Mohon tunggu...
muhamad habibi
muhamad habibi Mohon Tunggu... Guru - guru bahasa sekolah

Guru bahasa dan penulis artikel tentang pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice Bahasa Inggris Telling Time

3 Desember 2022   14:08 Diperbarui: 3 Desember 2022   14:37 446
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

LK 3.1 Menyusun Best Practices Aksi 4


Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

Lokasi         SDIT AL ITQON Balaraja, Tangerang

Lingkup Pendidikan       Kelas VI, jumlah siswa 22 terdiri dari 10 laki-laki dan 12 perempuan

Tujuan yang ingin dicapai       Dengan menerapkan pendekatan saintifik dengan metode Problem Based Learning dan Project Based Learning siswa mampu mengucapkan, mengidentifikasi, memberi contoh, menggunakan, membandingkan, memberi argumen dan membuat proyek tentang telling time dengan tepat

Penulis       Muhamad Habibi, S.Pd

Tanggal       21 dan 23 November 2022

Situasi:

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

         1.      latar belakang masalah

-        Masih terjadi miskonsepsi pada penulisan dan penyebutan hari,tanggal dan tahun

-        Masih terjadinya miskonsepsi pada ordinal dan cardinal number sehingga siswa bingung dalam menulis angka yang tepat secara tulisan.

-        Metode guru yang konvensional dan belum mampu menguasai kelas dan metode yang membosankan. Sehingga untuk menangani hal tersebut perlu ada pengubahan metode dan pengkondisian kelas agar semua aktif perlu ada metode yang membuat semua siswa berperan aktif dalam pembelajaran

2.      Pentingnya praktik untuk dibagikan

-        Sebagai bahan acuan atau alternatif dalam mengajar bahasa inggris khususnya dalam materi telling time

3.      Peran dan tanggung jawab

-        Sebagai guru, ada rasa kepedulian dan tanggung jawab terkait mencari solusi dari masalah belajar yang dihadapi siswa, karena sebagai fasilitator bagi mereka dalam belajar, serta mencari sumber-sumber lain dalam mendukung solusi seperti penggunaan TPACK, PBL dan PJBL) dari masalah-masalah yang dihadapi siswa

Tantangan :

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

         1.      Tantangan

-        Sinyal hostpot mengalami kendala, kadang hostpot tiba-tiba menghilang atau nonaktif sendiri, sehingga kami kesulitan menayangkan materi pada zoom.

-        Durasi pembuatan projek yang terlalu lama sehingga waktu presentasi dan waktu mengajar PJBL habis hanya dengan pada tahap membuat proyek saja.

-        Kurangnya kosa kata Bahasa Inggris sehingga beberapa siswa belum mengerti dari materi atau instruksi yang diberikan guru

2.      Pihak yang terlibat

-        Siswa kelas VI

-        Guru Bahasa Inggris

Aksi :

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

         -        Hal yang akan saya lakukan dalam menghadapi tantangan tersebut yaitu, perlu tambahan device atau mencari masalah hostpot yang tiba-tiba non aktif sendiri

-        Mengarahkan dan memberi batasan waktu secara tegas agar siswa mampu membuat proyek sesuai waktu yang ditentukan

-        Sebelum proses kegiatan belajar mengajar (KBM) mengarahkan siswa untuk menghafal beberapa kosa kata dan membawa kamus Bahasa Inggris-Indonesia atau Indonesia-Inggris

Refleksi Hasil dan dampak

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

         1.      Dampak dari aksi

-        Jika perangkat pembelajaran berjalan secara lancar maka pembelajaranpun akan maksimal dalam mencapai tujuannya

-        Jika waktu yang ditentukan sesuai dengan pada proses pembelajaran, maka waktu akan digunakan secara efisien tidak hanya fokus pada satu tahap pembelajaran melainkan semua tahap pembelajaran tercapai atau terpenuhi

-        Siswa dapat menambah kosa kata bahasa Inggris serta berdiskusi bersama temannya menjadikan student center untuk belajar, sehingga teman lainnya mendapatkan pemahaman materi dari hasil diskusi bersama serta siswa secara mandiri mencari makna dari kamus yang mereka miliki

2.      Faktor keberhasilan

-        Proyektor, laptop, sinyal, sound system dan microphone wireless berfungsi dengan baik

-        Pelaksanaan ppl aksi ke 4 ini siswa mulai terbiasa dan guru mulai terbiasa juga dengan alur pembelajaran

-        Aksi ke 4 ini lebih sedikit masalah yang ada karena sudah diantisipasi dan belajar dari aksi-aksi sebelumnya

3.      Pembelajaran dari keseluruhan proses

-        Setiap proses pembelajaran pasti memiliki kendala/masalah namun kita harus evaluasi terus untuk kedepan dapat lebih baik lagi agar tercapai tujuan pembelajaran yang kita harapkan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun