2.1 Waktu Uji Coba Inovasi
Waktu uji coba inovasi di lakukan pada  tanggal 18 september 2024 di rumah.
2.2 Waktu Penerapan InovasiÂ
Penerapan inovasi di lakuakan di depan prodi geografi universitas lambung mangkurat pada tanggal 20 september 2024.
2.3 Tahapan Inovasi
Dalam upaya memproduksi Puding Sasirangan terdapat beberapa tahapan yang bisa dilakukan dalam pengembangan sampai bisa dipasarkannya produk-produk ter sebut. Berikut adalah langkah langkah yang dilakukan oleh beberapa mahasiswa geografi dalam inovasi produk:Â
1. Pemunculan gagasan Pada tahap pemunculan gagasan terdapat beberapa pihak yang terlibat yaitu mahasiswa dan dosen. pertemuan ini dibahas teknik pembuatan, model, dan berbagai macam event untuk meningkatkan produktifitas. Ide juga dapat muncul dari pemilik saat melakukan observasi lapangan maupun melihat keinginan.Â
2. Penyaringan gagasan Setelah dilakukan tahap pemunculan gagasan maka berlanjut ke tahap penyaringan gagasan. Pada tahap ini penyaringan ga gasan dilakukan saat pertemuan atau meeting, gagasan dari pi hak konsumen telah disaring dahulu dengan cara melihat yang mayoritas memiliki gagasan pada bagian tertentu seperti apabila terdapat mayoritas gagasan yang ingin disediakan model atau warna berbeda.Â
3. Pengembangan dan penyajian konsep Setelah melalui tahap penyaringan gagasan berlanjut ke tahap pengembangan dan penyajian konsep. Pada tahap ini untuk pengembangan dan penyajian konsep seluruh gagasan yang di terima dan diolah akan diterapkan pemilik produkÂ
4. Pengembangan strategi pemasaran Setelah melalui tahapan pengembangan dan penyajian kon sep maka berlanjut pada tahap pengembangan strategi pemasaran. Pada tahap ini pengembangan strategi pemasaran strategi yang dilakukan perusahaan adalah pemasaran yang fokus ke pada penjualan online dan melakukan pemasaran melalui event yang diadakan.Â
5. Analisis bisnis Setelah melalui tahapan pengembangan strategi pemasaran maka berlanjut pada tahap analisa bisnis. Pada tahap ini akan di bahas hal-hal seperti seberapa banyak produk yang akan di produksi laku dipasaran, lalu seberapa besar modal yang perlu di gunakan untuk memproduksi produk baru tersebut, perkiraan laba yang akan didapat, apakah sesuai biaya produk dengan ke inginan pasar dan prediksi keberhasilan produk yang dibuat.Â