Hai Kompasianers! Kamu ingin tahu bagaimana cara menjadi pendengar yang baik saat diskusi bisnis? Â Ada 3 cara, yaitu dengan Simak, Tanya, dan Konfirmasi. Berikut penjelasan rinci versi penulis, supaya tidak jadi salah persepsi antara kedua belah pihak:
1. Simak
Kamu wajib fokus 100% untuk mendengar serta menyimak apa yang sedang disampaikan lawan bicara. Kamu juga harus menyiapkan kertas dan pulpen untuk mencatat hal - hal apa saja yang masih belum dimengerti dan dipahami. Â Biasanya, yang disampaikan lebih terkait teknis seperti harga penawaran, detail produk, serta profil perusahaan. Hal yang harus kamu hindari yaitu bermain gadget saat lawan sedang memaparkan materi.Â
2. Tanya
Wajib bertanya supaya kamu terlihat penasaran oleh rekan bisnis. Hindari close question yaitu pertanyaan yang mempunyai jawaban ya atau tidak serta terbatas seperti "apakah", "berapakah","siapakah". Gunakan open question yaitu pertanyaan yang mempunyai jawaban penjabaran panjang seperti "kenapa","bagaimana","jelaskan".  Saat mereka menjelaskan, pastikan kamu menyimak dan mencatat ya.
3. Konfirmasi
Bertujuan untuk menyeragamkan hasil sesi tanya jawab antara kamu dengan rekan bisnis. Hal tersebut wajib dilaksanakan untuk meminimalisir permasalahan yang akan terjadi dikemudian hari. Apabila ada hal yang masih belum seragam, maka kamu harus menemukan jalan tengah nya saat itu juga. Namun apabila sudah seragam, maka kesepakatan bisnis sudah dapat dilanjutkan ke tahap penandatanganan MOU atau surat kerjasama.
Nah, berikut urutan menjadi pendengar yang baik, supaya tidak terjadi salah persepsi antara kedua belah pihak. Pastikan kamu harus memperhatikab hal - hal teknis dengan matang dan mempertimbangkan segala resiko ya.
See You On Top!
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H