UJIAN TENGAH SEMESTER PERILAKU ORGANISASI
Soal:
1. Organisasi merupakan sekumpulan orang yang bekerjasama antara dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan bersama. Untuk menjalankan sebuah organisasi, diperlukan manajemen di dalamnya. Jelaskan dengan detail, apa keterkaitan lain antara organisasi dengan manajemen.
2. Organisasi yang baik dan bertanggungjawab merupakan organisasi yang ingin memelihara kesinambungan bisnisnya dalam jangka panjang. Sejak awal berdiri, organisasi harus sudah memikirkan segala rancangan untuk keberlangsungannya dengan menetapkan visi, misi, dan tujuan perusahaan. Apa maksud dari ketiga hal tersebut? Dan mengapa ke tiga hal tersebut harus ada dalam setiap organisasi?
3. Agar suatu organisasi atau perusahaan tersebut dapat menjalankan kegiatannya dengan efektif dan efisien, semua bagian atau divisi dalam organisasi atau perusahaan tersebut haruslah bisa berjalan sesuai dengan fungsinya dan saling mendukung antara bagain yang satu dengan bagian yang lain. Hal tersebut akan dapat terjadi jika ada koordinasi. Apa yang dimaksud dengan koordinasi? Mengapa di dalam organisasi membutuhkan sebuah koordinasi?
4. Bagaimana sikap kepemimpinan yang seharusnya di implementasikan oleh pimpinan perusahaan dalam mempimpin demi tercapainya tujuan perusahaan yang lebih efektif dan efisien?
5. Apa yang dimaksud dengan pendekatan sistem? Mengapa di dalam organisasi membutuhkan pendekatan sistem?
UJIAN TENGAH SEMESTER
NAMA: MIFTAKHUL HUDA
NIM: 162200151
PRODI: ESY
JAWAB:
1. Detail hubungan antara organisasi dan manajement yaitu organisasi adalah badan atau orang yang bekerja sama lebih dari satu sedangkan manajemnt adalah sesuatu yang mengatur semua pergerakan agar semua tujuan dari kesatuan tersebut dapat tercapai.
2. Mengapa ketiga hal tersebut harus ada yaitu dari ketiga hal tersebut adalah garis besar atau poin inti dari semua turjuan yang ingin di capai suatu organisasi. Jadi berdasarkan tiga hal tersebut bias meminimalisir kesalahan yang melenceng dari tujuan organisasi.
3. koordinasi adalah perihal mengatur dalam organisasi, yang tentunya di dalam organisasi tentunya terdapat devisi- devisi tertentu, maka dari itu pasti, supaya aturan dan tindakan yang akan dilaksanakan tak saling bertentangan atau simpang siur. Maka inilah mengapa koordinasi sangat di butuhkan di dalam organisasi, agar tujuan dari organisasi dapat tercapai tanpa adanya suatu masalah.
4. seorang pemimpin haruslah memberikan arahan yang jelas dan pasti akan tujuan dari apa yang setiap devisi kerjakan agar target dari tujuan dapat terselesaikan dengan tepat dan benar. Serta seorang pemimpin haruslah memberi semangat kepada semua bawahan.
5. Suatu pendekatan sistem terhadap manajemen memiliki pandangan terhadap  organisasi sebagai sistem yang terpadu dan terarah yang terdiri dari bagian-bagian yang saling terkait. Maka dari itu inilah alas an mengapa Pendekatan sistem memberikan manajer untuk melihat keseluruhan organisasi.
Maka dari adanya pendekatan system memudahkan organisasi untuk mengontrol pergerakan setiap devisinya.
TERIMA KASIH.
Best Regard,
MIFTAKHUL HUDA
UJIAN TENGAH SEMESTER PERILAKU ORGANISASI UNIVERSITAS ALMAATA,Â
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI