Mohon tunggu...
Multi Sertifikasi Indonesia
Multi Sertifikasi Indonesia Mohon Tunggu... Konsultan - Jasa Sertifikasi ISO dan SMK3

Akun Resmi PT. Multi Sertifikasi Indonesia Jasa Sertifikasi ISO dan SMK3 di Indonesia berlokasi di Jawa Tengah

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Sertifikasi ISO 9001: Penjelasan, Manfaat, dan Persyaratan (2024)

6 Februari 2024   17:35 Diperbarui: 6 Februari 2024   17:36 424
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
facebook.com/multisertifikasiindonesia 

Definisi ISO 9001

ISO 9001 adalah standar internasional yang menetapkan persyaratan untuk sistem manajemen mutu (SMM). SMM adalah suatu sistem yang menetapkan kebijakan, tujuan, dan proses untuk memastikan bahwa organisasi dapat memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggannya.

ISO 9001 mencakup delapan elemen utama, yaitu:

  1. Rujukan normatif
  2. Istilah dan definisi
  3. Konteks organisasi
  4. Kepemimpinan
  5. Perencanaan
  6. Pendukung
  7. Operasional
  8. Evaluasi kinerja

Manfaat ISO 9001

Manfaat ISO 9001 bagi organisasi antara lain:

  • Meningkatkan kualitas produk dan layanan

Dengan menerapkan ISO 9001, organisasi dapat meningkatkan kualitas produk dan layanannya dengan memastikan bahwa produk dan layanan tersebut memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan.

  • Meningkatkan kepuasan pelanggan

Pelanggan adalah faktor yang paling penting bagi kesuksesan suatu organisasi. Dengan menerapkan ISO 9001, organisasi dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dengan memastikan bahwa produk dan layanannya memenuhi kebutuhan dan harapan mereka.

  • Mengurangi risiko

ISO 9001 membantu organisasi untuk mengidentifikasi dan mengurangi risiko yang dapat mempengaruhi kualitas produk dan layanannya.

  • Meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional

ISO 9001 membantu organisasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional dengan memastikan bahwa proses-prosesnya berjalan secara efektif dan efisien.

  • Meningkatkan citra dan reputasi organisasi

Memiliki sertifikasi ISO 9001 dapat meningkatkan citra dan reputasi organisasi sebagai organisasi yang berkualitas dan dapat dipercaya.

  • Meningkatkan peluang untuk memasuki pasar global

Banyak pelanggan di pasar global yang mensyaratkan bahwa pemasok mereka memiliki sertifikasi ISO 9001. Dengan memiliki sertifikasi ISO 9001, organisasi dapat meningkatkan peluangnya untuk memasuki pasar global.

Persyaratan Sertifikasi ISO 9001

Untuk mendapatkan sertifikasi ISO 9001, organisasi harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh badan sertifikasi. Persyaratan tersebut meliputi:

Rujukan normatif

Organisasi harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh norma-norma yang dijadikan acuan oleh ISO 9001.

Istilah dan definisi

Organisasi harus memahami dan menerapkan istilah-istilah dan definisi yang digunakan dalam ISO 9001.

Konteks organisasi

Organisasi harus memahami konteks organisasinya, termasuk lingkungan internal dan eksternalnya.

Kepemimpinan

Organisasi harus memiliki kepemimpinan yang kuat dan berkomitmen untuk menerapkan ISO 9001.

Perencanaan

Organisasi harus memiliki rencana yang jelas untuk menerapkan ISO

Melihat betapa pentingnya perusahaan memiliki sertifikat ISO 9001, segera miliki ISO 9001 bersama Multi Sertifikasi Indonesia 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun