Mohon tunggu...
Muashofa Efida
Muashofa Efida Mohon Tunggu... Guru - Guru

Saya adalah seorang guru yang menekuni kepenulisan.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Gass Ekspedisinya, JNE Menggenggam Dunia!

28 Juni 2024   23:49 Diperbarui: 28 Juni 2024   23:55 82
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://ekonomi.bisnis.com/

Paket....

Apa yang terbesit di pikiran tatkala mendengar kata itu? JNE. Ya, ekspedisi JNE menjadi pionir tatkala online shop mulai berkembang di Indonesia. 

Teknologi mendisrupsi segala aspek kehidupan termasuk perilaku konsumen. Masyarakat primitif pada zaman pra aksara mengenal proses jual beli melalui barter. Bergeser menuju zaman aksara pada masyarakat tradisional, proses jual beli dilakukan secara langsung dengan menggunakan mata uang. 

Beda halnya ketika digitalisasi merambah zaman aksara, masyarakat mulai beralih menuju proses jual beli yang memanfaatkan kecanggihan teknologi. Online shop menjadi pilihan manusia modern dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Online shop tak hanya praktis dalam proses transaksinya, namun mampu menyajikan produk yang bervariatif. 

Migrasi barang dari seller ke konsumen tentu membutuhkan jasa ekspedisi. JNE telah setia dan semangat selama 33 tahun lamanya dalam menemani proses pengiriman barang. Tak bisa dipungkiri bahwa inovasi yang dihadirkan JNE mampu memberikan terobosan dan kemudahan dalam bertransaksi secara virtual.

Inovasi JNE

JNE merupakan perusahaan ekspedisi yang terbesar di Indonesia. Tak lain JNE adalah akronim dari PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir. Jangkauan distribusi JNE meliputi 83.000 kota, kabupaten, desa, dan pulau terluar.

JNE yang telah berdiri sejak 26 November 1990 memiliki visi "Menjadi Perusahaan Logistik Terdepan di Negeri Sendiri yang Berdaya Saing Global". Sedangkan misinya yaitu Untuk Memberi Pengalaman Terbaik Kepada Pelanggan Secara Konsisten.

JNE tak henti-hentinya  melakukan inovasi guna pelayanan terbaik dan unggul dalam dunia logistik. Tak diragukan lagi bahwa sepak terjang JNE mampu mendongkrak dunia logistik di Indonesia bahkan mancanegara. Hal ini sangat jelas terlihat dari pencapaian yang telah diraih oleh JNE.

Jelang usia 33 tahun, yaitu tepatnya pada 9 November 2023, JNE mendapat anugerah inovasi digital. Penghargaan ini diraih dalam event Indonesia Digital Ecosystem Summit (IDES) 2023, yang diselenggarakan oleh SWA Media Group.

JNE dinilai memenuhi kualifikasi perusahaan logistik yang menawarkan produk berbasis digital dengan melibatkan beberapa komponen yang telah berjalan minimum enam bulan serta berdampak positif pada perkembangan bisnisnya.

JNE mengusung semangat Connecting Happiness dalam setiap program perusahaan. Hal ini dibarengi dengan prinsip berbagi, memberi, dan menyantuni sehingga mampu membawa manfaat bagi kehidupan karyawan dan masyarakat.

Menengok kembali perjalanan JNE dalam melakukan perubahan untuk bisnis logistik, ada beberapa inovasi yang telah dilakukan oleh JNE. Inovasi ini tidak hanya terkait produk yang dihasilkan melainkan juga pelayanannya.

Pada tahun 2022, JNE merilis Roket Indonesia, yaitu layanan kurir instan berbasis aplikasi yang memungkinkan pengiriman dalam waktu 1 jam. Pada tahun 2020, JNE merintis pembangunan pusat sortir otomatis berskala besar yang disebut sebagai Mega Hub di Bandara Mas, Cengkareng, Tangerang.

Pada tahun 2017, JNE membangun e-fulfillment,  yang bertujuan untuk membantu pelaku UMKM dalam mengembangkan produk dan marketing digital. Disini aktivitas logistiknya ditangani oleh JNE, mulai dari manajemen barang, stok, sortir, packing, dan pengiriman.

Lebih jauh lagi di tahun 2014, JNE meluncurkan My JNE, aplikasi berbasis android yang memungkinkan customer untuk mengecek tarif kiriman, posisi kiriman, serta lokasi counter terdekat.

Inovasi JNE terus mengalami perkembangan dari tahun ke tahun. Produk jasa pengirimannya tidak hanya tertuju pada pengiriman barang yang bisa bertahan dalam jangka waktu 24 jam, seperti layanan JNE YES, reguler, atau OK. Namun, JNE memberikan inovasi pada produk pengiriman Air Susu Ibu (ASI) yang dikemas dalam produk JESIKA (Jemput ASI Seketika).

Keberadaan JESIKA tentu menjadi angin segar bagi ibu-ibu menyusui. Jadi, ibu-ibu yang sedang menyusui tak perlu khawatir tidak bisa memberikan ASI eksklusif. JNE hadir untuk mendukung program ASI eksklusif dan mengusir kegalauan ibu-ibu pekerja yang sedang menyusui bayinya.

Inovasi-inovasi yang telah dilahirkan oleh JNE tentu semakin mengembangkan bisnis logistik di Indonesia. Hal ini juga sangat berdampak pada perkembangan ekonomi Indonesia serta mobilitasnya.

Pelayanan Prima JNE

Setiap perusahaan tentu memiliki program pelayanan sebagai wujud kepedulian kepada konsumen. Pelayanan menjadi strategi utama dalam pemasaran supaya bisa meningkatkan dan mempertahankan jumlah pelanggan. Pelayanan yang dimaksud bukan hanya sekedar pelayanan biasa, namun dalam bentuk pelayan prima.

Pelayanan prima bisa didefinisikan sebagai pelayanan yang sangat baik, artinya pelayanan tersebut mampu memberikan kepuasan kepada pelanggan. Hal ini mencakup kemampuan yang dimiliki, yaitu terkait pengetahuan dan keterampilan dalam bidang kerjanya serta komunikasi dengan pelanggan. Berikutnya yaitu terkait sikap selama melayani pelanggan harus mencerminkan sikap santun, ramah, dan peduli.

Bentuk pelayanan prima yang lainnya yaitu perhatian terhadap apa yang dicari dan diinginkan pelanggan, serta mampu memahami saran dan kritik yang diberikan oleh pelanggan. Berikutnya yaitu tindakan nyata dalam melakukan pelayanan prima kepada pelanggan serta bertanggung jawab.

JNE sebagai Top Brand perusahaan ekspedisi menjalankan pelayan prima untuk kepuasan pelanggannya. JNE menawarkan layanan pengiriman cepat seperti "JNE YES" yang menjamin pengiriman paket dalam waktu singkat, baik dalam kota maupun antar kota. JNE memberikan perhatian khusus pada pengemasan barang. Mereka menggunakan bahan kemasan yang aman dan kokoh untuk memastikan barang tidak rusak selama proses pengiriman.

JNE menyediakan sistem pelacakan online yang memungkinkan pelanggan untuk memantau status pengiriman paket secara real-time. Hal ini memberikan transparansi dan kepastian kepada pelanggan terkait lokasi dan perkiraan waktu sampai.JNE menyediakan berbagai jenis layanan pengiriman sesuai dengan kebutuhan pelanggan, seperti pengiriman reguler, express, dan cargo. Pelanggan dapat memilih layanan yang sesuai dengan budget dan kecepatan pengiriman yang diinginkan.

JNE memiliki sistem untuk menangani keluhan atau masukan dari pelanggan dengan cepat dan efektif. Mereka memberikan respons yang tepat waktu terhadap setiap masukan atau keluhan yang diterima.JNE memiliki tim customer service yang terlatih untuk memberikan bantuan dan informasi kepada pelanggan secara profesional dan ramah.

JNE mengutamakan keamanan dalam proses pengiriman paket. Mereka memiliki prosedur dan kontrol ketat untuk memastikan paket tetap aman dari pencurian atau kerusakan. JNE terus mengembangkan sistem teknologi informasi untuk meningkatkan efisiensi operasional dan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik kepada pelanggan.

Karyawan JNE memiliki pengetahuan yang baik tentang semua produk dan layanan yang ditawarkan, memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dengan pelanggan dalam kegiatan pelayanan. Karyawan JNE selalu bersikap ramah dan tersenyum ketika melayani pelanggan, selalu cepat dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan. Karyawan JNE selalu berpenampilan bersih, rapi dan menarik pada saat melayani pelanggan, selalu berseragam dan berpenampilan sesuai pada saat melayani pelanggan.

Karyawan JNE selalu memberikan perhatian terhadap semua kebutuhan pelanggan, menanggapi semua saran, kritik dan keluhan yang disampaikan oleh pelanggan, bekerja tanpa kesalahan pada saat melayani, selalu mengucapkan terima kasih kepada pelanggan. Tanggung jawab karyawan JNE dalam hal kebenaran transaksi dapat dipercaya, dan bertanggung jawab dalam menindaklanjuti keluhan pelanggan.

Bentuk nyata pelayanan prima yang ditawarkan oleh JNE tentu akan memberikan kepuasan pada pelanggan. Hal ini tentu juga akan mampu mempertahankan posisi JNE sebagai Top Brand pada bidang ekspedisi. Tak salah apabila JNE akan mampu menggenggam dunia ekspedisi, baik dalam maupun luar negeri.

Sumber: jne.co.id

#JNE #ConnectingHappiness #JNE33Tahun #JNEContentCompetition2024 #GassTerusSemangatKreativitasnya

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun