Mohon tunggu...
Muhammad Rifqy Nur Fauzan
Muhammad Rifqy Nur Fauzan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya biasa dipanggil Rifqy yang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi Universitas Indraprasta PGRI. Selain kuliah saya berprofesi sebagai driver online.

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Risalah Hari Raya Idul Adha

17 Juni 2024   19:11 Diperbarui: 17 Juni 2024   20:27 68
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

Qurban merupakan kata serapan dari bahasa Arab Qurban (Qurb) yang berarti itsar, atau pengorbanan. Kata qurban berasal dari kata qurb yang artinya dekat. Dalam kaitannya dengan Idul Adha, qurban merupakan pengorbanan yang mendekatkan diri kepada Tuhan yang bersifat transendental.

Artinya persekongkolan jahat dan perbuatan jahat bahu-membahu dalam keburukan, berapapun besarnya pengorbanan yang dilakukan. Pengorbanan (Qurb) merupakan kemesraan yang tak berbuah kedekatan adalah suatu kerugian. Hari Raya Kurban sungguh indah sekaligus megah.

Pengorbanan adalah keagungan, dan mendekatkan diri kepada Tuhan adalah keindahan. Dengan kata lain, jika ingin menikmati indahnya kedekatan tidak boleh menghindari keagungan jalan pengorbanan. Bukankah rambut hitam seorang wanita menyembunyikan putih pada wajahnya? Oleh karena itu, dibalik keagungan ada keindahan, dan dibalik gelapnya malam ada terang fajar. Sebagaimana Tuhan berfirman dalam Al-Qur'an :

فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا , إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا

(Q.S. Al-Insyirah 5-6)

Idul Adha adalah hari raya qurban. Pengorbanan yang patut dirayakan adalah pengorbanan transenden, pengorbanan yang mendekatkan kita. Artinya bodoh untuk meratapi pengorbanan tanpa kedekatan. Dalam hal ini, pengorbanan mempunyai konotasi negatif. Pengorbanan berarti mengurangi sesuatu. Ringkasnya, Idul Adha adalah perayaan berkurangnya bahkan kehilangan apa yang dimiliki. Tentu saja ini berarti menurunkan berat badan dan menambah berat badan. Ibarat logika zakat dan sedekah, berkurang tapi bertambah. Sebaliknya logika riba bertambah namun berkurang. Sebagaimana Tuhan berfirman dalam Al-Qur'an :

يَمْحَقُ اللّٰهُ الرِّبٰوا وَيُرْبِى الصَّدَقٰتِ ۗ وَا للّٰهُ لَا يُحِبُّ كُلَّ كَفَّا رٍ اَثِيْمٍ

 (QS. Al-Baqarah 2: ayat 276).

 

Secara lahiriah, riba adalah bertambahnya jumlah kekayaan materi. Namun dari sudut pandang makna, riba merupakan degradasi taraf eksistensi manusia. Sedekah juga mengurangi kekayaan anda secara lahiriah. Tetapi itu akan meningkatkan level jiwamu dengan cara yang berarti. Jangan berharap sumbangan Anda akan menambah kekayaan Anda. Itu mungkin, tapi belum pasti. Jangan tertipu oleh dealer berjubah yang berjanji bahwa jika Anda menyumbangkan sepeda Anda untuk amal, Anda akan mendapatkan mobil sebagai imbalannya. Sekali lagi, logika sedekah adalah mereduksi benda-benda materi guna menaikkan tingkat eksistensial ke tingkat terdekat.

 

Sedekah artinya mengurangi kenikmatan materi demi keutuhan jiwa. Ini adalah pola perdagangan ilahi, sebuah transaksi metafisik. Saat Anda menghilangkan materi, Anda mendapatkan sesuatu yang lebih berharga: sesuatu yang tidak berwujud. Namun bagaimana seseorang dapat menaiki tangga karier karena takut membatasi kenikmatan materi? Jika kita tidak berani mengabaikan nikmatnya tidur malam yang nyenyak, bagaimana kita bisa menikmati indahnya ibadah dan ilmu Bagaimana seseorang bisa berkorban ketika dia takut akan terjadinya kelaparan, apalagi kematian? Pengorbanan sangat baik. Misalnya, jika Anda mempunyai kekayaan dalam jumlah besar, merupakan kebaikan yang umum untuk menyumbangkan sebagian darinya untuk amal. Bahkan menghadiahkan sesuatu yang sudah tidak terpakai lagi merupakan tindakan kebaikan yang luar biasa.

 

Pengorbanan lebih dari itu, itu adalah kebaikan. Pengorbanan bukan tentang mengatakan, "Saya membutuhkannya juga, saya akan menggunakannya juga. " Qurban adalah tindakan memberikan air kepada orang yang haus ketika matanya haus. Pengorbanan adalah memberikan makanan kepada orang yang lapar ketika Anda gemetar karena lapar. Pengorbanan berarti memilih kematian agar dapat hidup demi kebenaran dan pencerahan, meskipun ingin hidup nyaman. Jadi persiapkan korban terbaikmu. Kalau begitu mari kita rayakan. Sebelum mengorbankan orang lain, korbankan ego diri sendiri (ananiah).

Apa gunanya menyembelih hewan ternak di luar diri Anda, padahal ternak Anda sudah diambil alih oleh ribuan hewan ternak yang ada di dalam diri Anda? Ingatlah untuk menyenandungkan firman Tuhan yang suci ini.

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

وَا لَّذِيْنَ تَبَوَّؤُ الدَّا رَ وَا لْاِ يْمَا نَ مِنْ قَبْلِهِمْ يُحِبُّوْنَ مَنْ هَا جَرَ اِلَيْهِمْ وَلَا يَجِدُوْنَ فِيْ صُدُوْرِهِمْ حَا جَةً مِّمَّاۤ اُوْتُوْا وَيُـؤْثِرُوْنَ عَلٰۤى اَنْفُسِهِمْ وَلَوْ كَا نَ بِهِمْ خَصَا صَةٌ ۗ وَمَنْ يُّوْقَ شُحَّ نَـفْسِهٖ فَاُ ولٰٓئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ

(QS. Al-Hasyr Ayat 9)

وَيُطْعِمُوْنَ الطَّعَا مَ عَلٰى حُبِّهٖ مِسْكِيْنًا وَّيَتِيْمًا وَّاَسِيْرًا

(QS. Al-Insan 76: Ayat 8)

 وَاِ ذْ يَرْفَعُ اِبْرٰهٖمُ الْقَوَا عِدَ مِنَ الْبَيْتِ وَاِ سْمٰعِيْلُ ۗ رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا  ۗ اِنَّكَ اَنْتَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 127)

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun