Mohon tunggu...
Mochamad DickyDarmawan
Mochamad DickyDarmawan Mohon Tunggu... Teknisi - Seorang yang berusaha menulis

Belajar nulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Resume Webinar STIAMAK "Mochamad Dicky Darmawan"

25 Oktober 2020   11:44 Diperbarui: 18 Februari 2021   08:13 115
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Resume Webinar STIAMAK

Selasa, 22 September 2020

ORIENTASI KAMPUS DAN PKKMB STIAMAK 2020

"OPTIMISME PENDIDIKAN DAN KARIER BISNIS MARITIM PASCA COVID-19"

Nama : Mochamad Dicky Darmawan     

Nim     : 20112083                                       

Kelas  : B Ilmu Administrasi Bisnis          

 Narasumber :

            Dr. Nugroho Dwi Priyohadi,  M.Sc .           (Ketua STIAMAK)

            Prof. Dr. Ir. Suprapto, DEA.                       (Kepala LLDKTI WIL VII JATIM)

            Chiefy Adi Kusmargono, S.Psi, M.Sc.      (Direktur utama Pendidikan Maritim dan Logistik Indonesia / IPC Learning & Consulting)

            Edi Priyanto, S.KM, MM.                             (Direktur SDM PT. PELINDO III)

Resume  materi        :

Sesi Pertama oleh Kepala LLDKTI WIL VII JATIM Bapak Prof. Dr. Ir. Suprapto, DEA .

Konsep pendidikan dalam era revolusi industri 4.0.

Ijazah hanya merupakan syarat administratif namun, untuk bersaing membutuhkan komptensi dasar. Kompetensi tersebut adalah keahlian, pengetahuan, sikap.

Revolusi Industri 4.0 lebih komprehensif dalam semua aspek kehidupan.

Sikap edukasi mahasiswa dalam menghadapi revolusi industri 4.0 harus diterapkan dalam kehidupan. Perilaku tersebut adalah flexibel, adaptiv, self directed, creative, character, complex problem solve.

Penjabaran dari masing masing perilaku :

Flexibel        : mahasiswa harus bisa melakukan manajemen waktu.

Adaptive      : mahasiswa harus bisa beradaptasi dengan perubahan industri.

Self Directed  : mahasiswa harus lebih aktif.

Creative          : mahasiswa bisa melakukan sesuatu dengan kebiasaan dan cara berbeda.

Character       : mahasiswa diharuskan memiki sikap yang baik.

Complex Problem Solve : mahasiswa akan menjadi garda terdepan dalam pemecahan setiap masalah.

Hal yang terpenting dalam menghadapi revolusi industri 4.0 adalah kita selalu bisa berpikir kritis dalam setiap topik. Adanya banyak informasi di media mengharukan kita kritis dalam menyaring informasi.

Proses pendidikan terdiri dari kurikuler, ko-kurikuler, ekstra kulikuler.

Prospek logistik akan terus tumbuh sejalan dengan revolusi industri 4.0.  

Sesi ke-2 oleh Direktur SDM PT. PELINDO III Bapak Edi Priyanto, S.KM, MM.

Konsep Pengenalan kepelahuhanan dan sikap menghadapi revolusi industri 4.0.

Peta wilayah  kerja PT. PELINDO III terdiri dari 7 provinsi, 4 regional, 43 pelabuhan.

Regional Jawa Tengah.

Regional Jawa Timur.

Regional Kalimantan.

Regional Bali-Nusa Tengggara.

Jasa kepelabuhanan dibedakan menjadi :

Jasa kapal ( jasa pandu, jasa tunda, jasa kepil, dan jasa tambat).

Jasa barang ( jasa dermaga, jasa penumpukan, bongkar/muat, car terminal,dan ro-ro).

Jasa penumpang (jasa penumpang dan barang bawaan penumpang).

Covid-19 penyebab penurunan kinerja operasional antara lain:

Pembatalan kunjungan kapal cruise sebesar 117 unit.

Penurunan kunjungan kapal petikemas luar negeri sebesar 15%.

Penurunan arus penumpang sebesar 38%.

PELINDO III juga memiliki inovasi dibidang online komersial yaitu :

Windows connectivity.

Term of payment.

SSm and joint inspection.

Tol laut.

Early stack.

Empty import.

Transhipment antar terminal.

Inovasi dibidang informasi seperti :

One stop service merupakan pelayanan pelabuhan secara online 24/7 melalui web & mobile.

Mengurangi kegiatan tatap muka pelanggan dengan petugas operasional.

Inovasi dibidang SDM sebagai berikut :

Digitalisasi pengelolaan SDM.

Presensi online.

Pemesanan kantin online.

Virtual meeting.

Manajemen surat dinas online.

Fit to work melakukan medical check up setiap akan mulai bekerja.

Di perguruan tinggi mengajarkan 80% pengetahuan dan 20% keterampilan sedangkan, pada dunia kerja kita menggunakan 20% pengetahuan dan 80% keterampilan.

Komponen kesuksesan terdiri dari soft skill dan hard skill.Teknikal berpesentase 80% dan mindset 20%.

Tantangan dalam era revolusi industri 4.0 terdiri dari :

Volatile : dinamika perubahan yang sangat cepat.

Uncertain : kurangnya bisa memprediksi terhadap isu dan peristiwa yang terjadi.

Complex : gangguan terhadap organisasi.

Ambigous : ketidakjelasan terhadap realita yang terjadi.

Cara menghadapi tantangan pada era revolusi industri 4.0 yaitu :

Inovasi teknologi.

Agen perubahan dalam budaya.

Kemampuan multitasking.

Memahami kebutuhan bisnis.

Kemampuan yang harus dimiliki para mahasiswa :

Learning Agility.

Mental agility.

Change agility.

People agility.

Result agiliry.

Pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang membentuk karakteristik pribadi.

Kompetensi terlihat terdiri dari pengetahuan dan keterampilan.

Kompetensi tersembunyi terdiri dari nilai perilaku sosial, konsep diri, karakteristik pribadi, motif.

Perbedaan hard skill dan soft skill :

Hard skill menggunakan otak iri, aturan sudah ditetapkan, dapat dipelajari dari buku atau para ahli di bidangnya.

Soft skill menggunakan otak kanan, aturan melibatkan karakteristik, terbentuk dari lingkungan sekitar dan dalam diri sendiri.

Soft skill terdiri dari intra-personal dan inter-personal

Intra-personal merupakan kemampuan untuk :

Manajemen waktu dan stres, berpikir positif, dan bertanggung jawab

Bersikap jujur dan berperilaku adil

Inter-personal merupakan kemampuan untuk:

Kemampuan memotivasi, bekerja sama, dan negosiasi.

Mampu beradaptasi dan berkomunikais.

Kuliah dimasa pandemi :

Manajemen waktu

Belajar seperti dikampus

 Belajar dengan serius

Bersosialisasi

Istrahat cukup

 3 . sesi ke- 3 oleh bapak Chiefy Adi Kusmargono, S.Psi, M.Sc. Direktur utama Pendidikan Maritim dan Logistik Indonesia / IPC Learning & Consulting

Fokus pada kelebihan bukan menyesali kekurangan.

Sukses bukan hanya dilihat sisi puncak tapi harus dilihat dari  proses meraihnya.

Orang bukan dihormati karena materi namun, lebih pada sikap dan karakternya

Hanya diri sendiri yang mampu menghalangi kita menjadi pemimpin yang hebat,  karena pada dasarnya kdiri kita bisa menjadi peimpin yang hebat.

Orang sukses merupakan orang yang memiliki good attitude bukan hanya knowledge.


  • Sesi ke 4 penutup oleh Bapak . Nugroho Dwi Priyohadi,  M.Sc. sebagai Ketua STIAMAK
  • Semoga para mahasiswa baru dapat menjalani kuliah dengan tepat waktu dan dapat banyak menyerap materi kuliah

            Penutup

                        Sekian resume ini saya tulis sesuai dengan apa yang saya amati dan pelajari saat sesi webinar, semoga ini menjadi awal yang baik untuk saya dalam menempuh kuliah di STIAMAK, terima kasih

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun