Kesesuaian warna dan paduan warna yang diaplikasikan pada wanita pekerja sangat penting karena akan memberikan kesan selaras dengan penampilan yang lebih elegan. Adapun perpaduan warna yang disesuaikan untuk tata rias wajah tidak berlebihan. Permasalahan rias wajah merupakan suatu tampilan yang langsung terlihat dan dapat diamati oleh orang   lain dalam berinteraksi sehari --hari terutama make- up sehari -hari. Untuk itu penulis mengambil permasalahan pengaplikasian warna kosmetik rias wajah sehari- hari pada siswa kelas X- Tata Kecantikan Rambut dan Kulit di SMKN 2 Jombang.
Deskripsi Aksi Nyata
Tahap Persiapan
Adapun kegiatan yang dilakukan  dalam tahap ini adalah:
Membuat media pembelajaran inovatif yaitu Job Sheet (perencanaan kerja) beserta desain rias wajah sehari- hari untuk memudahkan siswa dalam langkah praktek pengerjaaan rias wajah sehari- hari
Memilih model pembelajaran inovatif yaitu model Project Based Learning.
Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Penyusunan RPP berdasarkan Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi dengan memperhatikan kata kerja operasional yang sesuai.
Menyusun kisi-kisi, instrumen dan rubrik penilaian
Menyusun lembar observasi/pengamatan guru dan peserta didik. Lembar pengamatan guru disusun berdasarkan sintaks model pembelajaran yang digunakan. Sementara lembar pengamatan peserta didik yang disusun ada 2, yaitu lembar observasi untuk mengamati aktivitas afektif dan lembar pengamatan psikomotor.
Mendiskusikan dengan partisipan yang bertindak sebagai observer untuk memperoleh masukan terhadap RPP, media, dan lembar pengamatan yang digunakan.
Terkait pembuatan media Job Sheet "Merias wajah sehari- hari" disajikan langkah-langkah pembuatannya. Proses pembuatan Media Job Sheet dengan dilengkapi desain proporsi wajah. Jadi bagian Job Sheet terdapat 2 bagian yang akan dijelaskan sebagai berikut: