download LANDASAN PENDIDIKAN versi internet, bentuk file ODT
download LANDASAN PENDIDIKAN versi internet, bentuk PDF
Tulisan karya saya sendiri, bebas do download, dicopy, digandakan, disebarluaskan, dan dikembangkan.
RENCANA PROGRAM KEGIATAN PEMBELAJARAN SEMESTER (RPKPS)
Mata Kuliah
Landasan Pendidikan
Pokok Bahasan
Profesionalisasi Guru dan Permasalahannya
Semester
I (satu)
Waktu (bulan)
6 bulan
Standard Kompetensi
Memahami Profesionalisasi Guru dan Permasalahannya
Kompetensi Dasar
Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa dapat :
1. Memahami hakikat profesionalisasi guru
2. Memahami permasalahan yang terjadi dalam proses profesionalisasi guru
Indikator
Mahasiswa dapat :
1. Menyebut dasar-dasar hukum profesionaliasi guru
2. Menyebut aspek yang dinilai dalam profesionalisasi guru
3. Menjelaskan hubungan profesionalisasi guru dengan sertifikasi guru
4. Menggambarkan alur sertifikasi guru
5. Memaparkan kategori penilaian dan hasil profesionalisasi guru jalur portofolio
6. Menjelaskan tentang Pendidikan Latihan Profesi Guru (PLPG)
7. Menjelaskan tentang sertifikat pendidik
8. Memaparkan mengenai rubrik penilaian portofolio
9.Menerangkan tentang ketentuan kelulusan sertifikasi guru lewat jalur portofolio
10. Menjelaskan kendala dan permasalahan dalam proses profesionalisasi guru
11. Menjelaskan teknik untuk menyelesaikan permasalahan profesionalisasi guru
Tujuan
Setelah mempelajari mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat memahami dasar-dasar hukum dijalankannya proses profesionalisasi guru, aspek yang dinilia dalam profesionalisasi guru, hubungan profesionalisasi guru dengan sertifikasi guru.
Selain itu, mahasiswa dapat mengetahui konsep dasar Pendidikan Latihan Profesi Guru (PLPG), sertifikat pendidik, penilaian portofolio dan ketentuan sertifikasi guru lewat jalur portofolio, permasalahan profesionalisasi guru dan upaya penyelesaiannya
Materi
Proses Profesionalisasi Guru, Permasalahan dan upaya Penyelesaiannya
Metode
Diskusi dan tanya jawab
Media
Media pemaparan (LCD dan Laptop), buku referensi
Model
Contextual Teaching and Learning (CTL)
Kegiatan Pembelajaran
a. Apersepsi ; dengan menyampaikan materi yang telah disampaikan di pertemuan sebelumnya
b. Eksplorasi ;
1. Dosen melibatkan mahasiswa mencari dan menghimpun informasi, serta mendayagunakan media untuk memperkaya pengalaman mengolah informasi,
2. Dosen mendorong mahasiswa berinteraksi sehingga siswa aktif, mengajak siswa mengamati berbagai proses profesionalisasi guru, menangkap permasalahan profesionalisasi guru dan upaya penyelesaiannya, mengamati obyek peristiwa di lapangan mengenai profesionalisasi guru dan permasalahannya
c. Elaborasi ;
1. Memfasilitasi agar siswa menuliskan dan membaca hasil eksplorasi, mendiskusikan dengan teman-temannya,
2. Mendengar pendapat agar lebih dalam pemahamanya,
3. Menganalisis kekuatan atau kelemahan alasan dalam diskusi,
4. Mendalami pengetahuan tentang sesuatu,
5. Membangun kesepakatan melalui kegaitan kooperatif dan kolaborasi, membiasakan peserta didik membaca dan menulis, menguji prediksi atau hipotesis, menyimpulkan bersama, dan menyusun laporan atau tulisan,
6. Menyajikan hasil belajar mengenai profesionalisasi guru, mendeteksi permasalahan profesionalisasi guru dan upaya penyelesaiannya.
d. Konfirmasi ;
1. Dosen menyampaikan umpan balik terhadap apa yang mahasiswa hasilkan melalui pengalaman belajar tahap eksplorasi,
2. Memberikan kesan apresiasi terhadap kekuatan dan kelemahan hasil belajar dengan menggunakan teori yang dosen kuasi,
3. Menambah informasi yang seharusnya mahasiswa kuasai,
4. Mendorong siswa untuk menggunakan pengetahuan lebih lanjut dari sumber yang terpecaya untuk lebih menguatkan penguasaan kompetensi belajar agar lebih bermakna.
5. Mahasiswa mengerjakan tugas-tugas untuk mengasilkan produk belajar yang kongkrit dan kontekstual dengan dosen membantu mahasiswa menyelesikan masalah dan mengaplikasikan ilmunya di dalam aktivitas nyata sehari-hari.
Sumber Materi
Damin, Sudarman. 2002. Inovasi Pendidikan: Dalam upaya Peningkatan Profesionalisasi tenaga kependidikan. Bandung:Pustaka Setia. Halaman 20-24.
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional. 2009. Sertifikasi Guru Dalam Jabatan Tahun 2009. Buku 3: Pedoman Penyusunan Portofolio. Jakarta:Depdiknas. Halaman 49-59
Soecipto &Kosasi. 2004. Profesi Keguruan. Jakarta:Pusat Perbukuan Depdiknas Rineka Cipta. Halaman 15 – 27.
Tri Suyati, Soedharto, A.Y.Soegeng Ysh, 2011. Profesi Keguruan. Semarang:IKIP PGRI Semarang Press. Halaman 1 - 35
Penilaian
Aspek penilaian
Unsur Penilaian
Presentasi (%)
Pemahaman
Tugas Mandiri
Ujian Tengah Semester
Ujian Akhir Semester
10 - 20
20 - 30
20 - 40
Keahlian sikap
Kreativitas dalam diskusi, Membuat resume,Presentasi, Partisipasi di kelas, presensi, dsb
10 - 30