Mohon tunggu...
MUHAMMAD ROSYAD NAFIS
MUHAMMAD ROSYAD NAFIS Mohon Tunggu... Mahasiswa - MAHASISWA GEOGRAFI

saya sebagai rakyat indonesia,ingin memikin ini untuk ke pentingan bersama

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Puding Sasirangan untuk Meningkatkan UMKM dan Mengenalkan Sejarah

7 November 2024   14:18 Diperbarui: 7 November 2024   14:25 50
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

2.1 Waktu Uji Coba Inovasi

Waktu uji coba inovasi di lakukan pada  tanggal 18 september 2024 di rumah.

2.2 Waktu Penerapan Inovasi 

Penerapan inovasi di lakuakan di depan prodi geografi universitas lambung mangkurat pada tanggal 20 september 2024.

2.3 Tahapan Inovasi

Dalam upaya memproduksi Puding Sasirangan terdapat beberapa tahapan yang bisa dilakukan dalam pengembangan sampai bisa dipasarkannya produk-produk ter sebut. Berikut adalah langkah langkah yang dilakukan oleh beberapa mahasiswa geografi dalam inovasi produk: 

1. Pemunculan gagasan Pada tahap pemunculan gagasan terdapat beberapa pihak yang terlibat yaitu mahasiswa dan dosen. pertemuan ini dibahas teknik pembuatan, model, dan berbagai macam event untuk meningkatkan produktifitas. Ide juga dapat muncul dari pemilik saat melakukan observasi lapangan maupun melihat keinginan. 

2. Penyaringan gagasan Setelah dilakukan tahap pemunculan gagasan maka berlanjut ke tahap penyaringan gagasan. Pada tahap ini penyaringan ga gasan dilakukan saat pertemuan atau meeting, gagasan dari pi hak konsumen telah disaring dahulu dengan cara melihat yang mayoritas memiliki gagasan pada bagian tertentu seperti apabila terdapat mayoritas gagasan yang ingin disediakan model atau warna berbeda. 

3. Pengembangan dan penyajian konsep Setelah melalui tahap penyaringan gagasan berlanjut ke tahap pengembangan dan penyajian konsep. Pada tahap ini untuk pengembangan dan penyajian konsep seluruh gagasan yang di terima dan diolah akan diterapkan pemilik produk 

4. Pengembangan strategi pemasaran Setelah melalui tahapan pengembangan dan penyajian kon sep maka berlanjut pada tahap pengembangan strategi pemasaran. Pada tahap ini pengembangan strategi pemasaran strategi yang dilakukan perusahaan adalah pemasaran yang fokus ke pada penjualan online dan melakukan pemasaran melalui event yang diadakan. 

5. Analisis bisnis Setelah melalui tahapan pengembangan strategi pemasaran maka berlanjut pada tahap analisa bisnis. Pada tahap ini akan di bahas hal-hal seperti seberapa banyak produk yang akan di produksi laku dipasaran, lalu seberapa besar modal yang perlu di gunakan untuk memproduksi produk baru tersebut, perkiraan laba yang akan didapat, apakah sesuai biaya produk dengan ke inginan pasar dan prediksi keberhasilan produk yang dibuat. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun