Mohon tunggu...
Ir Muh Arif Arofah ST MT IPP
Ir Muh Arif Arofah ST MT IPP Mohon Tunggu... Insinyur - Program Profesi Insinyur Universitas Petra Surabaya (Mar 2024-Jul 2024) | S2 Tek. Sipil Transportasi Universitas Trisakti (Sept 2022 - Feb 2024) | S1Teknik Sipil BINUS University (Sept 2016 - Augs 2020)| Ass. Tenaga Ahli Transport | SKA Ahli Teknik Jalan Muda

Mari berteman dengan klik follow IG @ir.arifarofah | muhammadarifarofah@gmail.com | LinkedIn: Muhammad Arif Arofah

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Bagaimana Cara Menjadi Pendengar yang Baik Saat Diskusi Bisnis? Ini 3 Tipsnya!

17 Agustus 2022   11:10 Diperbarui: 17 Agustus 2022   11:12 521
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Hai Kompasianers! Kamu ingin tahu bagaimana cara menjadi pendengar yang baik saat diskusi bisnis?  Ada 3 cara, yaitu dengan Simak, Tanya, dan Konfirmasi. Berikut penjelasan rinci versi penulis, supaya tidak jadi salah persepsi antara kedua belah pihak:

1. Simak

Sumber Gambar : Freepik/senivpetro
Sumber Gambar : Freepik/senivpetro

Kamu wajib fokus 100% untuk mendengar serta menyimak apa yang sedang disampaikan lawan bicara. Kamu juga harus menyiapkan kertas dan pulpen untuk mencatat hal - hal apa saja yang masih belum dimengerti dan dipahami.  Biasanya, yang disampaikan lebih terkait teknis seperti harga penawaran, detail produk, serta profil perusahaan. Hal yang harus kamu hindari yaitu bermain gadget saat lawan sedang memaparkan materi. 

2. Tanya

Sumber Gambar : Freepik/master1305
Sumber Gambar : Freepik/master1305

Wajib bertanya supaya kamu terlihat penasaran oleh rekan bisnis. Hindari close question yaitu pertanyaan yang mempunyai jawaban ya atau tidak serta terbatas seperti "apakah", "berapakah","siapakah". Gunakan open question yaitu pertanyaan yang mempunyai jawaban penjabaran panjang seperti "kenapa","bagaimana","jelaskan".  Saat mereka menjelaskan, pastikan kamu menyimak dan mencatat ya.

3. Konfirmasi

Sumber Gambar : Freepik/master1305
Sumber Gambar : Freepik/master1305

Bertujuan untuk menyeragamkan hasil sesi tanya jawab antara kamu dengan rekan bisnis. Hal tersebut wajib dilaksanakan untuk meminimalisir permasalahan yang akan terjadi dikemudian hari. Apabila ada hal yang masih belum seragam, maka kamu harus menemukan jalan tengah nya saat itu juga. Namun apabila sudah seragam, maka kesepakatan bisnis sudah dapat dilanjutkan ke tahap penandatanganan MOU atau surat kerjasama.

Nah, berikut urutan menjadi pendengar yang baik, supaya tidak terjadi salah persepsi antara kedua belah pihak. Pastikan kamu harus memperhatikab hal - hal teknis dengan matang dan mempertimbangkan segala resiko ya.

See You On Top!

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun