Mohon tunggu...
Rusmin Sopian
Rusmin Sopian Mohon Tunggu... Freelancer - Urang Habang yang tinggal di Toboali, Bangka Selatan.

Urang Habang. Tinggal di Toboali, Bangka Selatan. Twitter @RusminToboali. FB RusminToboali.

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Cerpen: Pak Gendut dan Rasa Sesal Berkepanjangan

28 November 2021   20:02 Diperbarui: 28 November 2021   20:16 646
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

" Iya. Jangan sampai kamu salah menyampaikan informasikan kepada Bapak. Ntar kalau Bapak keok dalam Pilkada nanti kamu juga susah,' celetuk Ibu petinggi daerah.

Dan hanya diksi siap yang terlontar dari mulut Gendut. 

Sementara malam makin meninggi. Cahaya makin memudar seiring dengan makin memudarnya cahaya malam.  

Dalam beberapa malam ini, terutama tiga malam menjelang masa pencalonan kepala daerah, para warga sudah jarang melihat Gendut berada di kios itu. Tak terkecuali pemilik kios. Soalnya dirinya seringkali mendapat pertanyaan dari para pelanggan di kiosnya.

" Sudah tiga malam ini saya tak melihat Pak Gendut. Biasanya kan Bapak-bapak tahukan perilaku Pak Gendut. Saban malam pasti ada di kios ini," jawab pemilik kios.

" Kemana ya beliau," tanya para pelanggan kios dengan rasa penasaran. Dan sejuta tanya pun mareka apungkan ke langit nan biru. Sejuta tanya mareka kibarkan ke angkasa yang luas. Namun tak seorang pun bisa menjawabnya. Jagad alam pun hening. Angin malam pun enggan menghela. Cahaya bintang dilangit pun enggan berkedip sebagai tanda tak menjawab.

Para warga Kota terjaget-kaget dan setengah tak percaya saat mendengar berita tentang tertangkap tanganya Pak Gendut oleh aparat penegak hukum. Disinyalir Gendut merupakan kaki tangan petinggi daerah yang terlibat dalam aksi gratifikasi. Lewat gendut lah sejumlah aliran dana diterima petinggi daerah dari para kontraktor saat petinggi daerah masih menjabat. Dan lewat Gendut pula petinggi Daerah melakukan tindakan pencucian uang.

" Saya sama sekali tak menyangka gendut bisa berbuat kotor itu," cerita para warga Kota.

" Saya sih sudah menduga. Soalnya selama ini Pak Gendutlah yang paling dekat dengan petinggi daerah. yang selalu membawa tas petinggi daerah itu kan dia,' balas warga Kota lainnya.

Sementara itu di ruangan tahanan, Gendut masih belum percaya dengan keadaan ini.  Dirinya masih setengah tak percaya harus ditangkap tangan aparat hukum saat hendak menerima aliran dana dari seorang penyuap untuk Petinggi daerah. Hanya nafas panjang yang dihelanya seiring dengan nafas malam yang makin menderu. hanya penyesalan yang ada dalam batinnya.Sebuah pergolakan jiwa yang amat mendalam dan derita yang tak terlukiskan.

Dan penyesalan yang diungkapkannya tak membuatnya harus melepas tanggungjawab. Yang amat disesalinya selama 3 malam dirinya meringkuk di tahanan, tak ada kabar berita dari petinggi daerah. Jangankan menjenguk, mengirim utusan pun beliau tak ada untuk melihat kondisi terkini dari Gendut di penjara.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun