Mohon tunggu...
Munawwir
Munawwir Mohon Tunggu... Guru - Guru Madrasah

Olahraga, ramah, pendidikan & desain grafis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Peningkatan Kompetensi Belajar Peserta Didik daam Pembelajaran Teks Eksplanasi

3 November 2022   20:45 Diperbarui: 3 November 2022   20:52 206
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa dalam Pembelajaran.

Kali ini penulis akan menguraikan pengalaman mengajar terbaik (Best Practice) yang telah dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri Tana Toraja.

Tujuan penulis menyusun dan berbagi cerita baik (Best Practice) ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menganalisis teks eksplanasi dengan memerhatikan isi, urutan kejadian, hubungan kausalitas, dan topik dalam teks eksplanasi melalui penerapan model pembelajaran problem based learning dengan media powerpoint interaktif, audiovisual, buku digital berbasis flip html5, canva dan padlet.

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah ini yaitu pembelajaran yang dilaksanakan pendidik hanya menggunakan metode ceramah dan belum menerapkan model pembelajaran inovatif serta tidak maksimal memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran sehingga berdampak pada rendahnya kompetensi peserta didik dalam pembelajaran teks eksplanasi.

Praktik pembelajaran ini penting untuk dibagikan karena salah satu poin penting dalam pembelajaran adalah penentuan model serta penerapan media pembelajaran yang tepat sehingga mampu memenuhi kebutuhan belajar peserta didik sesuai dengan karakter belajar masing-masing. Semoga dengan adanya praktik pembelajaran ini diharapkan bisa memotivasi diri pribadi, juga bisa menjadi salah satu referensi bagi rekan guru untuk pengembangan pembelajaran lainnya.

Peran dan tanggung jawab pendidik dalam praktik ini yaitu  menyiapkan rrencana pembelajaran (RPP), memilih media, menyusun LKPD dan melaksanakan proses pembelajaran yang maksimal dengan menerapkan model pembelajaran yang tepat dan inovatif, guna membentuk karakter peserta didik yang sesuai dengan kompetensi keterampilan berpikir tingkat tinggi (critical thinking, collaboration, creativity, and communication), sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Hal-hal yang menjadi tantangan selama pelaksanaan kegiatan Best Practice ini yaitu kesiapan perserta didik dalam proses pembelajaran, rendahmya motivasi belajar peserta didik, peserta didik belum terbiasa memanfaatkan gawai untuk pembelajaran, kurangnya pemahaman pendidik tentang model pembelajaran inovatif dan kurangnya kreativitas pendidik dalam menyajikan materi pembelajaran

Dari tantangan yang disebutkan di atas, maka untuk mencapai tujuan pada praktik pembelajaran ini tentunya diperlukan keterlibatan seluruh elemen madrasah mulai dari pimpinan, para pendidik serta peserta didik itu sendiri. Pendidik perlu meningkatkan kompetensi yang dimiliki, dalam hal ini penerapan model pembelajaran yang inovatif disertai dengan pemanfaatan teknologi dalam bentuk media pembelajaran berbasis digital sehingga meningkatkan motivasi serta hasil belajar peserta didik.

Dalam menangani tantangan-tantangan tersebut dia atas, ada beberapa hal yang dilakukan oleh penulis diantaranya menyiapkan rencana praktik pembelajaran/ perangkat pembelajaran yang menjadi solusi terhadap masalah yang dihadapi. Pada penyusunan rencana pembelajaran ini, penulis memerlukan diskusi dengan teman sejawat kemudian mencari literatur dan menggali informasi dari pembimbing/guru pamong.

Selanjutnya, Melakukan koordinasi dan memohon izin kepada Kepala Madrasah terkait pelaksanaan praktik pembelajaran di madrasah, Wakamad Bidang Akademik terkait penyesuaian jadwal pembelajaran dengan pelaksanaan praktik pembelajaran di madrasah dan Wakamad Bidang Sarpras tentang pemanfaatan sarana smart tv serta ruang kelas X3, dan berkoordinasi dengan Tim IT madrasah terkait akses wifi pada saat praktik pmbelajaran.

Dan tak kalah pentingnya, menyipakan peserta didik, ruang kelas, serta perangkat pendukung seperti kamera, microphone, tab, dan smart tv.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun