A. Latar Belakang
Sebagai seorang pemimpin pembelajaran harus memahami bagaimana pengambilan keputusan yang tepat dengan berbegai pertimbangan yang tidak hanya dilihat dari satu aspek atau pihak saja. Akan tetapi yang pasti dan juga dilakukan oleh seorang guru, bahwa dalam setiap pengambilan keputusan harus berpihak pada murid. Yang tentu saja mempertimbangkan nilai-nilai universal yang berlaku dan berkembang di masyarakat.
Seorang guru berada di garda terdepan dalam mensukseskan program Pendidikan harus benar-benar memahami dengan selalu focus pada kepentingan dan pengembangan potensi murid. Dalam setiap pengambilan keputusan harus benar-benar dilakukan secara bertanggung jawab. Tanggung jawab terhadap keputusan yang diambil sangat penting karena dalam mengambil keputusan pastinya telah memperhatikan 4 paradima, 3 prinsip dan 9 langkah pengambilan keputusan dan pengujian keputusan pada situasi dilema etika.
B. Tujuan
Aksi nyata ini dilakukan dengan tujuan:
1.Penerapan pemahaman dan pengetahuan yang didapat selama mempelajari paket modul modul 3.1 tentang Pengambilan Keputusan sebagai Pemimpin Pembelajaran, baik dalam pembelajaran kepada murid maupun melaksanakan tugas lainnya.
2.Menjadi praktik baik yang diharapkan bisa ditiru oleh rekan sejawat (guru lainnya).
3.Memberikan pelayanan yang optimal kepada murid melalui pengambilan keputusan yang berpihak kepada murid.
4.Membantu guru dan murid untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi dengan meningkatkan efektifitas komunikasi dan kolaborasi sesama guru, murid dan juga dengan orang tua/wali murid, serta optimalisasi peran wali kelas.
5.Menunjukkan dan meningkatkan kepedulian serta pelayanan kepada murid yang harus ditingkatkan, namun juga kualitas tetap terjaga.