MENGELOLASTRES
Tidak kita pungkiri bahwa saat ini, guru yang menderita stres presentasinya sangat tinggi dan hal ini sangat mengkhawatirkan, karena bisa berimbas pada kinerja guru. Untuk itu dalam tulisan ini saya akan sedikit berbagi tentang apa itu stres dan bagaimana menanggunlanginya. Untuk referensi saya ambil dari buku " The Smiling Teacher” karangan Dr. H. dadi Permadi, M.Ed. dan Dr. H. Daeng Arifin, M.Si
A.Apa itu Stres
Menurut Dr. Hans Selye, stres adalah respon badan (body) yang tidak khusus terhadap berbagai tuntutan. Stres adalah reaksi manusia terhadap berbagai tekanan dan tantangan yang terjadi, baik dalam dunia kerja maupun dalam kehidupan sehari-hari. Stres itu bisa positif ataupun negatif . Tidak semua stres berbahaya. Namun, bila stres keadaannya tinggi, bisa mengakibatkan berbagai penyakit, seperti sakit kepala, nyeri dada, tekanan darah naik, menstruasi tidak lancar, susah tidur, marah, dan mudah tersinggung, selalu curiga, dan terserang stroke yang bisa mengakibatkan kematian.
B.Macam-macam Stres
Stres terdiri dari dua macam
1.Eustres ialah stres yang baik, biasanya stres yang sedang-sedang saja dan bisa dikelola atau dapat meningkatkan produktivitas dalam bekerja atau dalam kehidupan. Eustres dapat merangsang pikiran seseorang dan badan serta menumbuhkan kreativitas dan inovasi.
2.Distres ialah stres yang berat yang menyebabkan sakit badan dan kejiwaan. Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), akan menyebabkan orang mengalami stres yang berat. Banyak contoh orang jadi gila, bahkan sampai bunuh diri, bila menderita stres berat yang berkepanjangan.
C.Penyebab Stres
Penyebab stres di antaranya:
1.psychological (kejiwaan) seperti cemas karena sesuatu;
2.physcal (badan), seperti kurang gizi, kerja berat, dan kecapaian;
3.social, seperti rendahnya hubungan sosial dengan pihak lain;
4.emotional, seperti ketakutan akan sesuatu, merasa bersalah atau berdos; merasa terhina, dan merasa ditekan;
5.financial, seperti kekuranagn uang atau materi.
Bagi seorang manajer atau pemimpin, penyebab stres bisa terjadi dari:
1.beban kerja yang berat;
2.putus hubungan dengan relasi
3.tujuan yang sulit dicapai atau target sasaran yang tidak tercapai;
4.peran yang tidak jelas dan tugas yang sulit dipecahkan;
5.kewenangan yang terbatas sedangkan tanggung jawab tinggi;
6.kondisi pekerjaan yang kurang menyenangkan;
7.Kurang rasa aman dalam bekerja;
8.konplik peran;
9.berbagi perubahan yang tiba-tiba dan diberhentikan dari jabatan;
10.terlalu banyak bepergian.
Anda dan Stres
Jawablah dengan mencoreng nomor yang sesuai dengan Anda
No.
Selalu
Biasanya
Kadang-kadang
Jarang
Tak pernah
1.
Saya makan teratur dan seimbang tiap hari
2.
Saya mendapat dan
menerima perhatian
tiap hari
3.
Saya tidur antara 7-8 jam dalam empat
hari/minggu
4.
Saya mempunyai
saudara yang dekat
yang bisa dijumpai
dengan jarak ± 40 KM
5.
Saya berolah raga yang sehat 2 kali seminggu
6.
Saya merokok kurang dari ½ kali seminggu
7.
Saya mempunyai berat badan yang seimbang
8.
Say berpenghasilan
cukup untuk keperluan sehari-hari
9.
Saya mempunyai
kekuatan keimanan
dari agama saya
10.
Saya punya teman
sedikitnya 1 orang
untuk curhat
(berkonsultasi)
11.
Saya punya jaringan sahabat, teman, dan
kenalan
12.
Saya mengunjungi
organisasi dan terlibat dalam kegiatan sosial
13.
Saya merasa sehat dan masih kuat
14.
Saya ada cara terbuka tentang perasaan ketika marah
15.
Saya mendiskusikan berbagai masalah
dengan kekeluargaan tentang isu-isu,
tremasuk uang
16.
Saya berekreasi
sedikitnya sekali dalam seminggu
17.
Saya mengatur waktu dengan efektif
18.
Saya minum kopi,
coklat, atau cola
kurang dari 3 cangkir sehari
19.
Saya meluangkan
waktu untuk istirahat dan merenungkan diri sendiri dalam satu hari
20.
Saya bersabar, tawakal, dan ikhtiar dalam
menghadapi keadaan
·Untuk mendapatkan skor, jumlahkan ke bawah dan kurangi 20.
Skor yang diperoleh menentukan tingkat stres Anda
·Jika skor Anda di atas 30, Anda berpeluang kena stres
·Jika skor Anda antara 50-75, Anda mengalami stres yang serius
·Jika skor Anda di atas 75, Anda mengalami stres berat
D.Cara Menanggulangi Stres
Ada beberapa cara untuk menanggulangi stres
1.Kuasai pekerjaan Anda baik-baik. Tentukan tujuan yang jelas dan realistis. Buat keputusan dengan bijaksana dan buat skala prioritas. Jangan mencari kesalahan orang lain atas masalah Anda
2.Cintailah diri Anda, jangan terlalu menjadi orang yang selalu ingin sempurna. Akui kesalahan dan belajar dari hal tersebut
3.Percaya diri dan kembangkan sikap positif. Jangan cemas, lihat masalah sebagai sebuah tantangan atau kesempatan
4.Identifikasi apa penyebab dari stres dan cobalah untuk mencari jalan keluar yang terbaik
5.Berolah raga atau senam antara 30-45 menit, paling tidak 3 kali dalam seminggu
6.Bicarakanlah kecemasan dan rasa frustasi Anda
7.Meditasi atau berdoa adalah perlu untuk menerangkan pikiran yang sedang kalut. Penelitianmembuktikan bahwa meditasi atau berdoa 2 kali minimal antara10-20 menit akan bermanfaat dalam menanggulangi stres dan dapat meningkatkan kapasitas kerja.
8.Melakukan diet yang seimbang, jaga berat badan ideal, hindari makanan yang tinggi lemak, garam, daging berwarna merah. Makanlah makanan yang banyak serat (sayur-mayur), minum air putih 6-8 gelas sehari, tidak merokok, dan tidak minum alkohol.
9.Tidurlah yang cukup (6-8 jam semalam), kurang tidur akan mudah marah dan sakit.
10.Tingkatkan rasa percaya diri, senangi pekerjaan, cintailah dan rawat diri sendiri
11.Kerja dan rekreasi yang seimbang. Jangan bawa pekerjaan ke rumah.
12.Seyumlah sedikitnya 5 menit sehari dan buatlah hal yang baik bagi orang lain.
13.Punya rasa humor dan tertawa yang sehat
14.Mengelola waktu dengan bijak dan tepat. Hindari tuntutan kegiatan yang tidak produktif.
15.Perluas persahabatan dengan kawan-kawan yang baik
16.Dengarkan musik yang menenangkan, berliburlah dengan teratur.
17.Jangan panik bila terkena stres, tanya ahli konseling untuk mengatasinya, berpikir yang rasional dan logis.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H