Mohon tunggu...
Muhammad Syahid Sirih
Muhammad Syahid Sirih Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Mahasiswa Sosiologi Universitas Negeri Makassar

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Konsep Komunikasi Sosial Komunitas Vespa

17 Mei 2022   23:58 Diperbarui: 18 Mei 2022   00:04 693
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

 Nur Widya Akhsari. T  Mahasiswa Sosiologi Univesitas Negerei Makassar 

Komunikasi adalah istilah komunikasi berasal dari bahasa latin communicatio, yang bersumber dari kata komunis yang berarti sama. Sama disini maksudnya adalah sama makna, jadi komunikasi dapat terjadi apabila terdapat kesamaan makna mengenai suatu pesan yang disampaikan oleh komunikator dan di terima oleh komunikan.

komunikasi merupakan suatu elemen yang sangat di butuhkan dalam berlangsungnya kehidupan manusia. Komunitas dapat juga dipandang sebagai interaksi dalam struktur sosial yang berdiam pada lokasi yang berbeda atau mungkin dipersatukan oleh kepentingan atau nilai-nilai yang sama, seperti komunitas seniman, komunitas pekerja, komunitas pendidikan, komunitas pecinta otomotif dan sebagainya.

Dalam kehidupan sehari-hari, komunikasi merupakan suatu tindakan yang memungkinkan kita mampu menerima dan memberikan informasi atau pesan sesuai dengan apa yang kita butuhkan. 

Secara teoritis, tindakan komunikasi berdasarkan pada konteks terbagi menjadi beberapa macam, yaitu konteks komunikasi interpersonal, komunikasi intrapersonal, komunikasi kelompok, komunikasi organisasi, dan komunikasi massa.  

Dewasa ini maraknya kembali pengguna motor vespa di berbagai kalangan dapat dilihat diberbagai kota ataupun desa, tentu dalam menjaga kelestarian kelompok ini sangat memerlukan komunikasi agar tetap hidup dan terjaga. 

Komunikasi kelompok Menurut Morissan, (2009: 141) adalah proses sebagai instrumen yang digunakan kelompok untuk mengambil keputusan dengan menekankan hubugan antara kualitas komunikasi dan kualitas keluaran (output) kelompok. 

Sebuah kelompok akan terbentuk karena memiliki visi misi yang, bermanfaat bagi masyarakat, dan dakui dalam eksistensiannya sehingga dalam terwujudnya hal tersebut itu tergantu pada individu-individu yang ada dalam komunitas tersebut.

Scooter secara umum adalah jenis sepeda motor dengan ciri khas rangka yang menjadi satu dengan body (monocoque) sehingga pengendara memiliki platform khusus untuk meletakan kaki. Dalam komunitas scooter ini menggunakan merk Vespa dari perusahaan Piaggio. 

Komunitas adalah sebuah kelompok sosial dari beberapa organisme yang berbagi lingkungan, umumnya memiliki keterikatan dan habitat yang sama. 

Dalam komunitas manusia, individu-individu di dalamnya dapat memiliki maksut, kepercayaan, sumber daya, preferensi, kebutuhan, risisko dan sejumlah kondisi lain yang serupa. 

Pola yang dibentuk pada pengguna vespa ini melahirkan konsep komunikasi yang sangat erat sehingga dalam kacamata sosiologi di anggap bahwa pengguna vespa memiliki solidaritas yang sangat kuat (mekanik).

Solidaritas menurut emile Durkheim bahwa kesetiakawanan yang menunjukkan pada suatu keadaan hubungan antara individu dan atau kelompok yang didasarkan pada perasaan moral dan kepercayaan yang dianut bersama yang diperkuat oleh pengalaman emosional bersama. 

Dalam konsep teori solidaritas ada 2 jenis solidaritas yakni mekanik, dan organic menurut Durkheim Solidaritas mekanik adalah kesadaran kolektif yang berlaku disuatu masyarakat yang tanpa protes memenuhi sebuah aturan, norma, atau kepercayaan yang sama. 

Sedangkan George Ritzer menjelaskan dalam karyanya (2012) bahwa solidaritas organik lahir dari perbedaan para anggota suatu komunitas, masyarakat, atau kelompok. Solidaritas organik terjadi karena adanya tugas-tugas dan tanggung jawab yang berbeda.

Solidaritas pada komunitas vespa bisa dilihat ketika pengendara vespa memiliki kendala di jalan, dan ketika di temui pada komunitas vespa lainnya sudah tentu akan di tolongnya. Sebab yang di genggam erat pada komunitas vespa KITA BERSAUDARA. Solidaritas dari masing-masing pengguna vespa, akan menjadi suatu ikatan tanggung jawab dalampengguna vespa. menjadi suatu ikatan tanggung jawab dalam kelompok. 

Tanggung jawab dalam arti sederhana bisa dimaksudkan sebagai saat dimana dalam sebuah kelompok itu ada individu yang sakit, maka individu yang lain ikut merasakannya. Konsep komunikasi yang di bangun pada pengguna vespa yakni mengedepankan rasa kekeluargaan sehingga masyarakat juga mengakui eksistensi para pengguna motor vespa.

Berdasarkan literatur yang peneliti pelajari bahwa didalam sebuah kelompok sering terjadi pertukaran pesan dan pertukaran pesan tersebut dilakukan melalui pola komunikasi.

Pola komunikasi merupakan proses komunikasi dalam menyampaikan sebuah pesan dari anggota satu kepada anggota lain didalam suatu kelompok. Komunitas pengguna vespa melakukan suatu pola komunikasi untuk mempertahankan solidaritas kelompoknya, karena dengan menjalin suatu hubungan yang baik dan solid diperlukan komunikasi yang efektif.  

Selain dari solidaritas yang erat pengguna vespa juga tidak memiliki siat individual artinya bahwa semua dikerjakan bersamaan, (berkelompok). Sebuah komunitas vespa ini tidak membatasi gerakannya selagi menguntungkan bagi dirinya dan juga masyarakat,  juga  pola relasi baik antara pengurus maupun antara anggota baik dalam maupun di liar komunitas itu sendiri tidak terjadi pembatasan.

Disisi lain masyarakat kadang punya pandangan negatif terhadap Komunitas vespa yang banyak di temukan di kota-kota besar juga masih di pandang sebagai komunitas yang kurang kerjaan missal pada pembokaran aksesoris motor, pandangan negative masyarakat  bahwa pengguna vespa tidak sopan dalam berpakaian, memakai celana sobek dan rambut di gimbalkan. Namun di balik cash yang komunitas vespa perlihatkan ada niat dan nama baik yang mereka bawa. 

Ada sifat kekeluargaan yang mereka rawat da nada solidaritas yang mereka genggam. Masyarakat yang berpandangan negative pada pengguna vespa masih menggunakan kaca mata kuda dalam melihat komunitas tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun