Sebagai Cara dalam Menelusur dan Menguak Cerita dari Hasil Penelitian Menjadi Sesuatu Yang Bersifat Ilmiyah.
Disampaikan dalam Diskusi Pasca-Sarjan UMS Metode Penelitian dalam Pendidikan Islam.
Oleh: Minten Ayu Larassati
A.Pengantar
Manusia adalah makhluk Storying. Memahami dunia dan hal-hal yang terjadi adalah dengan membangun narasi untuk menjelaskan dan menginterpretasikan kejadian baik untuk diri kita sendiri maupun orang lain. Struktur narasi dan kosa kata yang kita gunakan ketika kita berinteraksi dan bercerita mengenai kisah dan pengalaman hidup kita secara detail dan signifikan, akan memberikan informasi tentang posisi sosial dan budaya. Dalam arti ini cerita bukan hanya menjadi cerita saja, melainkan menjadi bagian dari penelitian untuk memahami manusia dan dunianya.
Identitas manusia dibentuk dan berkembang seturut dengan cerita yang diajarkan kepadanya, sekaligus cerita yang dituturkan di dalam hidupnya, dengan demikian narasi atua cerita bisa mempengaruhi/memberikan opini tersendiri bagi penikmat narasi. Metode naratif hendak memahami kehidupan manusia yang memang penuh dengan ‘cerita’. Pendekatan ini lebih bersifat holistik, detil, dan sangat kualitatif guna memahami kehidupan manusia yang terus berubah sejalan dengan perubahan waktu.
Di dalam bukunya Wabster dan Metrova mengajukan tiga hal yang kiranya perlu untuk memahami inti dari metode naratif. Tiga hal itu dirumuskannya dalam tiga pertanyaan. Mengapa naratif? Mengapa cerita yang dijadikan sebagai titik tolak penelitian? dan aspek-aspek apa sajakah yang perlu dikuasai di dalam model penelitian naratif?. Dengan menjawab tiga pertanyaan itu, maka metode penelitian naratif dapatlah dirumuskan sebagai metode penelitian yang sifatnya koheren dan integral. Di dalam tulisannya Wabster dan Metrova menyatakan dua kontribusi metode naratif di dalam penelitian ilmu-ilmu sosial, yaitu satu, metode naratif membantu menegaskan sejarah dari kesadaran manusia. Metode naratif mau menganalisis cerita yang dituturkan maupun yang didengarkan orang sedari ia kecil, dengan demikian cerita tidak hanya membentuk manusia individual, tetapi juga manusia sebagai keseluruhan, yakni manusia sebagai spesies. Yang kedua pada level individual, menurut Wabster dan Metrova , cerita adalah cerminan dari pribadi personal setiap orang. Di dalam cerita terkandung sejarah dan ingatan tentang masa kecil, remaja, dewasa, sampai masa tua seseorang.
Di dalam filsafat pendidikannya, John Dewey menggunakan narasi (cerita) sebagai titik tolaknya. Baginya cerita memiliki pengaruh besar di dalam perkembangan kesadaran diri manusia. Tidak hanya itu baginya, masyarakat manusia pada umumnya berkembang dengan berpijak pada tradisi oral (tutur cerita) yang sangat mengedepankan pendidikan melalui cerita. Maka dari itu cerita memiliki peran yang sangat penting di dalam pembentukan cara berpikir dan karakter manusia. Jika narasi memang memiliki peran yang begitu penting di dalam kehidupan, maka penelitian atasnya juga membantu kita untuk memperoleh pengertian lebih tentang iklim pendidikan di suatu masyarakat, baik pendidikan dalam bentuk keterampilan teknis, ataupun pendidikan yang sifatnya lebih teoritis yang sifatnya lebih membentuk pemikiran dan pandangan dunia (world view).
Dalam makalah ini akan membahas mengenai narasi yang di gunakan dalam penelitian yang kemudian di sebut sebagai metode penelitian naratif.
B.Sejarah Narasi
Sejarah narasi (bahasa Inggris: oral history) para ilmuwan Eropa sejak dua abad berselang sangat memandang tinggi penggunaan dokumen sebagai dasar penelitian karena dokumen dianggap dapat mengungkapkan keabadian serta kekinian yang dapat dirangkul, diinterpretasi dan dieksplanasi sehingga timbul pameo no documents, no history sikap pandangan ini berangsur-angsur mulai berubah karena sebetulnya sikap yang demikian merupakan penutup pintu terhadap sejarah mayoritas penduduk dunia yang tidak terdokumentasi, yang lahir, yang hidup, dan yang kematinya pun tidak pernah tercatat dalam dokumen apapun. kebanyakan berasal dari sejarah masyarakat yang terjajah, yang tidak berdaya, buruh, wanita, anak-anak, dan etnis minoritas, jarang muncul dalam sumber tertulis.
Dalam perkembangan dengan ditemukan teknologi rekaman dan berkembangnya penelitian lisan serta pemanfaatannya oleh para sejarawan, mereka yang diam itu telah diberi ruang untuk ikut bersuara dan dengan demikian dapat ikut berbicara mengenai masa lampau dan secara bersama ikut menata masa depan. "Sejarah narasi berhasil membangun pemahaman yang lebih baik mengenai masa lampau dengan cara menyediakan pandangan dan kisah yang makin luas bagi generasi mendatang. Kemungkinan yang demokratis yang dibuka oleh sejarah narasi terletak pada keanekaragaman pandangan yang dapat disediakan. Sejarah narasi dapat membebaskan peneliti dari kendala-kendala definisi tradisional dan politis mengenai siapa yang membuat sejarah dan apa yang disebut sumber sejarah.
C.Pengertian Penelitian Naratif
1.Struktur Naratif
Gaya naratif merupakan kekuatan dari riset kualitatif, tekniknya sama dengan bentuk story telling dimana cara penguraian yang menghablurkan batas-batas fiksi, jurnalisme dan laporan akademis, “ narratives in story telling modes blur the lines between fiction, jurnalism and scholarly studies. Bentuk penelitian naratif antara lain; memakai pendekatan kronologis sepersis menguraikan peristiwa demi peristiwa di bentangkan secara perlahan mengikuti proses waktu (slowly over time), seperti ketika menjelaskan subyek studi mengenai budaya saling-berbagi di dalam kelompok (a ulture-sharingg group), narasi kehidupan seseorang (the narrative of the life of on individual) atau evolusi sebuah program atau sebuah organisaasi (evolution of a program or an organization). Teknik lainnya ialah seperti menyempitkan dan memfokuskan pembahasan. Laporan juga bisa seperti pendeskripsian pelbagai kejadian, berdasarkan tema-tema atau persepektif tertentu. Gaya naratif, dari studi kualitatif bisa juga mengerangkakan sosial tipikal keseharian hidup seseorang (a typical day in the life) dari sosok individu atau kelompok.
Unsur pokok yang ada disetiap bentuk naratif dalam sastra adalah plot (alur erita), yang meliputi beginng (awal), middel (tenggah) dan ending (akhir). Bagian awal yang memperkenalkan tokoh-tokoh, serta tempat dan waktu terjadinya peristiwa, bagian tengah adalah perkembagan lebih lanjut konflik awal sampai ke puncak konflik yaitu klimaks, bagian akhir ditandai dengan penyelesaian konflik (resolution).
2.Devinisi Penelitian Naratif
Menurut Webster dan Metrova, narasi (narrative) adalah suatu metode penelitian di dalamilmu-ilmu sosial. Inti dari metode ini adalah kemampuannya untuk memahami identitas dan pandangan dunia seseorang dengan mengacu pada cerita-cerita (narasi) yang ia dengarkan ataupun tuturkan di dalam aktivitasnya sehari-hari.
Penelitian naratif adalah studi tentang cerita. Dalam beberapa hal cerita dapat muncul sebagai catatan sejarah, sebagai novel fiksi, seperti dongeng, sebagai autobi-ographies, dan genre lainnya. Cerita ditulis melelu proses mendengarkan dari orang lain atau bertemu secara langsung dengan pelaku melelui wawancara. Studi tentang cerita dilakukan dalam berbagai disiplin keilmuan, termasuk sastra kritik, sejarah, filsafat, teori organisasi, dan sosial ilmu pengetahuan. Dalam ilmu sosial, cerita dipelajari oleh para antropolog, SOCI- ologists, psikolog, dan pendidik.
Penelitian naratif biasanya digunakan ketika peneliti ingin membuat laporan naratif dari cerita individu. Peneliti membuat ikatan dengan partisipan dengan tujuan supaya peneliti maupun partisipan merasa nyaman. Bagi partisipan berbagi cerita akan membuatnya merasa ceritanya itu penting dan merasa didengarkan. Penelitian naratif juga digunakan ketika cerita memiliki kronologi peristiwa. Penelitian ini berfokus pada gambar mikroanalitik (cerita individu) daripada gambar yang lebih luas tentang norma kebudayaan, seperti dalam etnografi, atau teori-teori umum dan abstrak, seperti dalam grounded theory. Desain penelitian naratif ditinjau secara luas dalam bidang pendidikan baru pada tahun 1990. Tokoh pendidikan D. Jean Clandinin dan Michael Connelly untuk pertama kalinya yang memberikan tinjauan penelitian naratif dalam bidang pendidikan. Mereka menyebutkan dalam tulisannya beberapa aplikasi penelitian naratif dalam ilmu sosial, menguraikan proses pengumpulan catatan-catatan naratif dan mendiskusikan struktur atau kerangka penelitian dan penulisan laporan penelitian naratif. Tren atau kecenderungan mempengaruhi perkembangan penelitian naratif dalam bidang pendidikan. Cortazzi dalam Creswell mengemukakan tiga faktor. Pertama, sekarang ini ada peningkatan perhatian pada refleksi guru. Kedua, perhatian lebih ditekankan pada pengetahuan guru (apa yang mereka tahu, bagaimana mereka berpikir, bagaimana mereka menjadi profesional, dan bagaimana mereka membuat tindakan dalam kelas). Ketiga, pendidik mencoba membawa suara guru ke permukaan dengan memberdayakan guru untuk melaporkan tentang pengalaman mereka.
D.Jenis-Jenis Penelitian Naratif
Jenis narasi dapat dilihat dengan mengetahui pendekatan apa yang digunakan. Menurut Polkinghorne (1995 hal 12) ada dua pendekatan yang bisa diambi yaitu pendekatan dengan membedakan antara analisis narasi dan analisis naratif dapat di pahami juga degan narasi sebagai data: data sebagai narasi.
1.Analisi narasi
Analisis narasi adalah sebuah paradigma dengan cara berpikir untuk membuat deskripsi tema yang tertulis dalam cerita atau taksonomi jenis
2.Analisis naratif,
Analisis naratif adalah sebuah paradigma dengan mengumpulkan deskripsi peristiwa atau kejadian dan kemudian menyusunya menjadi cerita dengan menggunakan alur cerita.
Dari kedua pendekatan tersebut Pendekatan kedua adalah untuk menekankan berbagai bentuk yang ditemukan pada praktek penelitian naratif. Misalnya: sebuh otobiografi, biografi, dokumen pribadi, riwayat hidup, personal accounts, etnobiografi, otoetnografi. Untuk memperjelas mengenai analisis naratif tersebut akan di bahas sebagai berikut;
a)Autobiografibentuk studi naratif dimanaindividu atau orang lain yang ditulis subyek penelitian bagi tulisanya sendiri.
b)Biografi adalah bentuk studi naratif dimana peneliti menulis dan mencatat pengalaman orang lain. Naratif otobiografi individu yang menjadi subjek studi yang menulis laporannya. Degan menaganlisis biografi kita dapat menentukan siapa yang menulis dan mencatat cerita individu.
c)Riwayat hidup adalah suatu naratif dari keseluruhan pengalaman hidup seseorang. Fokusnya sering meliputi titik balik atau peristiwa penting dalam kehidupan individu. Dalam pendidikan, studi naratif secara khusus tidak meliputi laporan dari suatu keseluruhan kehidupan tetapi malah berfokus pada suatu bagian atau peristiwa tunggal dalam kehidupan individu. Dengan riwayat hidup kita dapat melihat berapa banyak dari suatu kehidupan yang dapat dicatat dan disajikan oleh penulis
d)Personal account adalah suatu naratif mengenai seseorangSebagai contoh, naratif guru tentang pengalamannya di dalam kelas. Studi naratif yang lain berfokus pada siswa di dalam kelas. Beberapa individu yang lain dalam latar pendidikan dapat memberikan cerita, misalnya tenaga administrasi, pramusaji, tukang kebun dan tenaga kependidikan yang lain. Dengan ini kita dapat melihat siapa yang memberikan cerita.
e)Etnografi adalah deskripsi tentantang kebudayaan suku-suku bangsa yang hidup; ilmu tentangt pelukisan kebudayaan suku-suku bangsa yang hidup tersebar di muka bumi. Misalnya. Pandangan teoretis untuk Amerika latin menggunakan pandangan “testimonios”, untuk cerita tentang wanita menggunakan perspektif “feminist”. Suatu pandangan teoretis dalam penelitian naratif adalah pedoman perspektif atau ideologi yang memberikan kerangka untuk menyokong dan menulis laporanApakah suatu pandangan teoretis digunakan?
Jika peneliti merencanakan melakukan studi naratif, maka perlu mempertimbangkan jenis studi naratif apa yang akan dilakukan. Dalam studi naratif, untuk mengetahui jenis naratif apa yang akan digunakan memang penting, tetapi yang lebih penting adalah mengetahui karakteristik esensial dari tiap-tiap jenis.
E.Karakteristik Penelitian Naratif
Salah satu kunci karakteristik yang menonjol dalam penelitian narati adalah terdapat tujuh karakteristik utama penelitian naratif yaitu:
a)Pengalaman individu.
Peneliti naratif berfokus pada pengalaman satu individu atau lebih. Peneliti mengeksplorasi pengalaman-pengalaman individu. Pengalaman yang dimaksud pengalaman pribadi dan pengalaman sosial. Penelitian naratif berfokus memahami pengalaman masa lalu individu dan bagaimana pengalaman itu memberi kontribusi pada pengalaman masa sekarang dan masa depan
b)Kronologi pengalaman.
Memahami masa lalu individu seperti juga masa sekarang dan masa depan adalah salah satu unsur kunci dalam penelitian naratif. Peneliti naratif menganalisis suatu kronologi dan melaporkan pengalaman individu. Ketika peneliti berfokus pada pemahaman pengalaman ini, peneliti memperoleh informasi tentang masa lalu, masa sekarang dan masa depan partisipan. Kronologi yang dimaksud dalam penelitian naratif adalah peneliti menganalisis dan menulis tentang kehidupan individu menggunakan urutan waktu menurut kronologi kejadian
c)Pengumpulan cerita.
Peneliti memberi tekanan pada pengumpulan cerita yang diceritakan oleh individu kepadanya atau dikumpulkan dari beragam field texts. Cerita dalam penelitian naratif adalah orang pertama langsung secara lisan yang mengatakan atau menceritakan. Cerita biasanya memiliki awal, tengah dan akhir. Cerita secara umum harus terdiri dari unsur waktu, tempat, plot dan adegan. Peneliti naratif mengumpulkan cerita dari beberapa sumber data. Field texts dapat diwakili oleh informasi dari sumber lain yang dikumpulkan oleh peneliti dalam desain naratif. Cerita dikumpulkan dengan cara diskusi, percakapan atau wawancara.
d)Restorying.
Cerita pengalaman individu yang diceritakan kepada peneliti diceritakan kembali dengan kata-kata sendiri oleh peneliti. Peneliti melakukan ini untuk menghubungkan dan mengurutkannya. Restorying adalah proses dimana peneliti mengumpulkan cerita, menganalisisnya dengan unsur kunci cerita (waktu, tempat, plot dan adegan) dan kemudian menulis kembali cerita itu untuk menempatkannya dalam urutan kronologis Ada beberapa tahap untuk melakukan restory :
1)Peneliti melakukan wawancara dan mencatat percakapan dari rekaman suara.
2)Peneliti mencatat data kasar/mentah dengan mengidentifikasi unsur kunci cerita.
3)Peneliti menceritakan kembali dengan mengorganisir kode kunci menjadi suatu rangkaian atau urutan. Rangkaian yang dimaksud adalah latar (setting), tokoh atau karakter, tindakan, masalah dan resolusi.
4)Peneliti melakukan wawancara dan mencatat percakapan dari rekaman suara.
5)Peneliti mencatat data kasar/mentah dengan mengidentifikasi unsur kunci cerita.
6)Peneliti menceritakan kembali dengan mengorganisir kode kunci menjadi suatu rangkaian atau urutan. Rangkaian yang dimaksud adalah latar (setting), tokoh atau karakter, tindakan, masalah dan resolusi
e) Coding tema.
Peneliti naratif dapat memberi kode dari cerita atau data menjadi tema-tema atau kategori-kategori. Identifikasi tema-tema memberikan kompleksitas sebuah cerita dan menambah kedalaman untuk menjelaskan tentang pemahaman pengalaman individu. Peneliti menggabungkan tema-tema menjadi kalimat mengenai cerita individu atau memasukannya sebagai bagian terpisah dalam suatu penelitian. Peneliti naratif secara khusus memberi tema utama setelah proses restory
f)Konteks atau latar.
Peneliti menggambarkan secara terperinci latar atau konteks dimana pengalaman individu menjadi pusat fenomenanya. Ketika melakukan restory cerita partisipan dan menentukan tema, peneliti memasukkan rincian latar atau konteks pengalaman partisipan. Latar atau setting dalam penelitian naratif boleh jadi teman-teman, keluarga, tempat kerja, rumah dan organisasi sosial atau sekolah.
g)Kolaborasi.
Peneliti dan partisipan berkolaborasi sepanjang proses penelitian. Kolaborasi dalam penelitian naratif yaitu peneliti secara aktif meliput partisipannya dalam memeriksa cerita yang dibukakan atau dikembangkan. Kolaborasi bisa meliputi beberapa tahap dalam proses penelitian dari merumuskan pusat fenomena sampai menentukan jenis field texts yang akan menghasilkan informasi yang berguna untuk menulis laporan cerita pengalaman individu. Kolaborasi meliputi negoisasi hubungan antara peneliti dan partisipan untuk mengurangi potensi gap atau celah antara penyampai naratif dan pelapor naratif.
Kolaborasi juga termasuk menjelaskan tujuan dari penelitian kepada partisipan, negoisasi transisi dari mengumpulkan data sampai menulis cerita dan menyusun langkah-langkah untuk berbaur dengan partisipan dalam penelitian.
F.Prosedur untuk Melaksanakan Penelitian
Prosedur untuk melakukan riset narasi menggunakan pendekatan yang diambil oleh Clandinin dan Connelly (2000) sebagai umum Panduan prosedural, metode melakukan studi narasi tidak mengikuti pendekatan kunci-langkah, melainkan merupakan koleksi informal topik.
en Tenukan apakah masalah penelitian atau pertanyaan paling cocok narasi penelitian. Penelitian Narasi yang terbaik untuk menangkap cerita rinci atau kehidupan pengalaman hidup tunggal atau kehidupan sejumlah kecil individu.
2.Pilih satu atau lebih individu yang memiliki cerita atau pengalaman hidup memberitahu, dan menghabiskan banyak waktu dengan mereka mengumpulkan cerita mereka melalui kelipatan jenis informasi cerita tentang individu dari anggota keluarga, mengumpulkan dokumen tersebut sebagai memo atau korespondensi resmi tentang individu, atau memperoleh pho-tographs, kotak memori (koleksi item yang memicu kenangan), dan lainnya pribadi-keluarga sosial artefak. Setelah memeriksa sumber-sumber, peneliti mencatat pengalaman hidup individu.
3.Mengumpulkan informasi tentang konteks cerita. Cerita peneliti menempatkan cerita individu dalam peserta 'pribadi pengalaman- ences (pekerjaan mereka, rumah mereka), budaya mereka (ras atau etnis), dan mereka-nya torical konteks (waktu dan tempat).
4.Menganalisis cerita peserta, dan kemudian "restory" mereka ke dalam kerangka kerja yang masuk akal. Restorying adalah proses reorganisasi cerita ke dalam beberapa jenis umum dari kerangka. Kerangka kerja ini dapat terdiri dari mengumpulkan cerita, menganalisis mereka untuk elemen kunci dari cerita (misalnya, waktu, tempat, plot, dan adegan), dan kemudian menulis ulang cerita untuk menempatkan mereka dalam urutan kronologis (Ollerenshaw & Creswell, 2000). Seringkali ketika individu menceritakan kisah mereka, mereka tidak hadir dalam kronologis urutan. Selama proses restorying, peneliti memberikan kausal
Berkolaborasi dengan peserta secara aktif melibatkan mereka dalam penelitian (Clandinin & Connelly, 2000). Sebagai peneliti mengumpulkan cerita, mereka menegosiasikan hubungan, transisi halus, dan memberikan cara untuk menjadi berguna untuk para peserta. Dalam penelitian narasi, tema kunci telah menjadi turn arah hubungan antara peneliti dan diteliti di mana kedua pihak akan belajar dan berubah dalam pertemuan (Pinnegar & Daynes, 2006). Dalam proses ini, para pihak menegosiasikan makna dari cerita, menambahkan val-aidation periksa untuk analisis (Creswell & Miller, 2000). Dalam partisipasi Cerita celana juga bisa menjadi cerita jalinan peneliti mendapatkan wawasan dia atau hidupnya sendiri (lihat Huber & Whelan, 1999). Juga, dalam cerita mungkin pengalaman luar biasa atau titik balik di mana alur cerita perubahan arah secara dramatis. Pada akhirnya, studi narasi menceritakan kisah indi-vidu berlangsung dalam kronologi pengalaman mereka, mereka diatur dalam per-sonal, sosial, dan sejarah konteks, dan termasuk tema-tema penting dalam pengalaman-pengalaman hidup. "Permintaan Narasi adalah kisah hidup dan mengatakan," kata.
G.Mengevaluasi penelitian naratif
Sebagai salah satu bentuk penelitian kualitatif, penelitian naratif perlu konsisten dengan kriteria penelitian kualitatif. Ada aspek-aspek spesifik naratif dalam membaca dan mengevaluasi studi naratif yang harus dipertimbangkan. Daftar pertanyaan berikut ini dapat digunakan untuk mengevaluasi laporan penelitian naratif.
1.Apakah peneliti berfokus pada pengalaman individu?
2.Apakah fokus pada seseorang atau beberapa orang individu?
3.Apakah peneliti mengumpulkan cerita suatu pengalaman individu?
4.Apakah peneliti malakukan restory cerita partisipan?
5.Dalam restorying, apakah suara partisipan terdengar seperti suara peneliti?
6.Apakah peneliti mengidentifikasi tema-tema yang muncul dari cerita?
7.Apakah cerita ini termasuk informasi tentang tempat atau latar dari individu?
8.Apakah cerita memiliki kronologis, urutan temporal termasuk masa lalu, sekarang, dan masa depan?
9.Apakah ada bukti peneliti berkolaborasi dengan partisipan?
10.Apakah cerita itu cukup menjawab tujuan dan pertanyaan peneliti?
H.Kekuatan dan Kelemahan Desain Narasi
Kekuatan
Kelemahan
·Terlibat secara langsung
·Memberikan gambaran topic
·Membantu orang lain memahami topic
·Data langsung dan lengkap mengenai topik
·Topik dapat "palsu data"
·Kepemilikan cerita
I.Contoh hasil penelitian narasi
Hasil peelitian seorang Muhammad Iqbal di bukukan Dalalam Biografi
J.Penutup
Penelitian naratif adalah salah satu bentuk penelitian kualitaif dengan mengedepankan cerita dari individu yang kemudia di atur menjadi sebuah narasi dengan kadedah penulisan yang benar.
DAFTAR PUSTAKA
Donald E. Polkinghorne. 2007.Narasi dalam Penelitian. Di Sage Publikasi University of Southern California, Los Angeles.. Volume X Nomor X. Bulan 2.007 XX..dapat di akses di http://qix.sagepub.com. Dalam laman google translid http://www.sonic.net/~rgiovan/essay.2.PDF di unduh pada 10/09/2012.
Hong Lysa. History Department and the Southeast Asian Studie, National University of Singapore dalam Sejarah Narasi http://wilkipedia.com/
http://nopriawanina.blogspot.com/2011/01/desain-penelitian-naratif.html
http://www.sagepub.com/upm-data/13421_Chapter4.pdf dalam 04-Creswell2e.qxd di posting pada: 2006/11/28 03:39 Page 56
http://www.sagepub.com/upm-data/13421_Chapter4.pdf2
Dr William M. Bauer Penelitian Narasi Desain http://www.marietta.edu/~bauerm/Educ640PP/CH16-Narrative_files/CH
Leonard Webster dan Patricie Metrova (1953),Using Narrative Inquiry as a Research Method dalam: Metode Penelitian Naratif. http://rumahfilsafat.com/ di posting pada 28/11/2009.
Profesor Pat Sikes dan Ken Gale. 2006. Narasi Pendekatan Penelitian Pendidikandi Inquiry Kualitatif, Fakultas Pendidikan, Universitas Plymouth, dalam http://ranslate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en%7Cid&u=http://www.edu.plymouth.ac.uk/resined/narrative/narrativehome.htm/
Santana K Septian, 2007. Metode Ilmiyah Metode Penelitian Kualitatif . Jakarta. Yayasan Obor Indonesia Anggota IKAIP DKI Jakarta.
Siswantoro, 2010. Metode Penelitian Sastara Analisis Struktur Puisi. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Storyong: cerita. Menurut KBBI ce·ri·ta artinya 1 tuturan yg membentangkan bagaimana terjadinya suatu hal (peristiwa, kejadian, dsb): itulah -- nya ketika kami mendaki Gunung Sumbing; 2 karangan yg menuturkan perbuatan, pengalaman, atau penderitaan orang; kejadian dsb (baik yg sungguh-sungguh terjadi maupun yg hanya rekaan belaka); 3 lakon yg diwujudkan atau dipertunjukkan dl gambar hidup (sandiwara, wayang, dsb): film ini -- nya kurang bagus; 4 ki omong kosong; dongengan.
Dalam hal ini, manusia dalam kehidupanya berproses dari lahir sampai mati, diamana dalam menjalani berbagai aktifitasnya manusia memiliki alur kehidupan yang dipengaruhi oleh budaya,waktu,tempat dll diamana ia berpijak. Pengaruh tersebut menghasilkan kejadian-kejadian yang sering di pahami sebagai pengalaman, yang pada akhirnya pengalaman kehidupan individu tersebut akan diceritakan kepada orang lain. Exc: Narasi tentang seorang tokoh “Abdul Malik Fajar”
Profesor Pat Sikes dan Ken Gale. 2006. Narasi Pendekatan Penelitian Pendidikandi Inquiry Kualitatif, Fakultas Pendidikan, Universitas Plymouth, dalam http://ranslate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en%7Cid&u=http://www.edu.plymouth.ac.uk/resined/narrative/narrativehome.htm/ diunduh pada 10/09/2012 pada 11.35am
Leonard Webster dan Patricie Metrova (1953),Using Narrative Inquiry as a Research Method dalam: Metode Penelitian Naratif. http://rumahfilsafat.com/ di posting pada 28/11/2009. di unduh pada 10/09/2011. 09.43 am.
Hong Lysa. History Department and the Southeast Asian Studie, National University of Singapore dalam Sejarah Narasi http://wilkipedia.com/ diunduh pada 14/09/2012. 19.30 pm.
Santana K Septian, 2007. Metode Ilmiyah Metode Penelitian Kualitatif . Jakarta. Yayasan Obor Indonesia Anggota IKAIP DKI Jakarta. Hal : 82
Siswantoro, 2010. Metode Penelitian Sastara Analisis Struktur Puisi. Yogyakarta. Pustaka Pelajar. Hal: 37
Leonard Webster dan Patricie Metrova, op.cit
Donald E. Polkinghorne. 2007.Narasi dalam Penelitian. Di Sage Publikasi University of Southern California, Los Angeles.. Volume X Nomor X. Bulan 2.007 XX..dapat di akses di http://qix.sagepub.com. Dalam laman google translid http://www.sonic.net/~rgiovan/essay.2.PDFdi unduh pada 10/09/2012. 12.20am.
http://nopriawanina.blogspot.com/2011/01/desain-penelitian-naratif.html
http://www.sagepub.com/upm-data/13421_Chapter4.pdf dalam 04-Creswell2e.qxd di posting pada: 2006/11/28 03:39 Page 56 di unduh pada 10/09/2012 11.24am.
Taksonomi adalah klasifikasi unsur bahasa menurut hubungan hierarkis; urutan satuan fonologis atau gramatikal yg dimungkinkan dalam satuan bahasa (Kamus Besar Bahasa Indonesia)
ibid
Dalam Inquiry Kualitatif dan Desain Penelitianhttp://www.sagepub.com/upm-data/13421_Chapter4.pdf diunduh pada 10/09/2012 11.48am.
Dr William M. BauerPenelitian Narasi Desain http://www.marietta.edu/~bauerm/Educ640PP/CH16-Narrative_files/CH
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H