Mohon tunggu...
KANG NASIR
KANG NASIR Mohon Tunggu... Administrasi - petualang

Orang kampung, tinggal di kampung, ingin seperti orang kota, Yakin bisa...!

Selanjutnya

Tutup

Fiksiana Pilihan

Dipecat Sebagai Anak

27 Januari 2016   01:19 Diperbarui: 27 Januari 2016   01:45 236
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Fiksiana. Sumber ilustrasi: PEXELS/Dzenina Lukac

Pernahkan anda diputus hubungan dengan orang tua, dipecat sebagai anak, saya yakin jawabnya ‘’belum pernah’’. Tapi berbeda dengan saya, gara gara sepele, saya hampir hampir saja diputus hubungan dengan orang tua dan tidak diakui sebagai anak.

Kisah ini bukan dongeng bukan hayal, tapi faktual walaupun tidak aktual lagi karena peristiwanya sudah sangat lama terjadinya.

Kejadian ini saya alami saat  masih kuliah di Yogyakarta, yang namanya orang kuliahan, apalagi masih awal tahun, pasti segala sesuatunya masih tergantung dari kiriman dan pasokan orang tua.

Orang tua di kampung sudah punya jadwal kapan harus ngirim uang makan untuk anak, tetapi untuk kebutuhan yang sifatnya insidental, pastinya harus mengabarkan dulu.

Cilakanya, jaman sa’MONO, alat komunikasi tidak secanggih sekarang, hingga kabar kabari antara anak dan orang tua hanya melalui surat, kalau ingin cepat ya Telegram, kecuali bagi orang kota bisa telpon interlokal bagi yang punya telpon.

Saya adalah yang termasuk katagori bukan orang kota, hingga untuk mengabarkan secara cepat menggunakan jasa ‘’Telegram’’.

Suatu ketika, saya butuh kiriman uang untuk bayar kuliah, maka saya kabarkanlah kepada orang tua supaya segera mengirimkan uang. Kiriman saat itu masih menggunakan wesel, jarang orang yang memakai jasa Bank, apalagi orang kampung seperti saya.

Berhari hari saya menunggu kiriman, biasanya pakai alamat Kampus, bolak balik melihat dinding pengumuman Wesel tidak ada juga.

Petaka datang, bukan Wesel yang datang, tapi kakak Ipar saya dari kampung membawa secarik kertas. Singkat cerita, saya harus menanda tangani surat pernyataan, Isinya ‘’ Mulai detik ini, dinyatakan putus hubungan antara orang tua dan anak’’.

Kaget bukan kepalang, sayapun betanya, ‘’Sebetulnya ini ada apa, kok saya di pecat jadi anak’’.

Kakak menjelaskan bahwa, katanya saya sudah durhaka sama orang tua. Ditunjukkanlah secarik kertas ‘’Telegram’’.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Fiksiana Selengkapnya
Lihat Fiksiana Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun