Mohon tunggu...
Murniwati Halawa
Murniwati Halawa Mohon Tunggu... Guru - Guru di SDN 078511 Sisarahili Susua

Saya berprofesi sebagai seorang guru. Saya seorang PNS dan sekarang sedang mengikuti kegiatan PPG Kemdikbud Tahun 2023

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practices Menggunakan Metode STAR

3 Februari 2024   17:02 Diperbarui: 3 Februari 2024   17:05 193
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

LK-3. Laporan Best Practice

Lokasi

SD Negeri 078511 Sisarahili Susua

Lingkup Pendidikan

Sekolah Dasar

Tujuan yang ingin dicapai

  • Peserta didik dapat menceritakan awal mula daerah dan tokoh-tokoh lokal yang berperan penting dalam perkembangan daerah tempat tinggalnya.
  • Peserta didik dapat menyebutkan sikap baik yang dapat diteladani dari tokoh daerah tempat tinggalnya.
  • Peserta didik membandingkan kondisi daerah tempat tinggalnya dahulu dan kini.
  • Peserta didik dapat menyebutkan kerajaan yang pernah berkembang di daerah tempat tinggalnya.
  • Peserta didik menjelaskan pentingnya menjaga peninggalan sejarah daerah tempat tinggalnya

Penulis

Murniwati Halawa, S.Pd

Tanggal

 02 Februari 2024

Situasi:

Kondisi    yang    menjadi    latar

belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah :

Berdasarkan pengalaman saya sebagai guru kelas IV di SD Negeri 078511 Sisarahili Susua, diketahui bahwa Hasil belajar peserta didik masih rendah dalam pelajaran ilmu pengetahuan alam dan sosial dengan tema cerita tentang daerahku. Kondisi tersebut dilatar belakangi oleh rendahnya tingkat belajar peserta didik, faktor lingkungan sosial dan keluarga yang belum mendukung, dan ditambah guru belum optimal dalam menggunakan model pembelajaran  inovatif  dalam  kegiatan  pembelajaran  di kelas.

Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan?

Hal  ini  sangat  penting  agar pembelajaran  yang

dilakukan oleh guru di dalam kelas menjadi pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPAS, serta menjadi upaya dalam memberikan pembelajaran yang bermakna kepada peserta didik. Selain itu, hal ini menjadi penting untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menggunakan model pembelajaran inovatif pada pembelajarannya di kelas. Walau dalam praktik ini masih banyak harus diperbaiki, namun dengan berbagi praktik baik saya yakin aka nada perubahan walau tidak signifikan maksimal dalam penerapan.

Apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini?

Dalam praktik ini saya berperan sebagai pelaksana kegiatan atau tokoh utamanya,yang jadi role model untuk rekan saya.

Tanggung jawab saya dalam praktik ini adalah melaksanakan dan berbagi dengan rekan, manakala ada yang menghadapi permasalahan yang sama seperti yang saya alami dan jalani didalam kelas selama mengajar. Saya mencari solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah yang ada dalam meningkatkan rendahnya nilai belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS dengan tema cerita tentang daerahku

Tantangan :

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat?

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut?

Setelah  melakukan  analisis  terhadap  kajian  literature, wawancara  dengan  rekan  sejawat,  kepala  sekolah,  dan pakar, maka beberapa tantangan untuk mencapai tujuan tersebut antara lain :

  • Rendahnya hasil belajar peserta didik.
  • Faktor  lingkungan  sosial  dan  keluarga  yang  belum mendukung.
  • Guru belum mengunakan model pembelajaran interaktif dan menyenangkan.
  • Guru   belum   mengoptimalkan   aplikasi   pembelajaran yang mendukung kegiatan belajar mengajar.

Siapa saja yang terlibat?

Dalam menghadapi tantangan ini saya melibatkan beberapa peran, yaitu :

  • Dosen pembimbing dan guru pamong PPG Dalam Jabatan Angkatan 3 Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Rekan Guru SD Negeri 078511 Sisarahili Susua
  • Peserta didik kelas IV SD Negeri 078511 Sisarahili Susua
  • Lingkungan sekitar sekolah

Aksi

Langkah-langkah yang dilakukan untuk mengahadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat/ apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Langkah-langkah yang harus dilakukan oleh guru sesuai tantangan yang dihadapi antara lain :

  • Identifikasi masalah yang ada di dalam kelas.
  • Eksplorasi penyebab masalah yang dihadapi di dalam kelas.
  • Penentuan penyebab masalah.
  • Masalah yang terpilih diangkat dan digunakan sebagai dasar dalam membuat rencana aksi.
  • Rencana evaluasi

Strategi apa yang digunakan :

  • Guru menggunakan model pembelajaran inovatif dalam kegiatan pembelajaran di kelas, yaitu model  Problem Based Learning (PBL)
  • Guru  juga  memanfaatkan  media teknologi/ inovasi lainnya dalam pembelajaran yaitu media Video Pemebelajran yang bersumber dari youtube.
  • Membuat modul ajar/RPP
  • Memanfaatkan LKPD

 

 

Bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat?

  • Kegiatan rencana aksi di desain dengan sebaik mungkin menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar yang inovatif agar para peserta didik lebih memahami materi.
  • Dalam pelaksanaannya peserta didik masih belum terlalu antusias      dan      bersemangat      dengan      kegiatan pembelajaran hari itu karena ini adalah hal baru yang membuat mereka bingung. Namun dengan kesempatan-kesempatan yang akan terserus berkelanjutan saya yakin mereka akan terbiasa dan akan antusias dalam belajar.
  • Mula-mula          saya          menyampaikan          tujuan pembelajarannya, kemudian saya mengarahkan siswa untuk memperhatikan media berupa gambar dan tayangan video tentang peta dan  asal mula pulau Nias. Setelah materi tersampaikan, selanjutnya siswa mendapatkan tugas kelompok dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan benda-benda padat.   Tugas kelompok dalam bentuk LKPD yang dikerjakan bersama-sama. Dalam  kegiatan  memecahkan  masalah  siswa  terlibat aktif berdiskusi agar pemecahan masalahnya terselesaikan. Yang hasilnya dipresentasikan didepan kelas.
  • Dalam mengerjakan evaluasi siswa juga sangat antusias mengerjakan evaluasi tersebut dan dapat dikerjakan dengan baik dan tepat waktu. Rata-rata siswa sudah memahami  materi  yang  telah  disampaikan.  Dengan hasil 100 % siswa tuntas mendapatkan nilai diatas kkm yang telah di tentukan.
  • Pada aksi ini, perangkat yang saya gunakan antara lain ; laptop, Proyektor, speaker, tripod. Saya juga meminta bantuan kepada teman sejawat untuk mengambil video pada saat pembelajaran berlangsung.

Sumber daya yang saya perlukan untuk melaksanakan strategi ini adalah :

  • Pengetahuan       mengenai       model       pembelajaran Problem Based Learning (PBL).
  • Penyusunan media pembelajaran melalui PPT.
  • Penyusunan bahan ajar dan LKPD yang menarik.
  • Penyusunan soal evaluasi yang menarik.
  • Laptop, HP, dan proyektor

Refleksi Hasil dan dampak 

Bagaimana   dampak   dari   aksi dari     Langkah-langkah yang dilakukan?    Apakah    hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan?

Dampak dari rencana aksi yang sudah dilakukan yaitu dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPAS yaitu cerita tentang daerahku. Selain itu Pemahaman peserta didik tentang materi tersebut sangat baik. Terbukti dari hasil evaluasi yang telah dilakukan.

Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa?

Hasil  dari  rencana  aksi  yang  sudah  dilakukan  hasilnya sangat efektif. Hal ini dikarenakan didukung oleh model pembelajaran yang menarik, media pembelajaran yang inovatif, dan kegiatan pembelajaran yang melibatkan keaktifan siswa.

               

Bagaimana  respon  orang  lain terkait  dengan  strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan?

  • Rekan yang telah serdik terdahulu dari saya  merespon  dengan   memberikan tanggapan yang positif, bahkan sering memberikan masukan agar rencana aksi yang dilakukan terlaksana menjadi  rencana  aksi  pembelajaran  yang  lebih bermakna.
  • Respon dari teman sejawat juga sangat memberikan dukungan dan respon yang positif terhadap aksi yang saya lakukan bahkan mereka bersedia membantu saya dalam memfasilitasi semua apa yang saya butuhkan dalam pelaksanaan aksi.
  • Faktor keberhasilan pembelajaran ini ditentukan pada penguasaan guru terhadap media pembelajaran, metode, model dan langkah-langkah pada rencana pelaksanaan pembelajaran  yang  sudah  dibuat.  Dengan  mengikuti semua tahapan yang telah dibuat makan hasilnya pasti memuaskan.

Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut?

Pembelajaran  yang  dapat  diperoleh  dari  proses  praktik aksi     yang     telah     dilakukan     oleh     guru     adalah guru  harus  merancang  dan  melaksanakan  pembelajaran yang menyenangkan, bermakna, dan berpusat pada peserta didik dengan cara menentukan metode, model, dan media pembelajaran   yang   sesuai   pada   setiap   materi   yang diajarkan, sehingga dapat meningkatkan keaktifan, kemampuan dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun