Describing Place to Increase English Ability
 Â
INFORMASI UMUM
A. IDENTITAS SEKOLAHÂ
Nama Penyusun
Muh. Zaqik Ghufron, S.S
Nama Sekolah
SMKS Islam Tsamrotul Huda Tahunan
Tahun Ajaran
2023/2024
Mata Pelajaran
Bahasa Inggris
Kelas
X
FaseÂ
E
ElemenÂ
Reading -- Writing
Materi
Descriptive Text (Describing Place)
Capaian Pembelajaran
Di akhir fase E, peserta didik dapat mengidentifikasi, menjelaskan menerapkan, menganalisis, dan menceritakan ulang untuk dipresentasikan dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaannya.
Alokasi Waktu
4 x 45 menit (2 pertemuan)
B. KOMPETENSI AWALÂ
Menyimak -- menulis
Understanding kinds of place
Describing kinds of local tourism destination
C. PROFIL PELAJAR PANCASILAÂ
Gotong royong
Bekerja sama mencari informasi lebih tentang materi yang diberikan dalam kelompok.
Mandiri
Melakukan proses brainstorming pada kegiatan awal pembelajaran.
Kreatif
Menyusun Deskriptive teks sederhana terkait Kond of Job sesuai dengan kemampuan dan pemahaman pada sebuah cerita
Berfikir kritis
Menganalisis struktur teks dan unsur kebahasaan teks deskriptif dalam berbagai konteks struktur Bahasa
D. SARANA DAN PRASARANA
Media
Video dan Teks digital terkait materi
Sarana Media
Laptop dan LCD Proyektor
Sumber Belajar
Lembar kerja peserta didik, Video
E. TARGET PESERTA DIDIKÂ
Peserta didik regular
Peserta didik dengan hambatan belajar
Peserta didik cerdas istimewa berbakat
F. MODEL PEMBELAJARANÂ
Model
Problem Based Learning
Pendekatan
Scientific Approach
Metode
Menyimak, diskusi kelompok
KOMPETENSI INTIÂ
A. TUJUAN PEMBELAJARANÂ
Melalui model pembelajaran Problem Based Learning dan Scientific approach serta diskusi kelompok, peserta didik dapat
Â
1. Mengidentifikasi (C1) menurut fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan Descriptive text secara berkelompok maupun mandiri
Â
2. menjelaskan (C2) menurut fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan Descriptive text secara berkelompok maupun mandiri
3. menerapkan (C3) menurut fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan Descriptive text secara berkelompok maupun mandiri
4. menganalisis (C4) menurut fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan Descriptive text secara berkelompok maupun mandiri
5. mempresentasikan (C6) menurut fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan Descriptive text secara berkelompok maupun mandiri
B. PEMAHAMAN BERMAKNAÂ
Dengan mempelajari bagaimana menulis teks deskripsi yang benar dapat menjadi pembelajaran untuk penulis itu sendiri (peserta didik). Hal ini karena menulis teks deskripsi berarti membantu dalam melatih kepekaan karena penulis menjelaskan nyata suatu objek atau suasan tertentu. Selain itu, dengan menulis teks deskripsi bisa juga melatih kita untuk bisa melihat ciri dari unsur-unsur benda atau bentuk secara konkret.
C. PERTANYAAN PEMANTIKÂ
1. What do you know about tourism spot?
2. Have you ever visited Kartini Beach?
3. In your opinion, what is Kartini Beach looks like?
D. PERSIAPAN PEMBELAJARANÂ
* Guru Menyusun LKPD
* Guru Menyusun instrument assesmen yang digunakan
* Guru melakukan tes diagnostic
E. KEGIATAN PEMBELAJARANÂ
2 X PERTEEMUAN (4jp)
4 X 45 menit
PENDAHULUAN
Pendahuluan
Salam pembuka
Berdoa
Cek absensi siswa
Menyampaikan pertanyaan pemantik
Menyampaikan tentang manfaat belajar Descriptive text.
Menyampaikan tujuan yang akan dicapai pada pembelajaran
hari ini.
Menyampaikan garis besar cakupan materi yang dipelajari. Menyampaikan metode pembelajaran dan Teknik penilaian yang akan digunakan
Ice breaking
INTI
- Siswa terlebih dahulu diberikan pemahaman dan penjelasan mengenai materi, alur dan aturan main selama proses pembelajaran yang berkaitan dengan teks deskriptive.
- guru memberikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran serta proses agar peserta didik termotivasi untuk belajar.
-  Peserta didik menyimak Video "describing place" yang berkaitan  Descriptive text berupa Tourism Spot dengan judul "Kartini Beach"
Guru memberikan pertanyaan pemantik berkaitan dengan "tourism spot"
- Mengorganisir Siswa
- Kelas akan dibagi dalam kelompok kecil yang berjumlah 3-4 anak perkelompok
- Guru membagikan lembar LKPD 1 dan 2 yang harus peserta didik kerjakan setelah menyimak cerita yang akan dibacakan oleh perwakilan masing masing kelompok tentang cerita fiksi berupa narrative text secara berkelompok.
- Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai pertanyaan-pertanyaan yang ada di LKPD.
- Membimbing penyelidikan
- a. Guru menampilkan sebuah video tentang tempat wisata lokal dan meminta siswa menjawab pertanyaan pada LKPD 1 berdasarkan video yang ditampilkan oleh guru. https://youtu.be/B4p_UK35_hc?feature=sharedÂ
- c. Peserta didik dengan bimbingan guru mengerjakan LKPD yang telah didapat sebelumnya dengan berdiskusi Bersama kelompok
- Mengembangkan dan menyajikan hasil
- Peserta didik menjelaskan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang ada di LKPD secara lisan.
- Peserta didik dipersilahkan untuk memberikan komentar terhadap hasil jawaban temannya dan dipersilahkan mengoreksi bila ada kesalahan
- Menganalisis dan mengevaluasi hasil pemecahan masalah
- Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menanyakan materi yang belum dipahami selama pembelajaran berlangsung.
- Peserta didik dengan arahan dan bimbingan guru menyimpulkan hasil diskusi pada pembelajaran
PENUTUP
Guru membimbing siswa melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang baru saja dilakukan.
Â
Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
Kegiatan penutup
Menanyakan bagaimana perasaan peserta didik selama mengikuti kegiatan pembelajaran dengan meminta satu atau dua perwakilan peserta didik menyampaikan secara langsung. "What Do you feel after studying English with me?" "Are you happy?
Mengingatkan pada peserta didik bahwa hasil diskusi akan dipaparkan pada pertemuan selanjutnya.
Do'a
Salam Penutup
F. ASSESMEN
Formatif
Teknik     : TesÂ
Bentuk    : Tes Lisan
Instrumen :
Task 1 : Write a text to describe the local tourism spot related to your hometown!
SumatifÂ
Siswa mengerjakan LKPD yang disediakan guru
Â
Jepara, 15 Januari 2024
Mengetahui,
       Kepala SMK Islam Tsamrotul Huda                   Guru Mata Pelajaran
Â
              Â
               Â
            Sri Hidayati, SE                                    Muh. Zaqik Ghufron, S.S
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Bahan Ajar
Â
MATERI DESCRIPTIVE TEXT
Â
Descriptive text is a text that explains what a person, place, or thing is like, often providing a visual experience trough the use of adjectives and adverbs. A. Kinds of
Descriptive TextÂ
Describing proces Describing a process is not only to explain how something is accomplished, but also to explain on why it is done and what is needed to complete the process.
Describing an event To describe an event, a writer should be able to memorize and remember what happened in that event. As the example, people is going to write about inspection of Virus at vegetable., she/he has to explain all details related to the event, so that the readers can imagine the real situation and condition perfectly.
Describing personality The first thing that we must do in describing a person is recognizing the individual characteristics. We need to describe people occurs fairly areas of physical attribute (hair, eyes, skin), emotional (warm, nervous,), attributes (greedy, honest, humble, trust) and intellectual.
Describing object and describing place Presenting a concrete thing is the way to describe place, for example; a house, library, swimming pool, bus station, and market.
Social Function of Descriptive TextÂ
The social function of writing descriptive text is to describe a particular person, place, thing, or animal.
Generic Structure of descriptive text It consists of two parts they are
identification; identification, that is the statement that consist of one topic to be describe, and
description, which consists of the details description about the object that is identified in identification.
Grammatical Feature of Descriptive Text In descriptive text, it is focuses on specific participant, uses of attributes, declarative sentence, and simple present tense.Â
Â
The Example Of Descriptive Text
Â
My stray Cat
I have a stray cat as my pet. (Identification) He is really playfull, He love to play with me and the things he found. He has orange and white fur, his fur is so soft and i like tu rubs it for him. He has a long tail. He likes to play with it. He is also always try to catch his tail sometimes. I also like to hold him in my hand, when I hold him like that he will fall asleep. (Description)Â
Bandung
Bandung is the capital city of West Java Province and located between some big montain (Identification) Not only a big city, bandung is known as The Capital of Asian-Africa Solidarity. The title is based on the history when all leaders from Asia and Africa Content attended Asian African Conference in 1955. Beside that, Bandung is also known as a tourism destination, there is so many desnination that you can visit.
The famous place that's close to Bandung City is Gunung Tangkuban Perahu and
Kawah Putih. You can see a wonderful view from here. (Description)
Â
My Best Friend
Jenny is my childhood friend. (Identification) We were neighbour and we always went to the same school. Jennifer is shorter than me and is wearing a pair of glasses. She has blonde hair and pointed nose, just like her mother. Her fevorite food is sate and fried rice. We often played some vidio games together in her house. Sometimes, we love to cycled around neighborhood. we are atill best friends until today.even when she lives abroad, we still keep in touch. (Description)Â
Â
LKPD (work sheet) 1
Reading SectionÂ
Â
Nama        : Â
Kelas  :Â
Jurusan :Â
TextÂ
KARTINI BEACHÂ
Please watch the video carefully, and discuss with your group to answer these questions Â
What did you get from the video? and what is the text about.Â
What is the video describing about?Â
What is the purpose of the video?Â
What is the content of the video?Â
What is the main idea of the video?Â
Mention about language feature based on the video!Â
Present the result of your discussion in text by explaining about the content, generic structure, language feature and social function in your own text!Â
Lembar Kerja Peserta Didik 2Â
Based from the textÂ
Â
Name        :Â
Kelas        :Â
Jurusan       :
Â
Â
BOROBUDUR TEMPLE
Borobudur temple is one of the most beautiful tourist resorts in Indonesia. It is situated in central Java. Borobudur temple is one of the seven wonders of the world which needs to be preserved its circumstances. The people all over the world know that Borobudur is one of the greatest art works that ever known since long time ago.
Borobudur temple was built by Syailendra Dynasty during the eighth century. It needed more than two million river stones. It is the biggest temple in the world.
After going into some restorations, Borobudur is visited by more and more tourists, both domestic and foreign tourists. Most of them admire Borobudur temple because of its beauty, its elegance and the story of the relief on its walls.
Domestic tourists usually go there by bus or private cars, while foreign tourists like to join travel bureau because they don't need to think of the transportation, accommodation, and itinerary. There are some money changers around the location. It makes them easier to change their money. But some of them like to bring credit cards and checks.
Discuss with your group to answer these questions
What do you read from the text? and what is the text about?
What is the descriptive about?
What is the purpose of the text?
What is the content of the text?
What is the main idea of each paragraph?
Mention about language feature of the text!
Present the result of your discussion in your text by explaining about the content, generic structure, language feature and social function in your text!
Â
Rubrik penilaian
No
Group
Name
Nilai proses
Nilai hasil
Nilai akhir
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Nilai akhir = nilai proses + nilai hasil
Bobot masing masing maksimal 50
Â
Â
Asesmen
Â
Fill in the blank with the correct answer !
Â
Mr.Bambang is an English teacher. He speaks English fluently. His wife, Mrs. Vanya is a (1)......................... She help sick people. She doesn't speak English. Mr. Bambang has btwo children. They study English not only at school but also at home. They are (2)..................... students. Their father teaches them every night, so they can speak Englih (3)...................... he is very proud of them.Â
Â
a. Teacher
Doctor
Janitor
Chef
a. Lazy
Stupid
Proud
Diligent
Â
a. Fluently
Slowly
Silently
badly
Â
Â
Â
Â
Â
Â
LEMBAR REFLEKSI SISWA
Â
Nama              :
Mata Pelajaran       :
Kelas/Jurusan        :
1. Â Â Â Apa yang dapat kalian pelajari dari materi ini?
Â
2. Â Â Â Apa yang Kalian fahami dari isi materi?
Â
3. Â Â Â Bagian mana yang kalian belum faham?
Â
4. Â Â Â Apa yang membuat kalian susah memahami materi?
Â
5. Â Â Â Manfaat apa yang kalian dapat dari materi yang telah dipelajari
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Lembar refleksi Guru Â
Nama Guru : Â
Pelajaran  :  Kelaas  : Â
Institusi      : SMKS Islam Tsamrotul Huda Tahunan
1. Â Â Â Bagaimana suasana pembelajaran di kelas ?
Â
2. Â Â apa yang menjadi kendala dalam pembelajaran?
Â
3. Â Â Â Bagian materi apa yang harus lebih ditekankan pada kelas ?
Â
Â
4. Apa yang menjadi kekurangan guru dalam mengajar?
5. Langkah manakah yang belum terlaksana dalam proses pembelajaran?
Mengapa?
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
LEMBAR OBSERVASI PEMBELAJARAN Tanggal  : Â
Mata Pelajaran: Bahasa Inggris
Materi        : Narative Text
Tempat       : SMKS Islam Tsamrotul Huda Tahunan
Â
Aktivitas pembelajaran
Â
Terlaksana
Â
Tidak terlaksana
Â
Catatan
Â
Langkah Langkah pembelajaran
Opening
Â
Guru memulai dengan Greeting to opening class
Â
Guru menunjuk perwakilan siswa untuk berdoa sebelum belajar
Â
Guru memeriksa kesiapan siswa belajar baik secara fisik maupun psikologis
Â
Guru memeriksa kehadiran siswa
Â
Guru melakukan kegiatan apersepsi
Â
Guru menjelaskan tujuan pembelajarn  atau kompetensi yang akan dicapai
Â
Â
Â
Inti
Guru      memberikan   pemahaman    dan
penjelasan mengenai materi, alur dan aturan main terkait dengan materi
Guru memberikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran serta proses agar peserta didik termotivasi untuk belajar.
Â
guru mengorganisir tugas yang akan diberikan pada peserta didik, misalnya penentuan topik, prosedur tugas, dan sebagainya.
Â
Guru membimbing peserta didik agar mereka bisa mendapatkan sumber atau referensi yang sesuai untuk permasalahan yang ditugaskan
Â
Guru meminta tiap kelompok membacakan satu paragraph pada narrative text  yang dijadikan sebagai materi diskusi.
Â
Guru meminta masing masing kelompok membacakan/mempresentasikan hasil terjemahan dari teks eksposisi yang dijadikan materi
 Â
Guru meminta tiap kelompok mengevaluasi hasil kerja kelompok lain
Â
Guru meminta peserta didik untuk merefleksi dan mengevaluasi hasil yang diperoleh, baik dari sisi proses maupun metode.
Â
Â
Â
Â
Penutup
Â
Guru membimbing siswa melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang baru saja dilakukan.
Â
Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan
         berikutnya.
Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H