Mohon tunggu...
Muhamamad Rifki
Muhamamad Rifki Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Senang berolahraga

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Metode Efektif dalam Melakukan Presentasi Ilmiah pada Mahasiswa Fakultas Dirasat Islamiyah UIN Jakarta

13 Desember 2022   10:45 Diperbarui: 13 Desember 2022   11:00 330
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pendahuluan

Presentasi ilmiah merupakan kegiatan yang tidak asing dilakukan bagi dunia ilmu. Kegiatan ini seolah-olah menjadi kegiatan pokok yang mesti dilakukan oleh seluruh kalangan akademisi baik itu profesor, doktor, dosen, mahasiswa dan kalangan lainnya. Berkaca pada hal tersebut, maka sudah seharusnya semua kalangan itu dapat melakukan presentasinya dengan baik, begitu juga mahasiswa fakultas dirasat islamiyah.

Kegiatan presentasi bermanfaat untuk penyebaran informasi ilmiah, baik informasi penelitian dengan mempergunakan rujukan yang terpercaya, maupun informasi pengetahuan penerapan yang bersifat ilmiah popular ( Arifin & Tasai, 2010:223). Hal ini sering dilakukan oleh mahasiswa dalam melakukan kegiatan perkuliahannya di kampus.

Belakangan ini mahasiswa nampak kesulitan dalam melakukan presentasi, terlebih ketika  perpindahan perkuliahan dari online melalui siaran zoom meeting ataupun platfrorm yang lain, sudah berubah menjadi perkuliahan secara offline. Dimana mahasiswa dituntut untuk melakukan presentasi didepan umum. Hal itu dapat mengakibatkan mahasiswa merasa canggung dalam melakukan presentasinya karena sudah terbiasa presentasi yang hanya melihat layar laptop ataupun handphone.

Transformasi tersebut menjadi pembahasan yang menarik untuk dibahas. Mengingat dari tujuan pembelajaran sendiri ialah untuk mendapatkan ilmu pengetahuan sebanyak-banyaknya, jika mahasiswa sendiri tidak mengetahui metode yang tepat dalam memberikan pemahaman kepada audiens, maka ilmu itu sendiri tidak akan tersampaikan dengan jelas. Apabila hal itu terjadi, maka akan beresiko terhadap penurunan intelektual generasi bangsa Indonesia.

Peristiwa ini juga dialami oleh mahasiswa fakultas dirasat islamiyah UIN Jakarta, selama hampir 2 tahun melakukan kegiatan perkuliahan secara online, dan di tahun 2022 ini baru melakukan kegiatan perkuliahan secara offline. Pembelajaran offline ini tentu membuat sebagian besar mahasiswa kaget dan masih bingung tentang metode presentasi di kelas.

Beberapa studi menunjukkan bahwa sikap seseorang membantu membentuk prilaku yang menentukan suatu tindakan dalam pertemuan ilmiah atau kelompok diskusi, seperti perhatian dan tanggapan terhadap pembicara (Elizabeth 2008:89). Materi yang diberikan oleh presentator akan diterima secara berbeda oleh pendengar sesuai dengan metode yang di bawakan.

Sebagaimana judul diatas, penulis ingin memberikan sebuah jawaban terhadap permasalahan yang dialami mahasiswa dirasat islamiyah. Pembahasan ini tentu bisa dijadikan sebuah rujukan bukan hanya bagi mahasiswa dirasat islamiyah, akan tetapi bagi mahasiswa lain yang masih belum mengetahui metode dari presentasi ilmiah.

Pembahasan metode presentasi ilmiah sendiri bukanlah pertama kali dibahas oleh penulis, melainkan sudah banyak penulis yang membahas hal ini. Perbedaan yang terdapat antara tulisan ini dengfan tulisan yang lain ialah mengenai konsep, yang dimana konsep didalam tulisan ini lebih global dan menyesuaikan kondisi terhadap mahasiswa fakultas dirasat islamiyah UIN Jakarta.

Pengertian Metode, Presentasi Ilmiah dan Dirasat Islamiyah

a. Metode

Metode merupakan suatu cara yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan (Dasim 2012:78). Dapat ditafsirkan bahwa jika ingin mencapai tujuan yang diinginkan harus mengetahui metodenya.

b. Presentasi Ilmiah

Presentasi ilmiah adalah kegiatan keterampilan berbicara di depan umum untuk menyampaikan gagasan atau pendapat dari hasil temuan penelitian, pemikiran kritis, atau informasi dalam dunia akademik dan pendidikan.

c. Dirasat Islamiyah 

Dirasat islamiyah merupakan salah satu fakultas yang ada di UIN Syarif Hidayatullah Jakarata. Fakultas ini merupakan fakultas yang diinisiasi berkat kerjasama antara UIN Jakarta dengan kampus Al-Azhar Kairo, Mesir. Adanya MoU tersebut membuat pengantar dari fakultas ini menggunakan bahasa arab dan mempelajari studi keislaman secara menyeluruh.

Metode Efektif yang Dapat dilakukan oleh Mahasiswa Fakultas Dirasat Islamiyah dalam Presentasi Ilmiah

Metode yang dapat dilakukan oleh mahasiswa fakultas Dirasat Islamiyah dalam melakukan presentasi ilmiahnya sangatlah beragam, hal itu karena banyaknya mata kuliah yang beragam juga. Mata kuliah itu tersdiri atas fikih, tauhid, tafsir, hadis, dan mata kuliah tentang keislaman lainnya.

Adapun metode tersebut adalah sebagai berikut:

Metode Slide Power Point

Pembelajaran yang berkualitas tidak lepas dari sebuah perencanaan yang matang dari seorang dosen. Perencanaan dapat menjadi acuan dalam pelaksanaan kegiatan atau proses dan penilaian pembelajaran yang akan dilakukan (Wiranti & Mastuti 2018:132). Salah satu perencanaan dosen yang efektif ialah memberikan ruang kepada mahasiswanya untuk berbicara caranya yaitu dengan mahasiswa melakukan presentasi.

Kreatifitas mahasiswa dalam berbicara dan menyampaikan informasi dapat diasah dari presentasi ini. Mahasiswa bisa mengekspresikan hasil pemnbelajarannya kepada khalayak ramai dengan metodenya sendiri. Namnun metode yang dibawakan dalam presentasi ini hahrus mengikuti perkembangan zaman.

Perkembangan teknologi dari tahun ke tahun sangat berkembang pesat, begitu pesatnya perkembangan teknologi  membuat semua lini harus sudah mulai beradaptasi terhadap apa yang sedang terjadi, begitu pula pada sistem pendidikan. Dunia pendidikan mau tidak mau harus sudah bisa melek terhadap canggihnya teknologi ini.

Metode slide power point ini dinilai sangat tepat untuk digunakan dalam kegiatan presentasi ilmiah bagi mahasiswa fakultas dirasat islmiyah ditengah perkembangan teknologi ini. Selain mengikuti perkembangan zaman, metode ini dirasa lebih simpel dan efisien karena didalamnya memuat poin-poin penting mengenai pembahasan yang akan disampaikan.

Metode slide power point juga selain dapat mengefisienikan kegiatan presentasi, metode ini juga dapat menarik perhatian para audiens untuk menyimak presentasi yang dibawakan dengan gambar yang ada didalamya dan warna yang ditampilkan pada powerpoint tersebut, sehingga pesan atau pembahasan yang akan dibahas bisa tersampaikan dengan jelas kepada para pendengar.

2. Metode Diskusi

Kebebebasan berekspresi terhadap mahasiswa harus sudah dibangun sejak awal mahasiswa masuk kedalam kelas. Hal itu memang sudah seharusnya dilakukan oleh dosen untuk membuat mahasiswa lebih berpikir kritis dan tajam terhadap materi yang diberikan. Dosen dalam hal ini hanyalah sebagai penengah dan pembenar jika terdapat kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswanya.

Banyak hal yang bisa diterapkan dalam kebebasan untuk berekspresi ini, salah satunya yaitu dengan melakukan metrode diskusi. Salah satu keunggulan metode ini apabila diterapakan yaitu mahasiswa dapat melatih skil public speaking atau berbicara didepan umum, selain itu juga pikiran mahasiswa akan dilatih menjadi kritis karena akan serinng berkomentar dan bertanya satu sama lain untuk kebenaran pembahasan yang sedang dilakukan

Penulis melihat ketika metode ini diterapkan pada mahasiswa fakultas dirasat islmayah, saling sanggah dan saling bantah antara presentator dengan pendengar membuat suasana kelas terasa hidup. Saat presentator melakukan kesalahan terhadap apa yang dia bahas maka audiens akan mempertanyakan pembahasan tersebut, dan ketika audiens tidak memahami apa arti dari salah satu pembahasan tersebut maka audiens akan bertanya secara rinci kepada presentator dan kemudian presentator menjawab pertanyaan dari audiens tersebut.

Terlihat dari kasus diatas, bahwa ketika metode diskusi ini diterapkan, mahasiswa akan lebih kritis terhadap pembelajaran yang sedang berlangsung. Suasana kelas didalmnyapun terdengar ramai dengan argumen-argumen yang dilontarkan oleh mahasiswa. Untuk itu metode ini dinilai penulis sangat cocok diterapkan untuk mahasiswa fakultas dirasat islamiyah.

3. Metode Praktek

Dirasat Islamiyah adalah fakultas dengan mata kuliah yang sangat beragam dan luas mengenai pembahasan di bidang keislaman. Melihat dari beberapa mata kuliahnya sendiri, banyak sekali metode yang dapat digunakan dalam menunjang kegiatan belajar mengajar mahsiswanya. Salah satunya yaitu metode praktek.

Metode praktek ialah mempraktekkan materi yang sedang menjadi pembahasan didalam pelajaran yang sedang berlangsung. Hal ini bisa diterapkan pada mata kuliah fikih, tajwid, tafsir al-Qur’an serta ilmu hadis.

Misal praktek dalam bidang fikih, mahasiswa bisa langsung mempresentasikannya melalui praktek langsung didalam kelas. Misalnya ketika membahas materi tentang sholat, mahasiswa bisa langsung mempresentasikannya melalui praktek di kelas bagaimana tata cara sholat yag baik dan benar menurut materi yang ada didalam pembahasan yang sedang berlangsung.

Selain fikih, salah satu contoh mata kuliah yang dapat dilakukan dengan metode ini ialah pada mata kuliah ilmu hadis. Misal pada materi tentang takhrij (mencari sanad hadis), setiap mahasiswa dapat membawa kitab hadis untuk mencari dan belajar secara kangsung dikelasm dan masih banyak contoh lainnya.

Simpulan

Dari hasil pembahasan yang telah diuraikan diatas mengenai metode efektif yang dapat dilakukan oleh mahasiswa dirasat islamiyah pada saat presenti ilmiah, maka dapat diambil kesimpilan bahwasanya metode yang dapat diambil yaitu sebagai berikut:

Metode slide power point

Metode Diskusi

Metode Praktek

Ucapan Terima Kasih

Penulis mengucapkan terima kasih kepada seluruh kalangan yang telah merealisasikan terhadap tulisan ini, terutama Ibu Mahmudzah Fitriyah M.A. selaku dosen pengampu mata kuliah bahasa indonesia. Tak lupa kepada teman kelompok 1 dan juga teman-teman kelas A semester 3 fakultas dirasat islamiyah.

Daftar Pustaka

Arifin, E. Z., & Tasai, S. A. (2010). Cermat Berbahasa Indonesia. Jakarta: CV. Akademika Pressindo.

Dortiana Marpaung. 2018. Penerapan Metode Diskusi Dan Presentasi Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Di Kelas XI IPS-1 SMA Negeri 1 Bagan Sinembah. School Education Journal Volume 8 NO. 4 :361

Elizabeth Mailoa. 2008. Teknik Penyajian Presentasi Ilmiah Yang Efektif Dengan Menggunakan Media Elektronik. Jurnal Denfontasial Vol. 7 No. 2 :89

Sarnawi M Dasim. 2017. Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Sains Di Sekolah Dasar. Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia :37

Wiendi Wiranty, Dewi Leni Mastuti. 2018. UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN MELALUI METODE PRESENTASI KELAS TAHUN AKADEMIK 2016/2017 SEMESTER GENAP. Jurnal Pendidikan Bahasa Vol.7 No.1 :132

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun