Mohon tunggu...
Ibra Alfaroug
Ibra Alfaroug Mohon Tunggu... Petani - Dikenal Sebagai Negara Agraris, Namun Dunia Tani Kita Masih Saja Ironis

Buruh Tani (Buruh + Tani) di Tanah Milik Sendiri

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Sisi Esensial dalam Berpuasa

8 Mei 2019   08:22 Diperbarui: 8 Mei 2019   09:27 208
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrated by; harianbhirawa.com

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu ia berkata . "Rasululah SAW. Bersabda, Allah ' Azza Wa Jalla berfirman , Semua amal perbuatan anak Adam untuk dirinya kecuali puasa. Sesungguhnya Puasa itu untuk-Ku dan Aku-lah yang akan membalasnya'. Puasa adalah perisai. Apabila seseorang di antara kamu berpuasa. janganlah berkata kotor atau keji (cabul) dan berteriak-teriak. 

Apabila ada orang yang mencaci makinya atau mengajak bertengkar, katakanlah, Sesungguhnya aku sedang berpuasa. 'Demi Allah yang jiwa Muhammad berada ditangan-Nya, sesungguhnya bau mulut orang yang berpuasa itu lebih harum di sisi Allah daripada aroma minyak kasturi. Bagi orang yang berpuasa ada dua kegembiraan ketika bertemu dengan Rabb-Nya'." (Muttafaqun 'Alaihi, dan ini Lafazh Al-Bukhari).

Hadis ini juga menujukkan bahwa puasa yang sempurna yaitu jika seorang hamba meninggalkan dua perkara;

Pertama, Pembatal-pembatal puasa seperti makan, minum, jima' dan lainnya. Kedua, Hal-hal yang mengurangi nilai puasa, seperti berkata kotor, jorok, cabul dan berteriak-teriak, mengerjakan perbuatan haram dan pembicaraannya.

"Barang siapa tidak meninggalkan perkataan dusta dan mengerjakannya, maka Allah tidak butuh kepada (puasanya) yang hanya meninggalkan makan dan minumnya". (HR.Bukhari).

Puasa Madrasah Perubahan

Saat ini negeri kita sedang menghadapi persoalan yang akut akibat krisis multidimensi. Jika puasa diharapkan mensucikan jiwa dalam hakikat yang dalam pengertiannya terakumulasi pada tindakan. Betapa konkretnya kontribusi yang disumbangkan pada masalah krusial yang dihadapi bangsa pada saat sekarang.

Puasa adalah penjaga yang menjaga seorang hamba dari perihal yang dapat membatalkan kesempurnaan dalam berpuasa. Nilainya, membiasakan untuk mengerjakan kebajik-kan penuh keikhlasan. Bukan untuk dipamerkan atau atau dipuji. Tapi, bentuk kristalisasi ibadah karena Allah.

Dalam hal ini ada beberapa noted yang penting menjadi kontemplasi ketika berpuasa;

Pertama, Puasa melatih diri untuk berbuat jujur. Perintah berpuasa syarat akan makna dalam pembentukkan karakter seseorang yaitu "Kejujuran". Mengapa?

Seandainya, berpuasa tidak berdasarkan keiklasan hanya sebuah bermakna semu. Sebagai dusta-dustaan, Toh, tidak ada yang tahu, tidak ada yang melihat apa yang kita lakukan. Apakah kita berpuasa atau telah batal berpuasanya.

Tapi karena keyakinan akan ke maha-an Allah, kita mampu menjaga diri terhindar dari prilaku tersebut. Dan kita tidak melakukan tindakan yang dapat mengurangi nilai puasa. Jika ini bisa dilakukan dalam kehidupan yang nyata, kemungkinan besar praktik-paraktik korupsi tidak akan terjadi pada bangsa kita. Karena apa, karena kita yakin ada sang Maha Melihat, Yaitu "Allah".

Kedua, Puasa melatih simpati dan berempati. Lapar dan haus dari Imsaq hingga menjelang Magrib. Penderitaan ini mengambarkan bagaimana saudara-saudara, tetangga-tetangga kita yang harus bertarung demi perut keroncongan dan dahaga tenggorokan.

Bukankah Nabi Muhammad SAW, mengingatkan kita secara keras tidak beriman orang yang tidur kenyang, sementara tetangganya menggelepar kelaparan (padahal mengetahui kondisi tetangganya itu).

Nilai Humanistik ketika berpuasa seperti dapat merasakan penderitaan orang lain, bergetar hati, berfikir akal, tergetar raga untuk berindak membantu para saudara kita. Mungkin, kemiskinan mereka dapat terbantu dengan kedermawanan dan uluran tangan para saudara yang mampu. Betapa besar kontribusi besar yang dilakukan. Apabila telah tumbuh jiwa-jiwa kehumanisan pada setiap kita.

Ketiga, Puasa melatih anggota tubuh untuk berbuat benar. Mulut dapat terjaga dari Ghibah dan fitnah. Mata terhindar dari pandangan yang memicu syahwat. Telinga mampu memfilter kata-kata bermanfaat. Hidung dapat membedahkan mana yang baik dan yang tidak. Tangan terjaga berbuat kejahilan. Kaki terhindar dari langkah yang mudharat.

Hasilnya, Hoaks tidak akan berkembang, prostitusi tidak akan menjamur, tindakan anarkis tidak terjadi, dan tindakan mudharat lainnya dapat berkurang. Jika setiap raga terkendali untuk berbuat kesalahan. Dan cenderung untuk berbuat kebajikan sesuai dengan tuntunan.

Puasa Bukan Sekedar Ritualitas

Jika puasa hannya bersifat ibadah tahunan. Atau hanya taat dibulan ini saja, tidak berpengaruh pada perilaku manusia sesudah bulan Ramdhan berakhir. Dan kembali pada tabiat semula sebelum berpuasa. Maka, Ibadah puasa sebagai bagian Fundamental dalam rukun Islam mulai kehilangan daya esensialnya. Hanya sekedar Ritual semu yang hilang akan makna Religiustas yang sebenarnya.

Secara fenomenologi ada tiga tingkatan dalam berpuasa;

Pertama, Puasa hanya menahan lapar dan haus saja kalau diistilah "Puasa Anak-anak".

Kedua, Puasa selain menahan menahan perut dan dahaga juga memelihara anggota tubuh dari prihal yang membatalkan. Puisi ini kebanyakan dilakukan oleh kita "termasuk saya".

Ketiga, Puasa yang lebih dalam, selain diatas. Puasa ini menjaga akal dan fikir hanya karena Allah. Dan terjauh dari makna keduniawian ketika menjalani ibadah puasa dan berbekas pada diri seseorang. Berpuasa banyak para sahabat nabi dan para tabi' tabi'in dan ulama-ulama besar.


Puasa adalah suatu ibadah yang sangat kaya nuansa moral dan kaya akan pesan-pesan "kemanusian." Puasa merupakan cara Islam dan cara Allah memanusiakan manusia, mengangkat derajatnya menuju kearifan dan kemuliaan. Tanpa itu, puasa seseorang akan diangap gagal, mubazir, bahkan haram. Maka mungkin karena inilah negeri ini tidak segera "gagah" sebagaimana Negara-negara modern lainnya.

"Hai orang-orang yang beriman diwajibkan  atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa". (Qs. Al-Baqarah: 183)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun