Salah satu coffe shop di Bandung yang sudah dikenal adalah kedai kawani, kedai kawani ini berlokasi di Jl. Terusan Jakarta, Antapani Wetan, Kota Bandung. Pemilik dari kedai kawani ini memanfaatkan bangunan bekas tempat tinggal yang sudah di renov, tetapi tidak menghilangkan suasana masa lalu.
Desaign dan suasana coffe shop yang cenderung instagramable dan mempunyai tempat nyaman, menjadi pilihan konsumen dalam menikmati kopi pilihannya dan adapun konsumen yang memilih coffe shop sebagai tempat untuk berkumpul, bersosialisasi, bertukar pikiran, memperluas jaringan, dan bahkan menjadi salah satu tempat untuk prospecting business antar eksekutif perusahaan. Di kota Bandung sendiri semakin marak dengan banyaknya coffe shop baru yang berdiri dan tersebar di wilayah Bandung, namun tidak semua coffe shop di Bandung banyak di kunjungi oleh konsumen, karna hanya coffe shop tertentu yang terlihat ramai pengunjung. Kepuasan konsumen di sebuah coffe shop di pengaruhi beberapa hal, seperti suasana toko di kedai kawani. "instagram Kedai Kawani"
1. Kajian Pustaka
1.1 Sumber daya manusia merupakan aset penting dan berperan sebagai faktor penggerak utama dalam pelaksanaan seluruh kegiatan atau aktivitas instansi, sehingga harus dikelola dengan baik melalui Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM). Menurut para ahli manajemen sumber daya manusia adalah sebagai berikut: Menurut (Handoko 2014, p.4), manajemen sumber daya manusia adalah penarikan, seleksi, pengembangan, pemeliharaan, dan penggunaan sumber daya manusia untuk mencapai baik tujuan-tujuan individu maupun organisasi.
Sumber daya manusia (SDM) merupakan elemen penting dalam keberlangsungan dan kesuksesan suatu bisnis, khususnya diindustri hospitality seperti kedai kopi. Kualitas pelayanan yang diberikan oleh karyawan kedai kopi secara langsung mempengaruhi pengalaman dan kepuasan konsumen.
1.2 suasana toko
store atmosphere atau suasan toko adalah desain lingkungan yang merancang respon emosional dan persepsi pelanggan melalui komunikasi visual, pencahayaan, warna, musik, dan wangi-wangian serta untuk mempengaruhi pelanggan dalam membeli produk.
suasana toko merupakan penataan lingkungan toko meliputi desain interior dan eksterior yang dapat memberi kesan pada konsumen, sehingga konsumen bisa merasakan kenyamanan. Dalam mengelola bisnisnya, pemasaran memerlukan sejumlah upaya untuk mencapai tujuan pemasaran yang telah dirancang, sehingga memerlukan pengolah tentang pemasaran bahkan harus memperhatikan aspek suasana toko.
Berdasarkan definisi yang telah dikemukakan oleh beberapa para ahli, maka peneliti artikan store athmosphere merupakan suatu karakteristik fisik dalam sebuah toko yang menarik konsumen dan bertujuan untuk menciptakan image terhadap benak konsumen sehingga nilai kesan kepuasan akan muncul.
1.2.1 faktor yang mempengaruhi suasana toko
Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam penciptaan store atmosphere di sampaikan oleh Lamh dalam (Bob Sabran 2015:108) diantaranya yaitu: