Identitas Program Pendidikan
Mata Pelajaran: Matematika
Fase: D
Tahun: 2024/2025
Jenjang: SMP/VII
Alokasi Waktu: 3 JP x 40 menit
Konten: Bilangan Rasional
Sub Konten: Aplikasi bilangan Rasional pada kehidupan sehari-hari
Model Pembelajaran: Contextual Teaching And Learning (CTL)
Tujuan Pembelajaran:
- Siswa memahami konsep bilangan rasional secara aktif dan mandiri.
- Siswa mampu mengidentifikasi bilangan rasional dalam kehidupan sehari-hari.
- Siswa mampu melakukan operasi hitung sederhana pada bilangan rasional.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Pendahuluan:
Guru mempersiapkan sarana dan prasarana, melakukan pengkondisian kelas, memberikan apersepsi, dan menyampaikan tujuan pembelajaran. (20 menit)
Inti:
Guru menjelaskan konsep bilangan rasional serta meminta siswa mengamati fenomena sehari-hari dan menghubungkannya. Siswa melakukan percobaan dan menyusun kesimpulan. (80 menit)
Bertanya:
Guru mengajukan pertanyaan untuk eksplorasi lebih lanjut. Siswa juga didorong untuk bertanya. (20 menit)
Penutup:
Guru menutup pertemuan dengan motivasi dan menjelaskan pertemuan berikutnya. (10 menit)
Pertemuan 2
Pendahuluan:
Sama seperti pertemuan pertama. (20 menit)
Inti:
Guru membagi siswa menjadi kelompok untuk mengerjakan LKPD dan memberikan instruksi. (100 menit)
Refleksi:
Siswa menuliskan pertanyaan pada catatan. (30 menit)
Penutup:
Guru menutup pertemuan dengan motivasi dan menjelaskan pertemuan berikutnya. (10 menit)
Pertemuan 3
Pendahuluan:
Sama seperti pertemuan sebelumnya. (20 menit)
Inti:
Siswa dibagi menjadi kelompok untuk mengerjakan asesmen, dan guru berperan sebagai observer. (130 menit)
Penutup:
Guru menutup pertemuan dengan motivasi dan menjelaskan pertemuan berikutnya. (10 menit)
Untuk Selengkapnya bisa dilihat pada link berikut
https://drive.google.com/file/d/1xG251uImUb2b-rXk889dOStQp1mrOU7j/view?usp=drive_link
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H