Nama Dosen : Apollo, Prof. Dr, M.Si.Ak
NIM : 43221010134
Nama : MIke Angel Lica
Universitas Mercu Buana
Pengertian  dari dampak
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia ,benturan, pengaruh yang mendatangkan akibat baik positif maupun negative.
Waralah Rd Cristo ( 2008 : 12 )
adalah suatu yang diakibatkan oleh sesuatu yang dilakukan, bisa positif atau negatif atau pengaruh kuat yang mendatangkan akibat baik negatif maupun positif.
Pengertian kearifan lokal
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kearifan berarti kebijaksanaan, kecendekiaan sebagai sesuatu yang dibutuhkan dalam berinteraksi. Dalam hal ini kata lokal, yang artinya  tempat atau pada suatu tempat bisa desebut juga dengan  pada suatu tempat tumbuh, terdapat, hidup sesuatu yang mungkin berbeda dengan tempat lain atau terdapat di suatu tempat yang bernilai yang mungkin berlaku setempat atau mungkin juga berlaku universal.
Rahyono (2009)
Kearifan lokal adalah kecerdasan manusia yang dimiliki oleh kelompok etnis tertentu yang diperoleh melalui pengalaman masyarakat. Artinya ialah ,kearifan lokal disini adalah hasil dari masyarakat tertentu melalui pengalaman mereka dan belum tentu dialami oleh masyarakat yang lain.
Menurut pendapat saya kearifan lokal adalah bagian budaya masyarakat yang sangat melekat dengan masyarakat dan seperti suatu aliran darah untuk masyarakat tersebut.
 Kearifan lokal diwariskan turun temurun dari nenek moyang atau generasi awal sampai generasi selanjutnya. Kearifan lokal juga bisa menjadi suatu bentuk pengetahuan, kepercayaan, atau etika adat yang menjadi pedoman.
Ada beberapa fungsi kearifan lokal , seperti :
- Konservasi dan melestarikan budaya
- Sebagai pedoman masyarakat dan kepercayaan masyarakat
- Sebagai simbol suatu adat tertentu
- Bermakna politik buat suatu adat tertentu
Ada juga beberapa ciri -- ciri kearifan lokal, seperti :
- Menjadi identitas suatu adat dan masyarakat tertentu
- Tetap ada dan bertahan walaupun zaman sudah menjadi lebih modern
- Memberi arahan dan pengendalian kepada suatu kelompok masyarakat
- Menjadi penggabung antara budaya dan masyarakat
Kearifan lokal bekerjasama erat dengan kebudayaan.di setiap negara mempunyai kebudayaan masing-masing, termasuk kebudayaan yang ada pada indonesia, kebudayaan yg membuahkan persatuan serta kesatuan antar warga yg berada pada Indonesia, kebudayaan Indonesia adalah kebudayaan multikultular. budaya yang beraneka ragam, dari suku, ras, dan agama. Multikulturalisme yang terdapat di indonesia yg menjadikan kita negara kesatuan asal aneka macam disparitas-perbedaan yang ada. Kebudayaan nasional yg berlandaskan Pancasila ialah perwujudan cipta, karya dan karsa bangsa Indonesia dan ialah holistik daya upaya manusia Indonesia buat mengembangkan harkat dan martabat menjadi bangsa, dan diarahkan buat memberikan wawasan dan makna pada pembangunan nasional pada segenap bidang kehidupan bangsa. Budaya merupakan sebuah sistem, yg memiliki bentuk-bentuk simbolis, seperi benda, sikap, mayamyian musik tyang berkaitan erat dengan masyarakat nya. Demikian jua budaya material yang berupa bangunan, rumah istiadat istiadat, alat-alat, senjata serta pakaian daerah, tak bisa terlepas berasal konspigurasi suatu budaya. Indonesia mengakibatkan kesatuan bagi bangsa Indonesia seperti yang tercengkram di cakar lambang negara kita GARUDA yang bertuliskan bhineka TUNGGAL IKA, ( walaupun berbedabeda namun tetap satu ). kata bhineka Tunggal Ika tak hanya memberikan adanya suatu tujuan buat mencapai suatu tatana rakyat yang menyatu, akan tetapi menyembunyikan sikap politik yg sangat tegas untukmenegakkan kesatuan serta persatuan secara menyeluruh tanpa bisa diganggu gugat. Kebudayaan yang multikultur pada negara kita berakibat masyarakat negara kita mampu saling mengenal serta dapat membedakan antara kultur yang satu dengan yg lainnya, tapi permanen pada satu kesatuan Indonesia, seperti yang sudah dikatakan sang para pemuda dalam sumpahnya, "kami bangsa indonesia seperti yang terdapat di dasar negara kita panca sila terutama sila ketiga, Persatuan Indonesia, keaneka ragaman budaya kita yang menjadikan negara persatuan yang utuh serta kokoh pada satu naungan negara Indonesia
Sering kali kita sebagai anak muda lebih tertarik dengan kebudayaan di luar negri,contoh yang bisa diambil dalam kehidupan sehari-hari, yaitu anak muda zaman sekarang lebih menyukai menggunakan produk luar negri dibandingkan produk dalam negri.Mereka merasa bangga jika membeli produk dari luar negri padahal produk dalam negri juga bisa ditadingkan kualitasnya,hal seperti juga bisa dibilang tidak peduli pada kebudayaan dalam negri.Padahal tidak kalah keren jika menggunakan produk dalam negri misalnya kain batik,mungkin sebagian anak muda menganggap kain batik seperti kain kuno sedangkan negara lain senang melihatnya dan menggunakannya bahkan sempat diakui oleh negara tetangga kita bahwa batik berasal dari malaysia.Penyebab ini terjadi karena kita tidak mau melestarikannya atau menggunakannnya kita tidak bangga dengan kebudayaan kita sehingga orang lain bisa dengan mudah megakuinya.
Mengapa kita harus mengenal kearifan lokal?
Kearifan lokal sangat penting untuk dilestarikan dalam suatu masyarakat untuk menjaga keseimbangan dengan likungannya dan sekaligus dapat melestarikan lingkungannya. Masyarakat harus mengenal dan mengerti arti penting dari kearifan lokal agar budaya yang mereka punya tidak mudah bercampur dengan budaya baru yang masuk.
Cara agar kebudayaan kearifan lokal tidak punah, dengan cara melestarikannya,mulai lah dalam hal yang kita senanggi.Jika kita senang menari kembangkan bakat itu dan cobalah juga untuk belajar tari tradisional dengan begitu sudah termasuk melestarikaan kebudayaan kearifan lokal di masyarakat,harus dimulai dari diri kita sendiri jika tidak kita mulai siapa lagi yang akan melestraikan kebudayaan ini.Tidak hanya tarian tetapi juga bisa adat istiadat dalam setiap suku. Dan jika kita senang mendesig baju,design lah kain-kain dengan modern agar dipake tetap fashionable dan tetap ada unsur bangga menggunakan produk dalam negri,
Contoh Kearifan Lokal Nusantara
Berikut beberapa kekayaan budaya, kearifan lokal nusantara yg terkait menggunakan pemanfaatan alam, antara lain :
1.Warga Papua, ada kepercayaan te aro neweak lako (alam merupakan aku ). Tanah dianggap sebagai bagian hayati insan. Pemanfaatan asal daya alam harus hati-hati.
2.Masyarakat Serawai, Bengkulu, terdapat keyakinan celako kumali. Kelestarian lingkungan terwujud dari kuatnya keyakinan tata nilai dalam berladang serta tradisi tanam.
3.Warga Dayak Kenyah, Kalimantan Timur. ada tradisi tana' ulen. tempat hutan dikuasai serta menjadi milik rakyat tata cara
4.Masyarakat Bali dan Lombok. memiliki kearifan lingkungan awig-awig. Awig-awig adalah patokan tingkah laris yang dibuat warga berdasarkan rasa keadilan serta kepatutan warga setempat.
5.Warga Baduy memiliki kearifan lingkungan yang mendasari mitigasi bencana dalam bentuk pikukuh (ketentuan tata cara utama) yg mengajarkan antara lain: gunung teu meunang dilebur, lebak teu meunang dirusak (gunung tidak boleh dihancurkan, sumber air tidak boleh dirusak
Nah, itulah penerangan tentang kearifan lokal bersama contohnya.
Â
Dampak jika kita tidak peduli pada kearifan lokal yaitu, hilangnya kebudayaan kita yang nantinya akan punah atau bahkan jadi diakuin negara lain, masuknya paham barat yang bisa merusak moral bangsa. Gaya hidup masyarakat lebih konsumtif. Lebih menyukai segala sesuatu yang sifatnya instan. Kurangnya semangat mencintai budaya sendiri. Tidak adanya lagi keseimbangan dengan lingkungan seperti gotong royong,gotong royong adalah kegiatan yang dari dulu sudah ada dan sudah dilaukan turun- temurun ,tolong menolong dan saling mengingatkan untuk melakukan kebaikan sangat mengakar kuat dalam kehidupan, di dalam struktur masyarakat. dilihat dari nilai yg mengatur ketertiban & keharmonisan di masyarakat yg menjadi adat istiadat setempat ini akan jadi tidak baik jika kita tidak peduli tentang kearifan lokal di dalam lingkungan kita sendiri.
Kearifan lokal juga memiliki kedudukan penting dalam hal menghadapi arus globalisasi Melalui kearifan lokal akan ada kesempatan untuk mempertahankan sistem tradisional ditengah arus globalisasi yang membawa sistem modern di tengah-tengah masyarakat, karena di dalam kearifan lokal terdapat unsur-unsur yang menguatkan jati diri bangsa, yaitu unsur pengetahuan lokal, kepercayaan lokal, dan nilai lokal.
Sekarang kita membahas tentang salah satu contoh budaya masyarakat yang ada dan sudah lama di Indonesia, yaitu "Sadulur Papat Lima Pancer". Sadulur Papat Lima Pancer berasal dari Bahasa Jawa dan di setiap daerah memiliki pengertian yang sama walaupun berbeda kata atau bahasa daerah. Dalam bahasa Indonesia kata "Sadulur Papat Lima Pancer" memiliki arti empat saudara menjadi lima sebagai pusat nya. Atau pengertian lainya yaitu bentuk kesatuan wujud manusia ketika manusia lahir ke dunia. Istilah ini sangat di yakini oleh penganut kejawen sebagai warisan budaya dari sunan kalijaga pada abad 15 -- 16.
Sedulur papat lima pancer merupakan teman gaib yang menemani manusia, dari mulai di dalam kandungan hingga lahir dan meninggalkan dunia menurut primbon Jawa, ini merupakan nasihat dan wejangan dari para leluhur untuk menjadi panutan bagi anak, cucu dan generasi selanjutnya.
Jadi siapa saja yang ada dan termasuk dalam sedulur papat lima ini, menurut Primbon Jawa disebutkan ada beberapa yaitu :
- Air Ketuban
Ini sebagai Kakak Tertua  yang melindungi kita sebagai bayi dalam kandungan.
- Ari Ari
Ari Ari atau plasenta sebagai penjaga pengantar kita ke bumi.
- Darah
Darah di sini bertugas sebagai penolong dan pelindung kita untuk membantu menemukan jati dari dan mencari jalan kehidupan buat kita.
- Puser
Puser bertujuan sebagai penghubung anatara Ibu dan Anak dalam kandungan, karena puser sebagai tempat kita mendapat makan.
- Tubuh
Tubuh ini sebagai wujud kita dan ditemani oleh empat malaikat yaitu malaikat Jibril, Isrofil, Mikail dan Ijroil dengan tugas masing -- masing.
Sadulur papat lima pancer itu sebagai penjaga kita, menemani kita sebagai teman gaib yang berada di sebelah kiri, kanan, depan dan belakang. Dalam Primbon Jawa juga disebutkan beberapa cara menjaga dan merawat sedulur papat lima pancer ini. Berikut adalah beberapa caranya :
- Puasa Weton
Puasa weton merupakan puasa pada hari kelahiran kita, jadi saat hari kelahiran kita di tanggal itu kita melakukan niat puasa kita.
- Meditasi (Wiridan)
Yaitu mendekatkan diri kepan Tuhan Yang Maha Esa dengan meditasi  untuk mendapat ketenangan diri dan batin.
- Bubur Merah Putih (Jenang Sengkolo)
Ini sebagai wuuju atau simbol memberikan sedekah atau rezeki Kepada Tuhan.
Semua ini mengajarkan kita dalam filosofi kehidupan agar kita selalu mawas diri dan bersikap bijaksana dalam segala tindakan dan perbuatan kita. Kita juga sebagai manusia harus tetap ingat kepada pencipta kita. Banyak cara yang bisa dilakukan seperti beribadah, melakukan kebaikan dan selalu mengingat bahwa Tuhan maha tau dan Dia mengawasi segala tindakan kita. Jadi Sedulur papat lima pancer ini merupakan salah satu kearifan lokal yang turun temurun diketahui dan ini menjadi pedoman kita bagi masyarakat lokal yang mempercayainya.
Pada persepsi moralitas dan spiritualitas, orang yg memiliki pencerahan Sedulur Papat Kalima Pancer dapat dimaknai menjadi orang yg mempunyai etika tinggi. Etika ini meliputi seluruh aspek kehidupan manusia dalam banyak sekali korelasi serta perannya pada masyarakat. dalam famili, pekerjaan, pendidikan, kerohanian, kesehatan maupun korelasi-korelasi sosial lainnya. banyak orang mengklaim dirinya sukses, akan tetapi hanya pada usaha saja, sedangkan rumah tangganya berantakan, tubuhnya sakit-sakitan, jiwanya stress. Ini bukan sukses yg sejati.
Falsafah Sedulur 4 Ka-lima Pancer artinya falsafah dasar yang kemudian dapat dikembangkan pada banyak sekali pakem-pakem Jawa. misalnya pakem ihwal hari-hari Jawa, yaitu pasaran Legi (Timur), Pahing (Selatan), Pon (Barat), Wage (Utara) serta Kliwon (Tengah/pusat). pada tradisi pewayangan pula dikenal tokoh Punakawan: Semar, Petruk, Gareng, Bagong yg menemani serta melayani tokoh sentra yaitu Arjuna. Hal ini pula menggambarkan keempat kuda pada kereta perang Arjuna yang dikendalikan sang kusirnya yaitu Krisna. pada periode Islam Jawa, dikenal jua keyakinan ihwal malaikat penyerta yaitu Jibril, Mikail , Isrofil, dan Ijro'il yang akan membawa seseorang mencapai Sidrathul Muntaha atau menyertai hidup manusia sampai mati menghadap pada sang ilahi.
mirip yg sudah-telah, falsafah Jawa selalu sarat dengan perlambangan, sehingga ia kaya akan interpretasi tanpa mengeliminir substansi-nya. Demikian jua falsafah Sedulur 4 Ka-lima Pancer, secara normatif bisa berupa perlambangan buat makna yg jauh labih hakiki. Sedulur 4 menggambarkan elemen dasar dalam diri manusia (ego) yaitu Cipta, Rasa, Karsa serta Karya.
CIPTA artinya pikiran, asal berasal segala nalar, idea, khayalan, kreativitas dan ambisi. Pikiran adalah manipulasi otak atas gosip buat menghasilkan konsep, penalaran serta pengambilan keputusan.
RASA adalah emosi atau reaksi afekif atas peristiwa dan pengalaman hidup. aneka macam ekspresi emosi begitu kaya, bahkan jauh lebih kaya daripada bahasa yg bisa mengungkapkannya.
KARSA merupakan kehendak atau niat, yaitu motivasi dalam diri individu buat melaksanakan keputusan dan rencananya. seseorang dapat termotivasi oleh rangsangan dari luar, tetapi kebalikannya pula asal dalam dirinya sendiri.
KARYA artinya tindakan, yaitu aspek psikomotor dalam diri individu yg menghasilkan suatu wujud nyata, sebagai akibatnya bisa dikenali dan berdampak bagi lingkungan sekitarnya.
Keempat elemen dasar pada diri manusia di atas akan menjadi "efektif" apabila manusia tadi dikontrol sang Pancer/kunci yang diklaim menggunakan kesadaran yg biasa diistilahkan menggunakan "eling". di sinilah letak perjuangan spiritual sesungguhnya. waktu katup-katup pencerahan bisa dibuka, maka potensi 4 elemen dasar insan akan menjadi kekuatan "quantum" yang luar biasa, mempunyai daya ledak, mengakibatkan seseorang menjadi manusia seutuhnya, sukses lahir batin, satria pinandhita sinisihan wahyu!
Kesimpulannya ialah Sedulur Papat Limo Pancer dapat dikatakan sebagai konsep kecerdasan emosional dimiliki oleh orang Jawa. Sedulur Papat Limo Pancer menekankan bahwa manusia membutuhkan meningkatkan peran Limo Pancer dalam memahami dan mengendalikan Sedulur Papat secara tertib untuk mencapai kesempurnaan hidup. Konsep Sedulur Papat Limo Pancer menjelaskan dalam lebih detail domain emosional yang perlu dikendalikan dibandingkan dengan konsep kecerdasan emosional. Namun, konsep kecerdasan emosional menjelaskan lebih lanjut detail aspek kecerdasan emosional dibandingkan dengan konsep Sedulur Papat Limo Pancer. Integrasi konsep Sedulur Papat Limo Pancer dengan konsep kecerdasan emosional dapat digunakan untuk memahami kecerdasan emosional secara komprehensif. Penelitian selanjutnya dapat mengkonseptualisasikan Sedulur Papat Limo Pancer sebagai variabel psikologis yang dapat dipelajari secara empiris. Perkembangan alat ukur emosi kecerdasan berbasis konsep Sedulur Papat Limo Pancer juga diperlukan sebagai upaya melibatkan variabel-variabel yang khas budaya Indonesia dalam penelitian psikologi.
Daftar Pustaka :
Balqis Fallahanda. 2022. Pengertian Kearifan Lokal.
Kumparan.com. 2021. Mengenal Istilah Sedulur Papat Limo.
Ahmad Hanif. 2012. Dampak ketidak pedulian masyarakat terhadap budaya bangsa.
Yono Suryono. 2022. Sedulur Papat Lima Pancer, Teman Gaib yang Selalu Menemani Manusia Menurut Primbon Jawa.
University of Surabaya. 2021. Sadulur papat limo pancer as a concept of Javanese emotional intelligence.
Dr. Afiful Ikhwan, M.Pd.l. 2019. Falsafah sedulur papat kalima pancer.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H