Mohon tunggu...
Mr WinG
Mr WinG Mohon Tunggu... Freelancer - guru

bersepeda

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Siapa Saja Peserta Lomba E-sport pada OTN VI 2024?

8 Oktober 2024   14:42 Diperbarui: 8 Oktober 2024   16:07 636
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Pada ajang Olimpiade TIK-Informatika (OTN) ke-VI tahun 2024 yang diselenggarakan di ICE BSD pada tanggal 30 Oktober hingga 3 November, banyak peserta dari berbagai daerah mendaftarkan siswa mereka untuk berpartisipasi dalam berbagai cabang lomba, termasuk lomba E-Sports yang diikuti oleh tim dari tingkat SMP, SMA, SMK, dan MA.

  1. Achmad Subhi Amirul Hakim dari MTs Ma'arif Gondang di Wonosobo, Jawa Tengah, mengirimkan tim E-Sports yang terdiri dari Zahid Hakiki, Akbar Muzafar, Tegar Dwi Hakiki, Rafeldi Ryan Rabowo, dan Zuraisya Arya Shofan. Ia menyatakan bahwa langkah ini bertujuan memajukan peradaban dan mempermudah kehidupan. 

  2. Akbar Fichriansyah dari SMPN 21 Jakarta Utara juga mendaftarkan timnya yang beranggotakan Rakha Rizky Pratama, Fahri Wirahadi Kusuma, Andi Fahrezi, Muhammad Zaidan Dzikrulloh, dan Luthfi Adly Firmansyah, dengan tekad yang mantap untuk bertanding.

  3. Dari Bandung, Ardiansyah Maulana Putra mewakili SMP Habibi Bina Cendikia dengan dua tim. Tim pertama terdiri dari Khoirul Azryl Maulana, Muh Khotami Azril, Ilham Syafyal Faqih, Syahdan Pebrian Pratama, dan Fauzan Zulfikar, membawa slogan "Informatika Bermain dalam Terang". Tim kedua terdiri dari Rizqi Akbar Wahyudin, Radithya Bramanthyo, Dani Dwi Andriyus, Nadiej Alawy Haslah, dan Muhammad Rizky Fauzi, dengan semangat "Informatika GIAT!".

  4. Aris Fajarisman dari SMKS Daarussalaam Cibaraja, Sukabumi, mengirimkan tim yang beranggotakan Agisna, Hasbi, Asep, Wildan, dan Alif, dengan pernyataan bahwa informasi membuat dunia berbeda. 

  5. Dannix Aprildat, S.Pd dari SMP PGRI 2 Ciledug di Tangerang, mengirimkan tim E-Sports yang terdiri dari Hasbi Shohib Kahfi, Arfan Ananda Jeriyus, Muhammad Rizki Alifa, Rizky Ramadhan, dan Raja Bun, dengan pernyataan "IT IS COMFORTABLE".

  6. Dika Permaeswari, S.Pd dari SMPN 16 Kota Tangerang, mendaftarkan tim yang beranggotakan Danendra Galih Abdillah, Raja Putra, Ahmad Ghazi Alfattah, Septian Ahmad Fahrezi, Delvin Leonard, dan Raditya Pradana, menyatakan bahwa mereka siap bertanding dengan penuh kebahagiaan dan makna. 

  7. Dari SMP Telkom Purwokerto, Eka Setiawan, S.Pd membawa tim yang terdiri dari Prabu Gemilang Arkananta, Galih Eka Nur Syarif, Naufal Azka Ilhami, Juan Iqbal Abiya, Rafa Samaradhitya Budiharto, dan Ikraam Al Wahid Setyowibowo, dengan tekad yang mantap dalam kompetisi ini.

  8. Eva Purba dari SMP Cinta Rakyat 1, yang beralamat di Jalan Sibolga, Pematang Siantar, Sumatera Utara, telah mendaftarkan siswanya untuk mengikuti E-Sports. Tim yang ia bentuk terdiri dari Samuel Viro Hutabarat, Michael Satya Wira Wicaksana Sijabat, Francesko Marulitua Simarmata, Ramada Togu Sudiro Sirait, dan Joy Putra Goklas Sitindaon. Eva juga menyatakan pentingnya pelajaran Informatika, yang dianggap seru namun sangat bermanfaat bagi siswa. Selain itu, Eva Purba kembali mendaftarkan peserta lain, yaitu Yesaya Panjaitan, Marcho Sialagan, Marcelino, Marcel Manurung, Ronan Sinaga, dan Rafael Samosir. Ia kembali menekankan bahwa pelajaran Informatika adalah pembelajaran yang sangat menarik dan berharga. Dari SMP Cinta Rakyat 1, Eva Purba juga mendaftarkan tim yang terdiri dari Felix Sebayang, Elkana Bakara, Arlen Sirait, Cristian Simbolon, dan Ovber Siahaan. Mereka juga memiliki Judika Rajagukguk dalam daftar peserta. Eva menegaskan bahwa Informatika adalah pelajaran yang mengasyikkan dan perlu dipelajari.

  9. Gilang Ginanjar, S.T., dari SMPN 1 Cikembar, yang beralamat di Jalan Pelabuhan II KM 18, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, juga mendaftarkan tim E-Sports. Peserta yang terdaftar dalam timnya adalah Fernanda Catur Finisha, Dean Angga Saputra, Lanang Jaganata, M. Bayu Dwi Putra, dan Rafka Septrian. Gilang menekankan bahwa materi Informatika untuk kelas 7 sangat penting, terutama mengenai ketinggian.

  10. Gusti Muhammad Rafi'i dari SMK Media Informatika, beralamat di Jalan Lestari II No.99, Petukangan Selatan, Kota Jakarta Selatan, juga mendaftarkan siswa-siswinya untuk mengikuti E-Sports. Peserta dari sekolah ini adalah Prima Asadafa, Alun Nazha, Chandra Satya Nurussalaam, Naufal Zharif Shabrii, Prabu Agra Prana, dan Ahmad Fabian Barthez. Rafi'i menjelaskan bahwa pelajaran Informatika mengajarkan keterampilan penting dalam pemrograman dan pengolahan data untuk menyelesaikan masalah digital.

  11. Isti Wiska dari MTsN 16 Jakarta, yang beralamat di Jalan Gading Raya, juga turut mendaftarkan siswanya untuk E-Sports. Timnya terdiri dari Ridwan, Noval Mahbub, Al Fathir Hafidz Winandar, Kairo Azh Siraaj, dan Nabhil Achmad Yusuf Nurisyah, dengan Fahri Ramadhan sebagai cadangan. Isti menyatakan bahwa permainan yang mereka pilih sangat seru dan menarik bagi siswa.

  12. Jonno Trihandoko, S.Pd., dari SMP Negeri 1 Pakis, beralamat di Jalan Raya Sumber Pasir No. 18, Kabupaten Malang, Jawa Timur, juga mengikutsertakan siswanya. Tim yang didaftarkan terdiri dari Wahyu Qaissha Dwi Sampurno, Saur Gideon Simbolon, Muhammad Aryaguna Pratama, Rafif Triandra Ramadhani, dan Musa Wildan Alkayyis. Jonno menekankan bahwa Informatika hadir di sekitar kita dan relevan dengan kehidupan sehari-hari.

  13. Melinda Nurpuspita Dewi, S.Tr.Kom dari SMPN 1 Caringin, yang beralamat di RT.06/RW.01, Cimande Hilir, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, juga mendaftarkan siswanya untuk E-Sports. Peserta yang terdaftar adalah Septa Derma Julia, Ahmad Robani Jayadiningrat Nur Alam, Rasya Januar Ramdoni, Agnas Jevan Miko, Fathir Muhamad, dan Muhammad Fajriawan. Melinda menggarisbawahi bahwa Informatika merupakan pelajaran yang kompleks namun inovatif, dan sangat penting untuk perkembangan siswa di era teknologi ini.

  14. Di sebuah acara yang penuh semangat dan antusiasme, berbagai sekolah berkumpul untuk mengikuti kegiatan E-Sports. Febrianto dari SMPN 255 Jakarta, beralamat di Jl. Radin Inten II No.9, Duren Sawit, Jakarta Timur, mendaftarkan timnya yang terdiri dari Ibnu Raaziq Thahir Siregar, Athar Fathirrahman, Adit Trikurnia, Rio Adi Nugroho, dan Fikri Rafa Fauzi. Ia dengan bersemangat menjelaskan betapa serunya dunia informatika, di mana mereka belajar membuat program, bermain dengan kode, dan memahami cara kerja teknologi untuk menyelesaikan berbagai masalah di dunia digital.

  15. Selanjutnya, Muamar Raka Akbar dari SMPN 26 Depok, yang beralamat di Jl. Mangga No.26, Beji, Depok, mendaftarkan timnya yang terdiri dari Muhammad Farabi Ainur Rahman, Muhammad Rizky Aditya, Atha Rayaditya, Erlangga Diandra Putra Darma, dan Ghaisan Ali. Ia menyatakan bahwa pengalaman ini sangat modern dan menyenangkan.

  16. Dari MTsN 17 Jakarta, Muhamad Yusup, S.Kom, bersemangat mendaftarkan timnya, yang terdiri dari Azzam Daniyal Eshan, Rasya Raihan Fadillah, Araikal Harits Banyu Wardhana, Fawzi Arfan Firdaus, dan Ahmad Pragi Wakya. Ia menekankan bahwa pengalaman ini luar biasa.

  17. Muhammad Syamsul Huda dari SMPIT Darul Muttaqien, beralamat di Jalan Raya Parung Bogor, turut serta dengan tim yang beranggotakan Faiz Riandi Bahri, Arloncy Keanu Rizaldi, Benni Luckyto Febrian, Fahmi Irfan Hanif, dan Akhtar Chezka Adriyan. Ia menyatakan bahwa pengalaman ini sangat seru.

  18. Di lain pihak, Sudiyanti, S.T dari SMKN 1 Tasikmalaya, beralamat di Jln. Mancogeh No. 26, Nagasari, Tasikmalaya, mendaftarkan timnya yang terdiri dari Mohamad Alfat Mubarok, Naufal Faris Luthfi, Dzikra Nolan Baadila, Syahrul Risnawan, dan Andika Permana. Ia menjelaskan bahwa informatika adalah bidang ilmu yang mempelajari penggunaan komputer untuk mengatur dan menganalisis data besar.

  19. Syayyidina Luthfir Rahman, juga dari SMPN 255 Jakarta, kembali menunjukkan semangat dengan mendaftarkan tim yang terdiri dari Dandy Raditya Herwindo, Muhammad Faarij, Ilzan Afwansyah, Raden Hakam Fatih Abdul Rasyid, dan Fabian Arifta Alvis Ramadhan. Ia mengungkapkan bahwa pelajaran informatika membantu siswa memahami dan menerapkan konsep dasar teknologi informasi.

  20. Umar Suryanaga dari SMPN 81 Jakarta, beralamat di Jl. SPG 7 No.5, Lubang Buaya, juga tidak ketinggalan mendaftarkan tim yang berisi Ahmad Dzaky Fadhilah, Sabian Razaqana, Fahreza Muhammad, Muhammad Raihansyah Zahari, dan Muhammad Syaiful Anbiya. Ia menyemangati siswa-siswanya untuk terus meraih impian.

  21. Wildan Humaidi dari SMP Kosgoro Kota Bogor, mendaftarkan tim yang terdiri dari Aditya Muhamad Bimantoro, Rafa Alkiano Bintang Pratama, Bima Ghozali, Muhamad Resfi Quraisin, dan Odi Mirza Laumahfuth. Ia berkomitmen untuk selalu berinovasi dalam era 4.0.

  22. Yayat Supriatna, S.Kom. dari MAN 1 Subang, beralamat di Jl. Arif Rahman Hakim No. 05, mendaftarkan dua tim yang masing-masing terdiri dari M. Zaki Satriana, M. Hanif Aulia, Farreza Radityha G., dan Faris Mahasin, serta Moch. Arka Jaffarudin, Indrayana Zidan S., Zidan Maulana H., Hanif M. Irfan, dan Fauzan Indana R. Ia percaya bahwa informatika sangat menyenangkan.

  23. Dari SMAS Katolik Theodorus Kotamobagu, Yohaned Vianney G. S. Laka, S.T, mendaftarkan tim yang terdiri dari Jovi Noel Tumipa, Vincentius K. Wonombong, Daud G. Sumampow, Natalia Zivana Chandra, dan Marvel Edward Lapian. Ia menjelaskan bahwa informatika menggabungkan teknologi dan logika untuk mengelola data. Ia juga mendaftarkan tim lainnya yang berisi Alvaro Samuel Rumengan, Jacsen Sefrianus Rory, Geraldo Aloysius Gonzaga Manorek, Kharis Evangel Mantiri, dan Rafael Gavra Miracle Piri. Ia menekankan bahwa pengalaman ini sangat bermanfaat dan menyenangkan.

  24. Dengan semangat yang tinggi, masing-masing peserta membawa harapan dan impian untuk belajar lebih banyak dalam dunia E-Sports dan informatika. Kegiatan ini tidak hanya memberikan wawasan baru, tetapi juga membangun kerjasama dan persahabatan antar siswa dari berbagai sekolah. Seluruh peserta siap bersaing dan menunjukkan kemampuan terbaik mereka dalam lomba E-Sports pada ajang OTN 2024 ini.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun