Mohon tunggu...
Muhibbuddin Abdulmuid Yassin Marthabi
Muhibbuddin Abdulmuid Yassin Marthabi Mohon Tunggu... lainnya -

Saya manusia biasa yang makan dan minum...bisa lapar dan haus..yang bisa senyum dan sakit...bisa gembira dan luka hati...bisa tertawa dan meneteskan air mata...seperti teman-teman semua...saya manusia...\r\nTapi hamba ini berdo'a..jika hamba mati..darah hamba mengalir di bumi dan menulis kalimat الله\r\n\r\nwww.suaramuhibbuddin.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Rencana Program Kegiatan Pembelajaran Semester (RPKPS)

14 November 2011   22:53 Diperbarui: 25 Juni 2015   23:40 584
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

download LANDASAN PENDIDIKAN versi internet, bentuk file ODT

download LANDASAN PENDIDIKAN versi internet, bentuk PDF

Tulisan karya saya sendiri, bebas do download, dicopy, digandakan, disebarluaskan, dan dikembangkan.

RENCANA PROGRAM KEGIATAN PEMBELAJARAN SEMESTER (RPKPS)

Mata Kuliah
Landasan Pendidikan

Pokok Bahasan
Profesionalisasi Guru dan Permasalahannya


Semester
I (satu)

Waktu (bulan)
6 bulan

Standard Kompetensi
Memahami Profesionalisasi Guru dan Permasalahannya

Kompetensi Dasar
Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa dapat :

1. Memahami hakikat profesionalisasi guru

2. Memahami permasalahan yang terjadi dalam proses profesionalisasi guru

Indikator
Mahasiswa dapat :

1. Menyebut dasar-dasar hukum profesionaliasi guru

2. Menyebut aspek yang dinilai dalam profesionalisasi guru

3. Menjelaskan hubungan profesionalisasi guru dengan sertifikasi guru

4. Menggambarkan alur sertifikasi guru

5. Memaparkan kategori penilaian dan hasil profesionalisasi guru jalur portofolio

6. Menjelaskan tentang Pendidikan Latihan Profesi Guru (PLPG)

7. Menjelaskan tentang sertifikat pendidik

8. Memaparkan mengenai rubrik penilaian portofolio

9.Menerangkan tentang ketentuan kelulusan sertifikasi guru lewat jalur portofolio

10. Menjelaskan kendala dan permasalahan dalam proses profesionalisasi guru

11. Menjelaskan teknik untuk menyelesaikan permasalahan profesionalisasi guru

Tujuan
Setelah mempelajari mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat memahami dasar-dasar hukum dijalankannya proses profesionalisasi guru, aspek yang dinilia dalam profesionalisasi guru, hubungan profesionalisasi guru dengan sertifikasi guru.

Selain itu, mahasiswa dapat mengetahui konsep dasar Pendidikan Latihan Profesi Guru (PLPG), sertifikat pendidik, penilaian portofolio dan ketentuan sertifikasi guru lewat jalur portofolio, permasalahan profesionalisasi guru dan upaya penyelesaiannya

Materi
Proses Profesionalisasi Guru, Permasalahan dan upaya Penyelesaiannya

Metode
Diskusi dan tanya jawab

Media
Media pemaparan (LCD dan Laptop), buku referensi

Model
Contextual Teaching and Learning (CTL)

Kegiatan Pembelajaran
a. Apersepsi ; dengan menyampaikan materi yang telah disampaikan di pertemuan sebelumnya

b. Eksplorasi ;

1. Dosen melibatkan mahasiswa mencari dan menghimpun informasi, serta mendayagunakan media untuk memperkaya pengalaman mengolah informasi,

2. Dosen mendorong mahasiswa berinteraksi sehingga siswa aktif, mengajak siswa mengamati berbagai proses profesionalisasi guru, menangkap permasalahan profesionalisasi guru dan upaya penyelesaiannya, mengamati obyek peristiwa di lapangan mengenai profesionalisasi guru dan permasalahannya

c. Elaborasi ;

1. Memfasilitasi agar siswa menuliskan dan membaca hasil eksplorasi, mendiskusikan dengan teman-temannya,

2. Mendengar pendapat agar lebih dalam pemahamanya,

3. Menganalisis kekuatan atau kelemahan alasan dalam diskusi,

4. Mendalami pengetahuan tentang sesuatu,

5. Membangun kesepakatan melalui kegaitan kooperatif dan kolaborasi, membiasakan peserta didik membaca dan menulis, menguji prediksi atau hipotesis, menyimpulkan bersama, dan menyusun laporan atau tulisan,

6. Menyajikan hasil belajar mengenai profesionalisasi guru, mendeteksi permasalahan profesionalisasi guru dan upaya penyelesaiannya.

d. Konfirmasi ;

1. Dosen menyampaikan umpan balik terhadap apa yang mahasiswa hasilkan melalui pengalaman belajar tahap eksplorasi,

2. Memberikan kesan apresiasi terhadap kekuatan dan kelemahan hasil belajar dengan menggunakan teori yang dosen kuasi,

3. Menambah informasi yang seharusnya mahasiswa kuasai,

4. Mendorong siswa untuk menggunakan pengetahuan lebih lanjut dari sumber yang terpecaya untuk lebih menguatkan penguasaan kompetensi belajar agar lebih bermakna.

5. Mahasiswa mengerjakan tugas-tugas untuk mengasilkan produk belajar yang kongkrit dan kontekstual dengan dosen membantu mahasiswa menyelesikan masalah dan mengaplikasikan ilmunya di dalam aktivitas nyata sehari-hari.

Sumber Materi
Damin, Sudarman. 2002. Inovasi Pendidikan: Dalam upaya Peningkatan Profesionalisasi tenaga kependidikan. Bandung:Pustaka Setia. Halaman 20-24.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional. 2009. Sertifikasi Guru Dalam Jabatan Tahun 2009. Buku 3: Pedoman Penyusunan Portofolio. Jakarta:Depdiknas. Halaman 49-59

Soecipto &Kosasi. 2004. Profesi Keguruan. Jakarta:Pusat Perbukuan Depdiknas Rineka Cipta. Halaman 15 – 27.

Tri Suyati, Soedharto, A.Y.Soegeng Ysh, 2011. Profesi Keguruan. Semarang:IKIP PGRI Semarang Press. Halaman 1 - 35

Penilaian
Aspek penilaian
Unsur Penilaian
Presentasi (%)

Pemahaman
Tugas Mandiri

Ujian Tengah Semester

Ujian Akhir Semester
10 - 20

20 - 30

20 - 40

Keahlian sikap
Kreativitas dalam diskusi, Membuat resume,Presentasi, Partisipasi di kelas, presensi, dsb
10 - 30

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun