Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Â Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Lokasi                      : Ruang Serbaguna (PSB) SMAS Islam Almaarif Jalan Masjid 28 Pagentan, Singosari, Kabupaten Malang
Lingkup Pendidikan        : Sekolah Menengah Atas
Tujuan yang ingin dicapai  : Mampu merencanakan ragam alternatif karier
Penulis     : Mohamad Arif, S.Pd
Tanggal   : 18 Oktober 2022
Situasi:Â
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini:
Berdasarkan need assesment yang sudah dilakukan, yaitu hasil AKPD peserta didik kelas XI diperoleh data bahwa 36 atau 30% peserta didik kelas XI masih belum memiliki perencanaan karier setelah lulus SMA, serta diperkuat dengan wawancara (peserta didik, guru BK sejawat) maka diketahui adanya kendala pada peserta didik, yaitu belum memiliki perencanaan karier setelah SMA.
Praktik layanan bimbingan klasikal bidang karier ini penting untuk dilakukan karena merujuk pada adanya wawasan kesiapan karier (mempelajari kemampuan diri, peluang dan ragam pekerjaan, pendidikan dan aktifitas yang terfokus pada pengembangan alternatif  karier yang lebih terarah).