Industri Game di Indonesia
Perkembangan industri game meningkat dengan sangat pesat secara global diikuti oleh peningkatan pangsa pasar yang signifikan dalam ekonomi kreatif. Bahkan, jumlah pendapatan pada industri game di Indonesia selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya. Di lansir dari kontan.co.id, Statista melakukan proyeksi yang menyebutkan bahwa industri game di Indonesia dapat mencapai pendapatan hingga 367 juta dolar dengan perkiraan sekitar 192,1 juta pemain game pada tahun 2025. Hal ini menggambarkan minat masyarakat Indonesia yang semakin besar terhadap industri game.
Berbagai pasar dan peluang kerja yang segar dan baru terbuka karena industri game. Pasar yang dimaksud seperti gaming hardware, gaming networks, mobile games, video gim fisik, download games, gaming live streaming, in-game advertising, hingga online games. Pasar-pasar ini yang membuat ekosistem pada industri game semakin meluas dan semakin kokoh.Â
Dengan demikian, muncul pekerjaan-pekerjaan baru dalam industri ini, seperti game developer, game designer, game producer, professional gamer, streamer, gaming content creator, game reviewer, hingga game journalist. Game journalist sama seperti jurnalis pada umumnya. Namun, perbedaan yang terlihat adalah game journalist berfokus pada perkembangan industri game, seperti menulis ulasan, meliput berita game, wawancara tokoh pada industri game, pelaporan turnamen eSports, dan sejenisnya demi memenuhi kebutuhan media yang fokus pada industri ini.
Gamebrott: Media Game di Indonesia
Platform media menjadi salah satu tempat bagi para komunitas gamer untuk berdiskusi dan berinteraksi mengenai perkembangan pada industri game, secara lokal maupun global. Salah satu media yang memiliki fokus utama sebagai portal berita dan informasi mengenai game di Indonesia adalah Gamebrott. Gamebrott merupakan salah satu media yang didukung oleh Game Media Asia, sebuah jaringan media yang memiliki cakupan cukup besar di Asia.Â
Saluran media utama Gamebrott adalah situs web, di mana mereka mempublikasikan berita, artikel, ulasan, hingga panduan terkait game. Selain itu, Gamebrott juga menggunakan beberapa saluran media lainnya, seperti YouTube, Instagram, X (dulunya Twitter), dan Facebook. Setiap saluran media digunakan oleh Gamebrott dengan cara yang kurang lebih sama, tetapi menggunakan gaya yang berbeda-beda sesuai dengan saluran media yang dipakai.
Gamebrott: Tim di Balik Layar
Gamebrott sebagai salah satu media yang memproduksi berita-berita yang berkaitan dengan industri game ini juga memiliki struktur tim. Tim ini lah yang mengurus dan mengelola Gamebrott agar bisa mendukung "daily operational" media game ini. Dalam laman "about us" pada situs web Gamebrott, terdapat susunan tim pada media ini. Laman ini tidak menunjukkan hierarki kedudukan secara langsung, tetapi hanya menyebutkan posisi dari setiap anggota timnya.Â
Posisi-posisi pada tim manajemen media Gamebrott terdiri dari CRO (Costumer Relation Officer), Country Head, Business Development Manager, General Relations Officer, Video Editor, Editor, Content Creator, Content Writer, Social Media Admin, Number Magician, Eternal Content Creator, dan Founder (juga sebagai "Former CEO"). Tim manajemen ini memastikan setiap aspek operasional Gamebrott berjalan dengan baik.
Pengelolaan Konten
Di salah satu saluran media Gamebrott, situs web, Gamebrott mengelola konten-kontennya berdasarkan beberapa kategori yang mengikuti trend konten dalam industri game, seperti kategori berita, review game, konten listicle (konten yang disajikan dalam bentuk daftar atau urutan game), konten berdasarkan platform (moblie, PC, dan game console), teknologi yang berkaitan dengan game, konten berdasarkan game-game populer, dan lain-lain. Laman utama pada situs web Gamebrott menampilkan top news (berita teratas), latest news (berita terkini), hingga space iklan yang disediakan oleh Gamebrott bagi para pemasang iklan.
Peran Gamebrott dalam Masyarakat
Gamebrott secara aktif membentuk opini publik melalui pemilihan topik yang relevan dengan minat komunitas gamer. Mereka sering kali mengangkat isu-isu terkini dalam industri game, seperti peluncuran game baru, kontroversi dalam pengembangan game, hingga perkembangan teknologi dalam dunia gaming. Namun, sudut pandang yang disajikan cenderung lebih condong pada perspektif gamer kasual, sehingga tidak selalu mencakup berbagai aspek kompleks dari suatu isu. Walaupun demikian, pengaruh Gamebrott terhadap opini publik cukup signifikan, terutama di kalangan remaja dan dewasa muda yang menjadi target audiens utama mereka. Misalnya, ulasan positif mereka terhadap sebuah game sering kali menjadi faktor penentu bagi banyak orang untuk membeli dan memainkan game tersebut.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H