Mohon tunggu...
Miftahur Rohmah
Miftahur Rohmah Mohon Tunggu... Guru - Guru

Saya adalah seorang guru yang mengabdikan hidup saya untuk senantiasa belajar. Karena belajar merupakan proses yang menyenangkan, dimana setiap prosesnya akan menemukan berbagai pengalaman yang luar biasa.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Penggunaan Sway Office 365 sebagai Media Pembelajaran yang Menarik dalam Pembelajaran Daring di SMA N 1 Muntilan

13 Januari 2023   00:02 Diperbarui: 13 Januari 2023   00:06 440
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Permasalahan Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 yang terjadi hampir di seluruh dunia menjadi kendala bagi semua kalangan di dunia dan juga merupakan krisis kesehatan bagi umat manusia. Dalam dunia pendidikan, pandemi Covid-19 memberikan dampak yang sangat banyak seperti banyaknya sekolah di dunia ditutup untuk menghentikan penyebaran Covid-19. 

Beberapa negara telah menutup sekolah dan menyebabkan setidaknya 290,5 juta peserta didik di seluruh dunia menjadi terganggu aktivitas belajarnya karena sekolah ditutup oleh pemerintah (Mastura, 2020). Hal seperti ini juga terjadi di negara kita, Indonesia. 

Pemerintah secara cepat dan tanggap membuat kebijakan program pembelajaran secara daring (dalam jaringan), maksudnya pembelajaran yang dilakukan berdasarkan pemanfaatan teknologi dan jaringan internet secara jarak jauh, sehingga menahan mobilitas setiap manusia dalam bertatap muka. 

Pembelajaran daring ini dianggap sebagai cara yang paling efektif dan efisien untuk tetap menghidupkan ruh pendidikan, dimana proses kegiatan belajar mengajar tetap berjalan meskipun dalam kondisi apapun.

Proses peralihan antara pembelajaran luring (luar jaringan) atau biasa disebut pembelajaran tatap muka kemudian menjadi pembelajaran daring (dalam jaringan), biasa disebut pembelajaran jarak jauh menjadikan para peserta didik dan pendidik mengalami shock culture. Peserta didik mau tidak mau merasakan kondisi di rumah dengan padatnya tugas-tugas yang didapatkan dari guru. 

Sedangkan guru juga mengalami kelelahan, kecemasan, dan tekanan dengan tugas pokok yang biasanya bisa diselesaikan di sekolah ketika kegiatan belajar mengajar tatap muka, namun dalam pembelajaran daring tugas penilaian malah tidak cukup waktu untuk dikoreksi sampai malam hari. Hal-hal seperti ini menjadikan sebab bahwa pembelajaran daring memiliki beberapa kelemahan.

Kelemahan adanya pembelajaran daring dimulai dari munculnya berbagai permasalahan. Masalah yang dialami dalam dunia pendidikan (Zuo, 2020) terutama oleh peserta didik, guru, serta orang tua dalam kegiatan belajar mengajar daring adalah kurangnya penguasaan teknologi, adanya penambahan biaya kuota internet, bertambahnya pekerjaan untuk orang tua dalam mendampingi anak-anaknya dalam proses belajar mengajar, komunikasi dan sosialisasi antar peserta didik akan menurun, proses interaksi guru dan orang tua menjadi semakin berkurang dan jam kerja yang menjadi tidak terbatas bagi tenaga pendidik dan peserta didik karena harus berkomunikasi dan berkoordinasi setiap waktu.

Penggunaan Sway Office 365

Dari beberapa permasalahan di atas menimbulkan motivasi bagi pendidik, dalam hal ini guru untuk menciptakan inovasi dalam pembelajarannya. Biasanya pendidik hanya menyajikan powerpoint saja, atau video saja. 

Tentu hal ini memiliki sisi kelemahan dimana tidak semua peserta didik gaya belajarnya menggunakan audio saja, atau visual saja. Salah satu terobosan pendidik di SMA N 1 Muntilan yaitu dengan penggunaan sway office 365 sebagai media pembelajaran. 

Sway adalah aplikasi Microsoft 365 yang membantu pendidik menyampaikan ide menggunakan kanvas interaktif berbasis web. Mesin desain Sway akan membantu menghasilkan desain yang profesional, interaktif, dan menarik secara visual dengan cepat dan mudah dari gambar, teks, dokumen, video, peta, dan lainnya. 

Hal ini menjadikan rujukan bagi pendidik untuk menggunakannya sebagai media yang mendukung dalam penyampaian materi selama pembelajaran daring. Respon dari peserta didik menjadi lebih antusias dalam pembelajaran karena penyampaian tulisan bisa didukung dengan video yang dapat diembed pada ruang sway. Tidak hanya materi, guru juga bisa menyelipkan soal latihan untuk dikerjakan oleh peserta didik. Sungguh menarik pembelajaran dengan media sway office 365.

Sun, L., Tang, Y., &, Zuo, W. (2020). "Coronavirus pushes education online" (PDF). Nature Materials. 19 (6): 687. doi:10.1038/s41563-020-0678-8.

Sari, R. P., Tusyantari, N. B., &, Suswandari, M. (2020). "DAMPAK PEMBELAJARAN DARING BAGI SISWA SEKOLAH DASAR SELAMA COVID-19". Jurnal Ilmiah Kependidikan. 2 (1): 9--15. doi:10.37478/jpm.v2i1.732. ISSN 2722-4899.

Anshori I., &, Illiyyin, Z. (2020). "DAMPAK COVID-19 TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN DI Mts Al-ASYHAR BUNGAH GRESIK". Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 3 (2): 181--199. doi:10.30868/im.v3i02.803. ISSN 2614-8846.

Fauziyah, N. (2020). "Dampak Covid-19 Terhadap Efektivitas Pembelajaran Daring Pendidikan Islam". Jurnal Al -- Mau'izhoh. 2 (2): 1--11. ISSN 2684-9410.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun