Mohon tunggu...
Muhammad Julijanto
Muhammad Julijanto Mohon Tunggu... Dosen - Dosen Program Studi Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah UIN Raden Mas Said Surakarta

Tuangkan apa yang ada di dalam pikiranmu, Karena itu adalah mutiara yang indah untuk dinikmati yang lain bila dituangkan, Tetapi bila dipendam hanya untuk diri sendiri

Selanjutnya

Tutup

Tradisi Pilihan

Ikhlas Syarat Utama Raih Ridho Ilahi

31 Maret 2023   02:42 Diperbarui: 31 Maret 2023   02:47 1184
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Berbagi Bahagia YBIC. Dokpri


Oleh Muhammad Julijanto

Puji syukur atas segala nikmat yang terlimpah kepada kita sekalian. Alhamdulillah udara masih masuk ke dalam paru-paru kita, makan masih bisa kita konsumsi, dan kesehatan masih bersama kita. Semoga bisa kita optimalkan untuk meraih kehidupan yang lebih baik dan lebih bermanfaat di masa yang akan datang.

Bagaimana ilmu ikhlas, bagaimana implementasi ikhlas dalam perbuatan, syarat apa yang dapat dipenuhi untuk meraih ridha Allah Swt?

Ikhlas menurut bahasa adalah sesuatu yang murni yang tidak tercampur dengan hal-hal yang bisa mencampurinya. Dikatakan bahwa "madu itu murni" jika sama sekali tidak tercampur dengan campuran dari luar, dan dikatakan "harta ini adalah murni untukmu" maksudnya adalah tidak ada seorangpun yang bersyarikat bersamamu dalam memiliki harta ini.

Syaikh Abdul Malik menjelaskan, Para ulama bervariasi dalam mendefinisikan ikhlas namun hakikat dari definisi-definisi mereka adalah sama. Diantara mereka ada yang mendefenisikan bahwa ikhlas adalah "menjadikan tujuan hanyalah untuk Allah tatkala beribadah", yaitu jika engkau sedang beribadah maka hatimu dan wajahmu engkau arahkan kepada Allah bukan kepada manusia. Ada yang mengatakan juga bahwa ikhlas adalah "membersihkan amalan dari komentar manusia", yaitu jika engkau sedang melakukan suatu amalan tertentu maka engkau membersihkan dirimu dari memperhatikan manusia untuk mengetahui apakah perkataan (komentar) mereka tentang perbuatanmu itu. Cukuplah Allah saja yang memperhatikan amalan kebajikanmu itu bahwasanya engkau ikhlas dalam amalanmu itu untukNya. Dan inilah yang seharusnya yang diperhatikan oleh setiap muslim, hendaknya ia tidak menjadikan perhatiannya kepada perkataan manusia sehingga aktivitasnya tergantung dengan komentar manusia, namun hendaknya ia menjadikan perhatiannya kepada Robb manusia, karena yang jadi patokan adalah keridhoan Allah kepadamu (meskipun manusia tidak meridhoimu).

Ada juga mengatakan bahwa ikhlas adalah "samanya amalan-amalan seorang hamba antara yang nampak dengan yang ada di batin", adapun riya' yaitu dzohir (amalan yang nampak) dari seorang hamba lebih baik daripada batinnya dan ikhlas yang benar (dan ini derajat yang lebih tinggi dari ikhlas yang pertama) yaitu batin seseoang lebih baik daripada dzohirnya, yaitu engkau menampakkan sikap baik dihadapan manusia adalah karena kebaikan hatimu, maka sebagaimana engkau menghiasi amalan dzohirmu dihadapan manusia maka hendaknya engkaupun menghiasi hatimu dihadapan Robbmu.

Ada juga yang mengatakan bahwa ikhlas adalah, "melupakan pandangan manusia dengan selalu memandang kepada Allah", yaitu engkau lupa bahwasanya orang-orang memperhatikanmu karena engkau selalu memandang kepada Allah, yaitu seakan-akan engkau melihat Allah yaitu sebagaimana sabda Nabi shalallahu 'alaihi wasalam tentang ihsan "Engkau beribadah kepada Allah seakan-akan engkau melihatNya dan jika engkau tidak melihatNya maka sesungguhnya Ia melihatmu". Barangsiapa yang berhias dihadapan manusia dengan apa yang tidak ia miliki (dzohirnya tidak sesuai dengan batinnya) maka ia jatuh dari pandangan Allah, dan barangsiapa yang jatuh dari pandangan Allah maka apalagi yang bermanfaat baginya? Oleh karena itu hendaknya setiap orang takut jangan sampai ia jatuh dari pandangan Allah karena jika engkau jatuh dari pandangan Allah maka Allah tidak akan perduli denganmu dimanakah engkau akan binasa, jika Allah meninggalkan engkau dan menjadikan engkau bersandar kepada dirimu sendiri atau kepada makhluk maka berarti engkau telah bersandar kepada sesuatu yang lemah, dan terlepas darimu pertolongan Allah, dan tentunya balasan Allah pada hari akhirat lebih keras dan lebih pedih. (Dari ceramah beliau yang berjudul ikhlas).

Dalam hadis Qudsi dikemukakan sebagai berikut:

Kelak pada hari qiamat akan didatangkan beberapa buku yang telah disegel, lalu dihadapkan karena Allah Swt. (Pada waktu itu) Allah berfirman: "Buanglah ini semuanya". Maikat berkata: "Demi kekuasaan Engkau, kami tidak melihat di dalamnya melainkan yang baik-baik saja". Selanjutnya  Allah berfirman: "Sesungguhnya isinya ini dilakukan bukan karena-Ku, dan Aku sesungguhnya tidak akan menerima kecuali apa-apa yang dilaksanakan karena mencari keridhaan-Ku (HSR Bazzar dan Thabarani, dengan dua sanad, atau di antara para perawinya termasuk perawi al Jami'ush Shahih).

Allah Maha Mengetahui apa-apa yang tersirat di balik amal perbuatan yang dilakukan oleh seseorang. Allah Swt mengetahui bahwa orang yang bersangkutan melakukan amal baik itu bukan karena Allah, akan tetapi karena riya', karena ingin dipuji dan disanjung, karena ingin mendapat bintang kehormatan dan lain sebagainya. Allah tidak akan menerima amal perbuatan yang dilakukan bukan karena Allah, tidak menerima segala sesuatu yang dilaksanakan dengan ikhlas karena-Nya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Tradisi Selengkapnya
Lihat Tradisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun