Mohon tunggu...
Murtadho
Murtadho Mohon Tunggu... Guru - Guru

hobi saya adalah kegiatan outdoor seperti memancing, hiking dan sangat menyukai musik.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation materi Kondisi Alam dan Penduduk IPS kelas 9

30 September 2022   10:20 Diperbarui: 30 September 2022   10:23 202
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Lokasi : MTs NU 02 Al Ma’arif Boja

Lingkup Pendidikan : Madrasah Tsanawiyah

Tujuan yang ingin dicapai : Meningkatkan keaktifan belajar siswa di dalam kelas

Penulis : Murtadho, S.Pd.

Hari/ Tanggal : Rabu, 14 September 2022

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Metode yang biasa digunakan guru di dalam kelas adalah metode ceramah karena mudah dalam penguasaan kelas. Kenyataannya metode ceramah hanya monoton, tidak ada variasi konsep-konsep utama sehingga membosankan bagi siswa. Metode tanya jawab seharusnya dapat mengembangkan keberanian dan keterampilan siswa dalam menjawab dan mengemukakan pendapat, tetapi kenyataannya hanya didominasi satu dan dua orang yang menjawab pertanyaan. Terlebih guru tidak memanfaatkan media teknologi membuat siswa merasa kurang tertarik dan kurang aktif terhadap pembelajaran di dalam kelas. Peran dan tanggung jawab saya dalam praktik ini adalah mengupayakan keaktifan seluruh siswa dalam proses pembelajaran di dalam kelas pada materi kondisi alam dan penduduk negara – negara di dunia pada tingkat kelas 9 Madrasah Tsanawiyah.

Tantangan : 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat.

Dari analisis hasil kajian wawancara dan literatur penyebabnya antara lain:

  • Kurangnya penggunaan media pembelajaran yang tepat untuk materi kondisi alam dan penduduk negara – negara di dunia.
  • Metode - metode pembelajaran yang digunakan oleh guru bersifat membosankan dan kurang variatif dan kurang menuntut keaktifan siswa
  • Model pembelajaran yang digunakan oleh guru tidak inovatif
  • Kemampuan guru dalam memotivasi siswa masih rendah ditandai dengan kurangnya penerapan pendekatan saintifik sehingga siswa merasa belum leluasa untuk mengeksplorasi dan mencari pendalaman materi yang disampaikan dari guru.

Dari penyebab diatas tantangan yang dihadapi oleh guru adalah:

  • Pemilihan media pembelajaran yang tepat dan menarik bagi siswa
  • Pemilihan metode pembelajaran yang variatif sehingga siswa merasa tertarik dan antuasias dalam mengikuti pembelajaran
  • Pemilihan model pembelajaran yang tepat dan sesui dengan karakteristik materi pelajaran dan karakteristik siswa
  • Guru harus bisa menumbuhkan keaktifan belajar siswa melalui proses pembelajaran yang menyenangkan dan mengunakan pendekatan saintifik sehingga siswa merasa leluasa untuk mengeksplorasi dan mencari pendalaman materi yang disampaikan guru serta melatih siswa untuk berprikir kritis.

Dilihat dari keempat tantangan tersebut bisa di simpulkan bahwa tantangan yang dihadapi melibatkan guru dari sisi kompetensi yang harus dimiliki guru yaitu kompetensi pedagogik dan profesional sedangkan dari sisi siswa adalah keaktifan belajar.

Aksi : 

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini.

Langkan_langkah yang harus di lakukan oleh guru sesuai tantangan yang dihadapi antara lain:

Pemilihan Media Pembelajaran

  • Strategi yang dilakukan guru dalam pemilihan media pembelajaran adalah dengan memilih media pembelajaran yang dirasa tepat dan sesuai dengan materi pelajaran juga sesuai karakteristik siswa, selain itu guru juga bisa memilih media pembelajaran yang dikuasainya baik dalam pemilihan dan juga pengoperasian. Disini saya memilih media pembelajaran berbasis audio visual.
  • Proses pemilihan media ini dimulai dari mempelajari materi, kemudian guru mengumpulkan bahan berupa file video yang diunduh melalui Youtube.
  • Sumber daya yang diperlukan untuk menampilkan media pembelajaran ini antara lain pengetahuan guru dalam mengoperasikan alat seperti komputer/laptop dan jaringan internet.

Pemilihan Metode Pembelajaran yang variatif

  • Strategi yang dilakukan guru dalam pemilihan metode pembelajaran adalah dengan memahami karakteristirk siswa dan karakteristik materi. Disini saya memilih metode pembelajaran yang akan digunakan adalah Group Investigation (GI).
  • Proses pemilihan metode ini pertama guru mempelajari apa saja metode-metode dalam pembelajaran, lalu memahami karakteristik siswa dengan melihat kemampuan dasar dan kebiasaan siswa. Lalu melihat karakteristik materi dengan mempelajari materi pembelajaran di bahan ajar.
  • Sumber daya yang diperlukan dalam pemilihan metode ini antara lain pemahaman/kompetensi guru akan sintaks/ langkah – langkah pembelajaran dan juga pemahaman guru akan materi pembelajaran.

Pemilihan Model Pembelajaran

  • Strategi yang dilakukan guru dalam pemilihan model pembelajaran adalah dengan memahami karakteristik siswa dan karakteristik materi serta karakteristik model yang dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar. Disini saya memilih model pembelajaran Kooperatif.
  • Proses pemilihan model ini pertama guru mempelajari apa saja model-model dalam pembelajaran, lalu memahami karakteristik siswa dengan melihat kemampuan dasar dan kebiasaan siswa. Lalu melihat karakteristik materi dengan mempelajari materi pembelajaran yang terdapat di bahan ajar.
  • Sumber daya yang diperlukan dalam pemilihan model ini antara lain pemahaman kompetensi guru akan sintaks/ langkah – langkah pembelajaran dan juga pemahaman guru akan materi pembelajaran.

Meningkatkan keaktifan belajar siswa

  • Strategi yang dilakukan guru dalam meningkatkan keaktifan siswa adalah dengan diskusi. Disini guru mengembangkan RPP dengan pendekatan saintifik dan seluruh kegiatan akan berpusat pada siswa disini guru mengembangkan indikator pencapaian kompetensi dan tujuan pembelajaran yang menuntut siswa aktif dalam proses pembelajaran, guru mengembangkan LKPD yang menuntut siswa aktif bekerja sama, berdiskusi, mengemukakan pendapat dalam kelompok.
  • Proses pengembangan RPP yang berpusat pada siswa guru menentukan kegiatan kegiatan apa saja yang akan dilakukan dalam pembelajaran yang kegiatan kegitan itu berpusat pada siswa dan membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran.
  • Sumber daya yang diperlukan dalam pemilihan teknik ini antara lain pemahaman/kompetensi guru akan pembuatan RPP dan juga kreatifitas merancang kegiatan-kegiatan yang membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran.

Refleksi Hasil dan dampak :

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut.

Dampak dari aksi dan langkah - langkah yang dilakukan dirasa hasilnya sangat efektif dan dapat dilihat dari :

  • Penggunaam Media ini sangat membantu pemahaman siswa akan materi kondisi alam dan penduduk dibuktikan dengan hasil evaluasi pembelajaran siswa di atas KKM.
  • Pemilihan Metode Group Investigation sangat efektif untuk meningkatkan keaktifan siswa terlihat dari kegiatan siswa saat pembelajaran.
  • Pemilihan Model pembelajaran Kooperatif menumbuhkan kerja sama belajar siswa terlihat dari kegiatan diskusi saat pembelajaran.
  • Pendekatan saintifik dan desain kegiatan yang berpusat pada siswa dengan berdiskusi melalui group investigasi masalah dalam mengerjakan LKPD sangat meningkatkan keaktifan siswa saat proses pembelajaran sehingga siswa termotivasi untuk belajar.

Respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran ini adalah sangat senang, bisa di lihat saat kegiatan refleksi akhir pembelajaran siswa memberikan refleksi bahwa pembelajaran sangat menyenangkan dan media pembelajarannya menarik juga mudah dipahami.

Faktor keberhasilan pembelajaran ini sangat ditentukan akan penguasaan guru terhadap media pembelajaran, metode, model dan langkah-langkah pada rencana pelaksaanaan pembelajaran yang sudah dibuat.

Pembelajaran yang bisa diambil dari proses dan kegiatan yang sudah guru laksanakan adalah sudah seharusnya guru lebih kreatif dan inovatif dalam memilih metode, model dan media pembelajaran agar proses pembelajaran sesuai dengan yang diharapkan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun