Search Intent dalam SEO - Seringkali dari kalian yang sudah menulis konten artikel yang men-detail dan berkualitas, dan sudah dirasa tepat dalam penargetan keyword namun tidak muncul di halaman pertama Search Engine? Maka dari itu anda harus tau dulu apa itu Search Intent.
Seringkali ketika kita membuat konten artikel terlalu memikirkan kepuasan Google tanpa melihat manfaat dari konten yang kita buat kepada user. Di dalam persaingan yang terjadi pada Search Engine, kepuasan dari user adalah hal yang utama.
Bagaimanakah respon dari user ketika melihat konten kalian? Merasa puas atau malah mengabaikan konten kita karena tidak cocok dengan maksud (intent) mereka?
Maka dari itu, kalian harus mengerti dulu apa yang dimaksud dengan Search Intent yang dalam Bahasa Indonesia adalah “Maksud Pencarian” dengan baik agar dapat menjawab masalah yang dialami user.
Dikarenakan, keyword yang dimasukkan oleh user terhadap mesin pencari selalu memiliki maksud (intent) dan tujuan yang berbeda-beda.
Masih bingung dengan Search Intent? Dan Bagaimana Cara Pengoptimalanya? Mari kita bahas.
Search Intent sendiri merupakan sebutan dari tujuan atau maksud user ketika memasukkan keyword ke dalam mesin pencari. Setiap user pasti memiliki maksud dan tujuan yang tidak sama walaupun keyword yang mereka masukan hampir sama.
Daripada merasa bingung, kita bisa mengambil contoh sebagai berikut. Terdapat keyword iPhone dan Jual iPhone.
Berdasarkan dua keyword tersebut bisa diketahui bahwa keyword “iPhone” bertujuan untuk mengetahui tentang produk maupun informasi yang terkait dengan iPhone. Dan keyword “Jual iPhone” benar benar memiliki maksud untuk pembelian iPhone.
Dan seberapa pentingkah Search Intent dalam sebuah SEO?
Berdasarkan keterangan dari Casakreatif, Google berupaya memberikan hasil pencarian yang paling relevan (berhubungan) sesuai pencarian yang dilakukan oleh user.
Apabila keyword yang digunakan dalam sebuah konten tidak menampilkan hasil yang tidak tepat maka Google juga kurang merekomendasikan kontenmu kepada peringkat teratas.
Sebab Google sendiri terus melakukan update algoritma berdasarkan analisis keyword agar dapat meningkatkan layanan mereka.
Maka dari itu, pemahaman akan Search Intent sangat krusial jika ingin menaikkan peringkat website ke peringkat atas.
Berdasarkan keterangan di atas, kita dapat mengetahui bahwa Search Intent merupakan maksud dan tujuan user ketika melakukan pencarian di Search Engine.
Jenis Jenis Search Intent
Meski terdengar rumit, terdapat 4 jenis Search Intent yang dapat memudahkan dalam memecahkan masalah tersebut, berikut pembahasanya :
Informational
Sebagian besar user ketika mengunjungi Google selalu ingin mencari informasi tentang suatu hal. Intent jenis informasi mengandung pertanyaan yang spesifik dan ingin penjelasan yang detail tentang suatu hal.
Contoh keyword yang biasa digunakan adalah :
- cara mencuci sepatu sekolah
- pengertian branding
- bursa transfer Liverpool musim ini
Transactional
Lain halnya dengan Informational, jenis transactional cenderung mengarah ke dalam keinginan transaksi. User tentunya sudah paham dengan apa yang mereka ingin beli dan mereka langsung menuju keyword bersifat transactional intent.
Seperti contoh keyword :
- jual sepatu vans
- jual jersey Liverpool
Navigational
Banyak dari kalian yang ingin mengunjungi situs tertentu, tetapi tidak tahu dengan benar laman resminya.
Sebagai contoh ketika kalian ingin mengunjungi Canva, kalian pasti memasukkan “Canva” dalam halam pencarian Google. Dan Google pastinya akan menampilkan laman web resmi dari Canva.
Nah seperti itulah Intent Navigational
Commercial Investigation
Mirip dengan transactional, intent jenis Commercial Investigation justru ingin mencari informasi yang dapat mendukung keputusan sebelum melakukan transaksi.
Dalam kata lain, user ingin melakukan komparasi dan melihat review dari user yang lain.
Berikut ini contoh beberapa keyword yang digunakan :
- iPhone XR vs iPhone XS Max
- rekomendasi mouse gaming
- review laptop ASUS TUF
Tips Mengoptimalkan Search Intent
Setelah mengetahui tentang Search Intent dan keempat jenisnya, kalian pasti penasaran bagaimana cara mengoptimalisasinya supaya mendapat peringkat atas ?
Hal yang bisa kalian lakukan diantaranya adalah :
Cek SERP
Sering mengecek SERP (Search Engine Result Page) supaya kalian dapat mengetahui konten apa yang dibahas dalam laman tersebut.
Contohnya ketika kalian mencari “Laptop Gaming Terbaik”, kalian harus mengetahui halaman di dominasi oleh artikel yang bersifat rekomendasi dan bukan oleh marketplace atau semacamnya.
Dalam artian, kalian dapat menggunakan keyword semacam itu untuk membuat konten terkait tentang rekomendasi. Dapat juga menambahkan keyword yang lebih spesifik supaya tepat dalam penargetanya.
Dilansir dari Ahrefs, terdapat beberapa keyword modifier yang sering digunakan untuk tiap jenis intent.
Buat konten yang sesuai dengan 3C
Buat dan pastikan konten sesuai dengan Search Intent yang sesuai keyword. Kemudian analisis Search Intent sesuai dengan 3C, content type, content format, dan content eagle.
Tertarik mengenai Search Intent agar bisa mendominasi peringkat atas Google, Casakreatif merupakan agency yang tepat bagi kalian yang ingin belajar.
Kalian bisa langsung menghubungi Casakreatif via website atau Instagram dengan mengklik link berikut. Casakreatif, SEO Specialist.
ref : DailySeo
Artikel ini ditulis oleh : Mochammad Atillah Afrizal A.S., Mahasiswa Vokasi Universitas Brawijaya yang sedang magang di Casakreatif
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI