Penetrasi pengguna internet di Indonesia tercatat dalam survey Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia di tahun 2017 telah mencapai 54,68% dari total jumlah penduduk Indonesia sekitar 262 juta jiwa. Angka yang sangat besar, ditambah fakta bahwa terjadi peningkatan sekitar 3 kali lipat dibanding 8 tahun yang lalu.
Tercatat penggunaan internet di sektor bisnis dan ekonomi adalah antara 37,82% - 45.14% pengguna mencari informasi produk dan jasa serta membantu pekerjaan.
Menurut saya, Angka yang "gila" ini harus menjadi indikator bagi pelaku bisnis untuk melakukan pendekatan secara digital pada bisnis, produk dan jasanya. Ini juga alasan semakin banyaknya penyedia web design jakarta atau jasa pembuatan website profesional di jakarta.
Tidak ada kompromi. Tidak mengenal bahwa bisnis ada di sektor B2B atau B2C, Anda akan tertinggal jika tidak bereaksi. Di sektor B2C, jelas kemunculan beragam e-commerce terus menggerus keberadaan toko off-line. Para pengguna semakin diuntungkan dan dimudahkan melalui beragam inovasi dari pelaku usaha. Persaingan yang terjadi sungguh sangat keras.
Namun kita akan mencoba melihat sektor B2B, yang tidak bersentuhan langsung dengan end user melalui produk yang sifatnya massal.
Peluang dan Ancaman bagi Sektor B2B
Di sektor B2B dampak positif dari penetrasi internet adalah semakin terbuka luasnya peluang untuk merangsek pasar ke berbagai daerah, termasuk pasar internasional.
Namun jangan lupa, ini juga berarti bahwa dari sisi customer juga bisa mendapatkan lebih banyak akses ke pilihan mitra atau supplier, termasuk bagi existing customer Anda.
Menurut saya, salah satu sisi unik dari berkembangnya teknologi internet adalah semakin mengecilnya gap antara perusahaan yang relatif lebih kecil, perusahaan level menengah dan perusahaan besar pemimpin pasar.
"Dengan memanfaatkan media digital, perusahaan dapat membangun branding, menggaet perhatian dan kepercayaan publik dan calon customer potensial. Bahkan membangun citra untuk terlihat mampu mengimbangi perusahaan yang lebih besar dan telah lama dikenal publik, kemudian ikut dalam persaingan pasar." -Â Webzoic, konsultan website terkemuka di Jakarta
Kutipan tersebut diambil dari satu tulisan di halaman milik Webzoic, satu dari sekian perusahaan jasa pembuatan website profesional yang berkualitas.
Saya pikir kutipan tersebut sangatlah practical dan pasti ditulis oleh praktisi, sangat pas menggambarkan dengan sederhana posisi bisnis Anda pada persaingan di media digital.
Dari kutipan tersebut juga mengarahkan kita pada satu solusi mendasar yaitu keharusan perusahaan memiliki website bisnis yang baik. Website yang menggambarkan kualitas, menunjukkan kredibilitas, dan membawa citra profesional perusahaan.
Bill Gates tidak sedang bercanda ketika berujar :
"If your business is not on the internet, then your business will be out of business." - Bill Gates, Founder of Microsoft
Ini tulisan yang lebih edan-(dalam konotasi positif, hebat, luar biasa) yang menggambarkan visi yang sangat tajam dari seorang pendiri Microsoft.
Maka peluang besar sekaligus ancaman serius ini, setidaknya harus ditanggapi dengan membangun digital online presence yang baik dari perusahaan.
Ya, sebuah website yang profesional adalah keharusan bagi bisnis Anda.
Pentingnya Website yang Berkualitas Bagi Perusahaan
Sudah cukup banyak terserak tulisan yang membahas mengenai pentingnya website. Saya akan summarize berbagai manfaat dari website bagi bisnis Anda dalam sedikit poin yang padat yaitu:
- Meningkatkan kredibilitas, profesionalitas, kepercayaan di mata publik
- Sarana publikasi yang efektif, resmi, dan dapat dipertanggungjawabkan
- Mudah ditemukan oleh pengguna melalui teknologi browser
- Dapat diakses kapanpun, dan dari manapun selama ada koneksi internet
- dan dapat menjadi kanal pemasaran yang terukur
Secara praktikal, dikutip dari salah satu tulisan oleh Nicole Leinbach Reyhle seorang praktisi profesional di Forbes. dikatakan 3 alasan vital bagi perusahaan kecil harus memiliki website adalah:
- sebagai media online presence; di mana first impression akan sangat berarti. Website menjadi satu penilaian calon customer untuk memutuskan datang menghubungi atau meninggalkan Anda berdasarkan first impression.
- sarana window shopping modern; orang yang browsing atau searching di internet dapat dianalogikan sebagai window shopping. Namun keuntungan memiliki website adalah Anda dapat menampilkan alamat domain, identitas, bahkan kontak, langsung di web Anda.
- Tidak punya website berarti kehilangan potensi bisnis; sangat straight forward, ketiadaan website adalah sama artinya Anda berada di luar persaingan di kanal online. Anda telah kehilangan potensi pasar.
Yang lain lagi. Dikutip dari Glenn Shoosmith seorang praktisi, kontributor profesional di The Guardian; berikut summary tulisannya:
- Bisnis selalu dapat diakses publik dan calon customer. Bahkan dikatakan website yang didesign dengan baik seolah memberikan Anda seorang sekretaris 24 jam sehari. Wow..
- Berpikir Lokal sebelum berpikir lebih besar. Website Anda harus juga mentargetkan ke pasar lokal. Ya benar, bagaimanapun kebanyakan pasar dibangun dari konsumen lokal terlebih dahulu.
- Fokus. Anda harus menampilkan website dengan fokus yang utama atau terpenting dari customer bisnis Anda.
- Â Membangun loyal customer. Ya, website dapat membangun dan menjaga loyal customer Anda. Misalnya dengan menggabungkan aktifitas sosial media.
Bagaimana Membuat Website yang Profesional Bagi Perusahaan
Lalu bagaimana membangun website yang profesional bagi perusahaan? Akan cukup panjang untuk mendeskripsikan bagaimana website yang berkualitas bagi perusahaan dan bagaimana membangunnya.
Saya kembali mengutip penjelasan yang cukup baik di salah satu halaman web webzoic.com, yang memaparkan dengan baik mengenai ini.
"Ada 2 pilihan ketika Anda harus merencanakan pembuatan website perusahaan.Â
Pilihan pertama adalah membangun website sendiri dengan tim internal perusahaan. Anda harus mempelajari teknik pembuatan website, seperti desain website, UI & UX, website programming, ataupun Content Management System (CMS). Setidaknya pemrograman html5, css3, javascript akan Anda hadapi. Anda juga masih harus menyiapkan konten, berkordinasi dengan banyak divisi di internal perusahaan, merencanakan struktur, membuat dan menyusun copywriting.
Pilihan kedua adalah dengan menggunakan jasa pembuatan website profesional. Saat ini sudah cukup banyak perusahaan, ataupun tim penyedia jasa pembuatan website company profile profesional, termasuk di Jakarta. Penyedia jasa pembuatan website atau website design agency yang berpengalaman akan membantu mengarahkan, dan membuat website yang kredibel dan searah dengan identitas perusahaan.
Pilihan menggunakan penyedia jasa pembuatan website profesional mungkin lebih pas untuk mengakomodasi kebutuhan website company profile untuk hasil yang optimal."
Masih banyak perusahaan yang belum memiliki website, atau memiliki website tapi tidak bisa mengoptimalkan manfaat websitenya. Bahkan mendapat kesan tidak kredibel atau tidak profesional akibat tampilan website yang buruk, norak, dan terlihat asal-asalan.
Pembuatan website yang berkualitas bukanlah hal yang sederhana. Setidaknya di dalam perusahaan dibutuhkan kordinasi yang baik antar semua bagian, perencanaan pembuatan website yang matang, konten-konten yang dibuat, direncanakan dan disusun secara baik. Jelas bukan pekerjaan dalam satu hari.
Sementara di sisi web designer atau web developer; harus menggali informasi dari perusahaan, identitas dan materi yang akan menjadi highlight informasi. Kemudian menuangkan dalam design yang menarik dari sisi tampilan, informatif dari sisi pengguna, dan applicable dari sisi teknologi. Jelas juga bukan hal mudah.
Karena itu untuk membangun website perusahaan yang profesional haruslah dikerjakan oleh orang yang fokus dan berpengalaman dalam hal tersebut. Tunjuklah PR/Public Relation di sisi perusahaan, dan carilah perusahaan pembuatan website profesional, untuk membangun website perusahaan Anda.
Dan bagi para pegiat website maupun perusahaan web design agency di Jakarta, ini merupakan peluang yang cukup baik untuk terus berkembang dan meningkatkan kualitas untuk membantu semakin banyak bisnis dan industri nasional.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H