Tantangan Penerapan Sistem Pembelajaran Daring Bagi Mahasiswa
Misfar
Departemen Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Padang
misfar.m1411@gmail.com,
Abstract
Penulisan Artikel ini  bertujuan buat mengemukakan kesiapan serta tantangan yang dihadapi mahasiswa ketika perkuliahan daring. Penulisan ini jua bertujuan buat mengemukakan aspek postif yang dirasakan mahasiswa selama proses pemebelajaran daring. Tanpa dilakukan penelitian secara tertulis bisa kita lihat dengan kasat mata bahwa system pembelajaran daring ini menjadi kendala besar bagi mahasiswa, diantaranya  menghabiskan kuota serta jaringan internet yang  kurang stabil. Hal tadi menjadi alasan utama bagi mahasiswa tidak mengikuti perkuliahan menggunakan berbagai kendala yg dihadapi disaat proses pembelajaran berlangsung, sehingga menyebabkan proses pemebelajaran tidak efektif. Proses pembelajaran system daring ini masih perlu terus dioptimalkan dan  perlu buat melakukan evaluasi demi perbaikan pembelajaran daring pada setiap instansi yg masih menerapkan system pembelajaran daring ini.
Kata Kunci : Pembelajaran Daring, Mhasiswa, Tantangan
PENDAHULUANÂ
Sistem pembelajaran daring diimplementasikan sebagai solusi untuk menjeda kelas langsung tanpa menghentikan kelas (Zhang et al, 2020). pembelajaran daring sendiri dapat dipahami sebagai pengalaman belajar dalam lingkungan sinkron atau asinkron dengan menggunakan perangkat asinkron (misalnya ponsel, laptop, dll) menggunakan akses internet. Dalam lingkungan ini, peserta didik  dapat berada di mana saja (mandiri) untuk belajar dan berinteraksi dengan instruktur dan peserta didik lainnya (Singh & Thurman, 2019) (Nastiti & Biology, 2020).
Pembelajaran daring menjadi salah satu solusi pembelajaran bagi dosen dan mahasiswa di tengah pandemi ini. namun, persiapan yang baik, terutama persiapan dalam penggunaan alat bantu, diperlukan untuk menerapkan pembelajaran daring  untuk kegiatan kursus yang efektif (Ana et al, 2020; Ali, 2020). pembelajaran daring memberikan fleksibilitas pada perangkat lunak kursus sehingga dapat digunakan secara luas. Selain itu, aplikasi pembelajaran daring  dinilai berpotensi meningkatkan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran dan meningkatkan kemandirian mahasiswa dalam belajar (Akkorful & Abaidoo, 2020; Huang et al., 2020; Firman, 2020).
    Meskipun demikian, pembelajaran daring pada pendidikan tinggi tentu saja mempunyai tantangan tersendiri. salah satu hambatan yg dialami mahasiswa ketika menjalani perkuliahan secara daring yaitu jaringan internet yang kurang  stabil terutama bagi mereka yang tinggal dalam pelosok. Selain itu, tidak semua mahasiswa memiliki perangkat yg mendukung pembelajaran daring, misalnya laptop, smartphone yg memadai dan jaringan Wi-Fi dalam loka tinggal (Zhang dkk, 2020; Giatman dkk, 2020, Wijaya dkk, 2020).
 Perihal pola pembelajaran dalam lingkungan pendidikan tinggi dalam Tahun Ajaran 2020/2021, metode pembelajaran dalam semua zona wajib dilaksanakan secara daring buat mata kuliah teori dan kuliah praktik. Selain itu, pemimpin perguruan tinggi pada semua zona hanya sanggup mengizinkan aktivitas mahasiswa dalam kampus apabila memenuhi protokol kesehatan dan kebijakan yg akan dimuntahkan direktur jenderal terkait(Wulandari & Agustika, 2020).
Mahasiswa mungkin menghadapi tantangan dalam menerapkan sistem pembelajaran daring ini, terutama bagi mahasiswa yang tinggal di daerah di mana Internet masih sangat terbatas. Beberapa mahasiswa masih kesulitan menggunakan software pendukung pembelajaran daring. Tidak hanya mahasiswa, banyak dosen dan tenaga pengajar juga menghadapi kendala serupa. Dengan demikian, seperti yang telah dijelaskan di atas, penulis ingin menganalisis persepsi, persiapan, dan tantangan yang tidak hanya dihadapi oleh mahasiswa tetapi juga dosen dalam perkuliahan daring selama sitem ini diterapkan. Penulis juga ingin menganalisis aspek positif yang dirasakan mahasiswa dan dosen dalam pembelajaran berlangsung .
     Â
DISCUSSIONSÂ
Pembelajaran DaringÂ
   Pembelajaran daring, sebagai bagian dari pendidikan jarak jauh, selalu memperhatikan penyediaan akses ke pengalaman pendidikan yg setidaknya lebih fleksibel dalam ketika dan ruang daripada pendidikan berbasis kampus menggunakan memanfaatkan banyak  sekali jenis teknologi (Huang dkk, 2020).
     Hal ini berarti pembelajaran daring merupakan sebuah cara lain pembelajaran yang  fleksibel pada masa pandemi saat ini. Huang dkk (2020) membicarakan konsep pengajaran fleksibel menjadi strategi pendidikan yang berpusat dalam siswa yg membicarakan pilihan berdasarkan dimensi primer studi, misalnya saat dan lokasi pembelajaran, asal daya untuk belajar mengajar, pendekatan instruksional, aktivitas pembelajaran, dukungan bagi pengajar dan peserta didik. memakai cara ini, mengajar dan belajar sanggup lebih fleksibel. Secara awam, pembelajar daring didefinisikan sebagai pengalaman belajar pada lingkungan sinkron atau asinkron menggunakan perangkat yang nir sama (misalnya, ponsel, laptop, video, chat atau interaksi dunia visual.) memakai akses internet. dalam lingkungan ini, siswa bisa berada dalam mana saja (mandiri) buat belajar dan berinteraksi memakai pelatih dan murid lainnya (Singh dan Thurman, 2019).
     Pembelajaran sinkron merupakan taktik pembelajaran yg lebih terstruktur, pada mana kelas dijadwalkan dalam ketika eksklusif dan dalam pengaturan ruang kelas impian secara pribadi. memakai cara ini, mahasiswa mendapat manfaat menurut interaksi ketika nyata, sebagai akibatnya mendapat pesan instan dan umpan balik saat diperlukan (Littlefield, 2018). Sedangkan, mahasiswa dalam pembelajaran asinkron tidak mampu mendapat umpan pergi dan pesan instan. Selain itu, konten pembelajaran nir tersedia pada kelas eksklusif, melainkan dalam sistem atau forum pengelolaan pembelajaran (Learning Management System) yg berbeda (Littlefield, 2018). Beberapa platform sistem pengelolaan pembelajaran yg seringkali digunakan dalam Indonesia diantaranya Google Classroom, Edmodo, Moodle, ele-arning dan Via Zoom dan Google Meet.
      Secara awam perkuliahan daring dilakukan menggunakan memakai poly sekali macam platform, antara lain Schoology, WhatsApp, Zoom meeting, Google classroom, Kaizala, YouTube, Telegram, Podcast, dan Teamlink. dari saran dan komentar menurut mahasiswa penggunaan media WhatsApp lebih disukai dikarenakan sedikit menghabiskan kuota. dalam samping itu, banyaknya aplikasi yang digunakan untuk perkuliahan daring karena setiap dosen memakai pelaksanaan yg disharmoni bisa menyulitkan mahasiswa lantaran menghabiskan poly kuota. ad interim WhatsApp merupakan aplikasi yg telah mutlak masih ada pada setiap ponsel mahasiswa.
    Menurut Jamaluddin, pembelajaran daring  berarti proses mengubah sistem pembelajaran konvensional menjadi bentuk digital sehingga menghadirkan tantangan dan peluang tersendiri. Akibatnya, terdapat hambatan implementasi pembelajaran daring yang perlu segera diatasi agar pembelajaran dengan menggunakan e-system diharapkan dapat berlangsung secara efektif (Alvianto, 2020).
    Perlu dipahami bahwa keefektifan kegiatan pembelajaran tidak hanya harus diperhatikan dari segi hasil belajar, tetapi juga harus diperhatikan dari segi proses dan fasilitas pendukung. Keefektifan suatu metode pembelajaran merupakan ukuran seberapa sukses suatu proses pembelajaran.
     Â
Tantangan Peneran Sistem Pembelajaran Daring Bagi Mahasiswa
     Beberapa kendala tentu akan ditemukan pada proses pembelajaran daring, menjadi akibatnya mahasiswa pun dalam biasanya wajib mencari sendiri solusi akan hambatan yang dihadapi. banyak sekali hambatan yg ditemukan selama dalam proses pembelajaran daring bisa berpengaruh terhadap kondisi psikis mahasiswa, sebagai akibatnya diharapkan adanya solusi atas banyak sekali hambatan tersebut, misalnya kemampuan pada pengelolaan stres yang dihadapi. syarat ini sebagai hal yg menarik dikaji mengingat sistem pembelajaran daring ini pertama kali dilakukan sang semua mahasiswa secara serentak (Jamaluddin, dkk. 2020)(Iskandar, 2021).
     masih ada potensi adanya kendala dalam proses pembelajaran daring maka banyak sekali pihak wajib sanggup menemukan solusinya, sebagai akibatnya proyeksi pembelajaran menggunakan sistem daring ke depan bisa diinventarisir sang seluruh perguruan tinggi yg menerapkan system pembelajaran daring. lantaran itu, penelitian mengenai penerapan sistem pembelajaran menggunakan daring perlu dilakukan. sebagai akibatnya dibutuhkan respon yg diperoleh sanggup menggambarkan proses aplikasi pembelajaran daring dalam tengah system pembebelajaran daring ketika ini dan dijadikan isu dasar bagi pihak-pihak terkait pada menentukan kebijakan daring, terutama diperguruan tinggi.
    kendala yang dihadapi pada aplikasi pembelajaran antara lain berkaitan menggunakan kesiapan asal daya insan, kurang jelasnya arahan pemda, belum adanya kurikulum yang tepat, dan keterbatasan sarana dan prasarana, khususnya dukungan teknologi dan jaringan internet. Kesiapan asal daya insan mencakup pendidik (pengajar dan dosen), peserta didik, dan dukungan orang tua merupakan bagian terpenting pada aplikasi pembelajaran. banyak keluhan baik menurut pendidik, siswa, pula orang tua terkait aplikasi belajar berdari loka tinggal . poly pendidik yg mengeluhkan terbatasnya ketersediaan wahana teknologi, kemampuan pengoperasian pula keterbatasan jaringan internet pada beberapa daerah(Arifa, 2020).
    pada memahami materi perkuliahan. sinkron survei pusat inovasi dan Kajian Akademik UGM terhadap 3.353 mahasiswa yang mengikuti pembelajaran daring pada masa darurat Covid-19, sebanyak 66,9% mahasiswa merasa tahu materi perkuliahan memakai baik, sedangkan sisanya mengaku kurang atau sangat kurang tahu menggunakan baik (vice. com, 30 Maret 2010). Kurangnya pemahaman mahasiswa terhadap materi perkuliahan galat satunya disebabkan sang kurang siapnya dosen dalam mengelola Pembelajaran menjadi akibatnya berpengaruh terhadap capaian pembelajaran.
   Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa hambatan pembelajaran daring terletak pada 2 indikator antara lain: Pertama, masih kurangnya skor penilaian terkait penggunaan aplikasi chat online. . Pembahasan yang terkesan monoton atau sepele dapat menimbulkan kebosanan dan menurunkan minat belajar siswa. Kedua, soal tugas yang diberikan dosen kepada mahasiswa, pembelajaran daring  dapat membuat kegiatan belajar mahasiswa tidak terkendali (gratis), sehingga wajib mengikuti latihan-latihan terkait. tugas harus digunakan dengan baik, tanpa membebani siswa.
Manfaat Pembelajaran Daring
     Pembelajaran daring merupakan proses transformasi pendidikan konvensional ke pada bentuk digital sebagai akibatnya memiliki tantangan dan peluang tersendiri (Harjanto, 2020; Zhafira SM, 2020). Pembelajaran daring memiliki karakteristik menjadi berikut :(1) menuntut pembelajar untuk menciptakan dan menciptakan pengetahuan secara mandiri (constructivism); (dua) memanfaatkan media laman (website) yg bisa diakses melalui internet, pembelajaran berbasis personal komputer , kelas virtual, dan kelas digital Kemendikbud, 2016). Pembelajaran secara daring dalam pembelajaran tentu akan mengungkapkan impak positif yg akan memberi laba pada masing-masing pihak meliputi: (1) Institusi bisa mengatasi keterbatasan kelas jika kelas perkuliahan kurang sekiranya dilaksanakan secara tatap muka. Keluhan selama ini bisa teratasi menggunakan adanya pembelajaran daring; (2) Dosen bisa memanfaatkan waktu luang buat melakukan penelitian dan pengabdian pada warga ; (3) Mahasiswa yang kuliah sembari bekerja sangat terbantu karena nisbi belajar melalui internet (nir perlu tiba ke kampus), selain lebih hemat biaya , daring bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun karena nir terbatas oleh ruang dan saat. model pembelajaran daring pula memberi peluang lebih bagi dosen untuk menilai dan mengevaluasi progress pembelajaran setiap mahasiswanya secara lebih efisien (Widiyono, 2020; Zhafira SM, 2020).
    dalam dasarnya, metode pembelajaran daring ini menuntut mahasiswa untuk hadir dikelas. Mahasiswa bisa mengakses pembelajaran melalui media internet. Penggunaan teknologi yg tersedia disekitar kita bila diimbangi menggunakan diskusi dan panduan maka akan sebagai alat pengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi (Hamdani & Priatna, 2020; Wulandari, Sudatha, & Simamora, 2020). Perkembangan teknologi ini memudahkan penggunaan internet untuk mengakses materi pembelajaran, berinteraksi menggunakan konten, pelatih, dan pelajar lain; dan buat menerima dukungan selama proses belajar, untuk memperoleh pengetahuan, untuk membangun tertentu makna, dan tumbuh berdasarkan pengalaman belajar. umumnya, setiap energi pengajar / dosen pada institusi perguruan tinggi sanggup mempunyai pertimbangan sendiri untuk menentukan contoh pembelajaran mana yang dipercaya paling cocok buat diselenggarakan pada pembelajaran mahasiswa.
Beberapa keuntungan menerapkan perkuliahan daring antara lain artinya:(1) fleksibiltas, siswa memiliki kesempatan untuk memilih ketika dan tempat yang cocok untuknya; (2) bisa menaikkan pengetahuan karena kemudahan mengakses sejumlah besar berita; (3) menaruh peluang lebih besar bagi siswa dalam forum diskusi online lantaran bisa menghilangkan hambatan misalnya ketakutan untuk berbicara; (4) Daring dievaluasi hemat biaya lantaran tidak perlu mengeluarkan uang untuk melakukan perjalanan; (5) bisa membantu mengkompensasi kurangnya staf akademik, termasuk instruktur atau guru dan fasilitator teknisi lab, dan lain-lain; (6) penggunaan daring memungkinkan siswa belajar sinkron memakai kecepatannya sendiri, contohnya pada cara asinkron (Arkorful & Abaidoo, 2015)(Jariyah & Tyastirin, 2020).
   De Isman (2020) Penggunaan pembelajaran daring dalam pembelajaran akan memberikan dampak positif bagi organisasi, guru dan siswa. Manfaat tersebut akan menguntungkan masing-masing pihak, antara lain:
1. Organisasi dapat mengatasi keterbatasan kelas jika perkuliahan kurang jika kelas diadakan secara tatap muka. Sampai saat ini, pengaduan dapat diselesaikan melalui e-learning.
2 . Pembicara dapat menggunakan waktu luang mereka untuk meneliti dan fokus pada orang-orang. Minimnya dosen yang melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat selama ini disebabkan oleh keterbatasan waktu. dengan banyak waktu luang untuk mengeluh padahal sejauh ini bisa diselesaikan.
3. Â Siswa, khususnya yang belajar sambil bekerja, sangat bermanfaat karena tidak perlu ke sekolah untuk belajar, hanya melalui internet. Pembelajaran online dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun. Selain itu juga dapat mengatasi keterbatasan porto karena pembelajaran daring lebih hemat biaya.
     Â
CONCLUSION
      Pembelajaran daring hanya efektif untuk penugasan sedangkan dalam memahami materi pembelajaran secara daring dievaluasi sulit bagi mahasiswa. tidak semua mahasiswa mempunyai fasilitas yang menunjang pada kegiatan pembelajaran daring. hambatan lainnya seperti perangkat yg tidak mendukung, koneksi internet yang kurang memadai, dan kuota internet yang mahal sebagai penghambat pembelajaran daring. oleh lantaran itu, adanya hambatan yang masih ada pada proses pembelajaran daring, setiap penyelenggara pendidikan wajib memiliki kebijakan masing-masing pada menyikapi anggaran ini sebagai akibatnya proyeksi pembelajaran menggunakan sistem daring ke depan bisa dipetakan sang lembaga pendidik dan tenaga kependidikan. Terlihat beberapa institusi pendidikan tinggi menaruh subsidi kuota internet pada mahasiswa demi terselenggaranya pembelajaran daring.
    Masa system pembelajaran daring waktu ini seluruh perguruan tinggi perlu melakukan aneka macam penyesuaian terhadap sistem pembelajaran supaya kualitas dan kuantitas tetap terjaga, tetapi pembelajaran menggunakan memakai sistem daring terus sebagai bahasan yang menarik pada kondisi saat ini. Maka disarankan agar dilakukan penelitian selanjutnya terkait optimalisasi system pembelajaran daring dalam aspek yg lebih luas.
    Sesuai beberapa hal yang sudah diungkapkan pada atas maka sebaiknya perkuliahan daring terus dilakukan penilaian buat menjadi bahan pemugaran dalam proses perkulaiahn daring berikutnya. Beberapa hal yang mampu sebagai pertimbangan agar proses perkuliahan daring berjalan lebih baik antara lain ialah:(1) setiap dosen nir menggunakan poly software yg disharmoni agar mahasiswa tidak resah memakai banyaknya perangkat lunak yg dipergunakan, (dua) memilih software yg lebih gampang dipakai dan nir poly menghabiskan kuota; (tiga) selalu memantau jalannya diskusi atau perkuliahan daring. Jangan hingga mahasiswa dikusi sendiri lantaran akan mengakibatkan miskonsepsi; (4) memastikan komunikasi tetap berjalan memakai baik; (5) memakai metode-metode kreatif agar mahasiswa tidak bosan dan mampu lebih memahami materi yang disampaikan, misalnya menciptakan video pembelajaran; (6) mengantisipasi kegiatan pratikum yang tidak mampu dilakukan pada kampus, maka usahakan dosen menciptakan rancangan praktikum sedemikian rupa yang sanggup dilaksanakan mahasiswa dalam loka tinggal .
     Â
REFERENCES Â
Alvianto, A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam Dalam Situasi Pandemi Covid-19. TA'DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 13. https://doi.org/10.30659/jpai.3.2.13-26
Arifa, F. N. (2020). Tantangan pelaksanaan kebijakan belajar dari rumah dalam masa darurat covid-19. Info Singkat: Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis, 7(1), 13--18.
Iskandar, I. (2021). IMPLEMENTATION OF ONLINE LEARNING SYSTEMS TO NURSING STUDENTS Universitas Abulyatama Jurnal Dedikasi Pendidikan PENERAPAN SISTEM PEMBELAJARAN DARING PADA. August.
Jariyah, I. A., & Tyastirin, E. (2020). Proses dan Kendala Pembelajaran Biologi di Masa Pandemi Covid-19: Analisis Respon Mahasiswa. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 4(2), 183. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v4i2.224
Nastiti, R., & Hayati, N. (2020). Pembelajaran Daring pada Pendidikan Tinggi: Tantangan Bagi Mahasiswa dan Dosen di Tengah Pandemi. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 3(3), 378--390. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v3i3.145
Wulandari, I. G. A. A., & Agustika, G. N. S. (2020). Dramatik Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Persepsi Mahasiswa PGSD Undiksha). Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 515--526.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H