1. Mulai Dari Diri
Sebelum memulai proses pembelajaran ini, saya berpikir bahwa topik tentang status sosio-ekonomi (SES) dalam proses pengajaran hanya sebatas faktor luar yang sulit dikendalikan. Saya menganggap bahwa prestasi belajar sepenuhnya tergantung pada usaha siswa, tanpa terlalu memperhitungkan dampak lingkungan sosial ekonomi mereka.
2. Eksplorasi Konsep
Setelah mempelajari konsep ini lebih mendalam, saya mulai menyadari betapa kompleksnya hubungan antara SES dan perkembangan belajar siswa. Saya memahami bahwa akses terhadap teknologi, dukungan keluarga, dan bahkan kondisi kesehatan mental dapat sangat dipengaruhi oleh latar belakang ekonomi siswa. Kesadaran ini membantu saya melihat bahwa sebagai guru, saya tidak hanya mengajarkan materi, tetapi juga perlu memahami konteks kehidupan siswa.
3. Ruang Kolaborasi
Dalam ruang kolaborasi bersama rekan-rekan, saya belajar lebih banyak tentang bagaimana setiap orang dari latar belakang yang berbeda berperan dalam mendukung pembelajaran yang inklusif. Diskusi kelompok memperkuat gagasan bahwa pendekatan pengajaran yang adil harus memperhitungkan perbedaan SES, dan memberikan solusi konkrit seperti akses ke sumber daya yang setara.
4. Demonstrasi Kontekstual
Proses demonstrasi kontekstual yang saya jalani bersama kelompok membuka wawasan saya tentang pentingnya intervensi positif, seperti mentoring atau dukungan teknologi untuk siswa yang membutuhkan. Saya juga belajar bahwa kolaborasi dengan orang tua dan komunitas sangat penting untuk membantu siswa dari keluarga dengan SES rendah merasa didukung.
5. Elaborasi Pemahaman
Sejauh ini, saya telah memahami bahwa perbedaan sosio-ekonomi memengaruhi lebih dari sekadar capaian akademik; hal ini juga membentuk motivasi, perilaku, dan aspirasi siswa. Sebelum memulai pembelajaran ini, saya mungkin tidak sadar akan seberapa besar pengaruh SES terhadap kesejahteraan emosional dan keberhasilan akademik siswa. Hal baru yang saya pahami adalah pentingnya menerapkan pendekatan pengajaran yang lebih berfokus pada inklusi dan dukungan yang berbeda bagi setiap siswa. Saya ingin mempelajari lebih lanjut tentang teknik pengajaran yang dapat menjembatani kesenjangan SES di kelas.
6. Koneksi Antar Materi