Guru adalah figur yang sering menjadi sorotan utama dalam dunia pendidikan.karena memegang fungsi dan peranan penting dan juga merupakan komponen yang paling menentukan dalam sistem pendidikan secara keseluruhan.guru juga sangat menentukan keberhasilan peserta didik,terutama dalam kaitannya dengan proses dan hasil belajar-mengajar di ruang kelas.guru menjadi kreator dan penentu dalam usaha terciptanya proses dan hasil belajar yang berkualitas.Â
Guru yang berkualitas adalah orang yang memiliki kemampuan dan keahlian khusus dalam bidang keguruan sehingga ia mampu melakukan tugas dan fungsinya sebagai guru dengan kemampuan maksimal.dengan kata lain guru yang berkualitas adalah orang yang terdidik dan terlatih dengan baik serta memiliki pengalaman yang kaya dalam bidangnya.yang di maksud dengan terdidik dan terlatih bukan hanya memiliki pendidikan formal saja tetapi juga harus menguasai berbagai strategi atau teknik dalam KBM (kegiatan belajar-mengajar) serta landasan-landasan kependidikan seperti yang tercantum dalam kompetensi guru.
Kriteria guru yang berkualitas secara umum,adapun persyaratan guru dapat dikatakan berkualitas harus memiliki persyaratan antara lain:
- Memiliki bakat sebagai guru
- Memiliki keahlian sebagai guru
- Memiliki keahlian yang baik dan berintegrasi
- Memiliki mental yang sehat dan berbadan sehat
- Memiliki pengalaman dan pengetahuan yang luas
- Mengamalkan jiwa pancasila terhadap pendidik
- Memiliki kepribadian yang matang dan berkembang.
Upaya-upaya untuk meningkatkan kualitas guru antara lain :
A.Dari pihak kepala sekolah
  1.menaikkan upah dan gaji guru
    Dengan menaikkan gaji guru maka dapat meningkatkan kesejahteraan guru akibatnya guru dapat lebih focus dan lebih bertanggung jawab dalam pekerjaan sebagai tenaga pengajar,guru tidak usah mencari kerjaan lagi untuk menambah nafkah keluarganya itu dapat mempengaruhi kinerja guru.
  2. mengurangi beban guru dari tugas-tugas administrasi
    Sebaiknya tugas-tugas administrasi yang selama ini membebani guru.seharusnya di buat tim untuk mengurus administrasi karena guru sudah di bebani dengan mengajar setiap harinya di kelas.
  3. pelatihan dan sarana
    Lembaga-lembaga diklat (PPD dan BPG) dilingkungan Depdiknas perlu di optimalkan dalam fungsi dan tugas pokonya masing-masing.dalam meningkatkan mutu guru pemerintah mengadakan pembekalan materi terhadap guru agar dapat meningkatkan efektifitas mengajar.
   4. memiliki kesatuan atau organisasi
     Suatu profesi perlu memiliki kesatuan atau organisasi profesi lembaga yang berfungsi sebagai lembaga pengendali keseluruhan profesi yang lebih baik dan secara mandiri maupun secara bersama-sama dengan pihak relevan.
   5. memberikan penghargaan atau sanksi hukuman (reward atau punishment)
     Dalam hal ini guru tidak sewenang-wenang dalam kinerja kerjanya dilembaga sekolah.guru selalu dipantau oleh kepala sekolah terutama sebagai pengawas di sekolah,bisa saja kalau guru itu baik dalam segi apapun maka akan di beri penghargaan kalau guru tersebut jelek dalam segi apapun maka akan di berikan sanksi hukuman dari pengawas tersebut.
B. Dari pihak pemerintah
   1. standardisasi kompetensi guru
     Adalah suatu ukuran yang di tetapkan bagi seorang guru dalam menguasai seperangkat kemampuan agar berkelayakan menduduki salah satu jabatan fungsional guru,sesuai bidang tugas dan jenjang pendidikannya.
   2. penghargaan terhadap guru
Selama hari ini guru belum memperoleh penghargaan yang memadai dari pemerintah.pemerintah terus berexplorasi kepada guru untuk mencari guru yang teladan,lomba kreativitas guru,guru berprestasi dan lain-lain.meskipun seperti itu ada istilah bahwasannya "guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa"dari berbagai perspeksi dari kalangan masyarakat banyak yang melecehkan daripada menghargai.pemerintah harus adil,demokrasi,serta non-diskriminatif dengan semua elemen yang terkait dalam lembaga pendidikan terutama juga dengan tenaga pengajar yang ada di dalamnya.
Dari sinilah penulis dapat mengambil kesimpulan dalam pernyataan tersebut bahwasannya guru yang berkualitas dapat meningkatkan mutu pendidikan yang ada dalam lembaga itu sendiri.dan juga dapat menciptakan siswa-siswi yang berkualitas dalam segi prestasi dan akhlak baik akademik maupun non akademik.penulis mengajak pembaca untuk bersama-sama dalam mendukung program pemerintah yang di peruntukkan kepada guru khusunya.hanya dalam hal ini pemerintah membutuhkan partisipasi dari kalangan masyarakat Indonesia dalam meningkatkan kualitas guru di indonesia.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H