi BNPB agar sosialisasi dapat menyentuh dan sampai pesannya ke segala lapisan masyarakat melalui saluran yang menarik.

Sebagaimana yang telah dipercayai para ahli psikologi dan komunikasi bahwa informasi yang dikemas dan disampaikan dengan cara menyenangkan akan lebih diterima dan masuk ke hati masyarakat daripada informasi yang disampaikan secara kaku dalam ruang tertutup. Kita semua tentu berharap sandiwara ADB sukses meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai kesiapsiagaan bencana.

Jika pengetahuan sudah terbentuk, maka dalam jangka panjang dapat lebih mudah diaplikasikan dalam sikap dan perilaku kesiapsiagaan menghadapi bencana. Masyarakat yang memiliki tingkat kesiapsiagaan tinggi dapat meminimalisir resiko bencana sehingga terwujudlah masyarakat yang tangguh terhadap bencana.

Saya rasa dan BPNB pun setuju serta menginginkan sosialisasi melalui sandiwara radio menjadi cara yang efektif dan berhasil meng-edukasi masyarakat sadar akan bencana. Untuk itu, Program Radio SIGA-BADARNA harus dikemas semenarik mungkin sehingga bisa menjaring banyak pendengarnya yaitu dengan cara :

  • Dibutuhkan sosialisasi yang  terus menerus untuk mendorong minat masyarakat mendengarkan radio. Misalnya ada promo melalui ; baliho, leaflet,  yang ditempel di papan pengumuman kantor desa, pos kamling, posyandu, tempat-tempat umum, dll.  Kemudian juga iklan di radio. Berikan ulasan yang menarik  perhatian, pastikan informasi jam tayang dan saluran radionya.
  • Untuk alur cerita diusahakan tidak mudah ditebak sehingga membuat penasaran pendengarnya. Peran antagonis bisa dimunculkan sesekali tetapi jangan terlalu bertele-tele  yang membuat bosan pendengarnya.
  • Perlu adanya  sayembara  yang disisipkan di episode-episode tertentu. Misalnya menebak kelanjutan cerita asmara kedua tokoh utamanya.  Sayembara  ini bisa menjadi magnet pemirsa untuk terus mengikuti kelanajutan cerita ADB. Tentunya disediakan hadiah yang menarik di beberapa episode dan di akhir episode . Saya terispirasi dari ketoprak sayembara yang ditayangkan TVRI Yogyakarta tahun 1980-an yang mampu membuat warga di desa kami penasaran dan rela menunggu sejak sore hari untuk menyaksikan kelanjutan ceritanya. Juga mengirimkan jawaban atas sayembara tersebut. Hal ini dibutuhkan sedikit perubahan skenario cerita  untuk memasukkan beberapa sayembara di setiap  episode ADB.
  • Pemilihan jam tayang. ADB hendaknya mengambil jam tayang yang tepat. Misalnya sore hari sekitar jam 17.00 disaat orang-orang desa sudah pulang dari bekerja, di saat waktu istirahat menunggu petang menjelang. Kemudian perlu di siarkan ulang di jam tertentu, misalnya pagi atau malam hari.
  • BPNB bisa bekerjasama dengan pihak pemerintah desa untuk ikut menghimbau warga mendengarkan ADB. Misalnya dengan acara mendengarkan ADB bersama-sama yang difasilitasi oleh pemerintah desa atau komunitas lainnya.

Melalui Radio SIGA-BADARNA harapannya masyarakat akan terhibur dan mudah mengingat-ingat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana dan bisa bertindak cepat serta tangkas saat bencana terjadi sehingga Ketangguhan masyarakat terhadap bencana akan terwujud. Karena bencana bukan untuk di takuti akan tetapi untuk di tanggulangi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun