Mohon tunggu...
Michael JoshuaMokosandib
Michael JoshuaMokosandib Mohon Tunggu... Lainnya - Menulis

Halo saya Michael Joshua Mokosandib mahasiswa Universitas Tarumanagara

Selanjutnya

Tutup

Money

Seberapa Besar Pengaruh Packaging Makanan pada Konsumen?

30 Mei 2022   11:09 Diperbarui: 30 Mei 2022   11:51 598
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
www.dreamstime.com/

Di era modern sekarang ini, persaingan dalam dunia bisnis sangat ketat khususnya di bidang kuliner. Ada beberapa pesaing yang mempengaruhi perilaku membeli konsumen meliputi:

kita dapat ambil contoh pada fenomena munculnya kuliner terbuat dari mie dengan ramuan bumbu rahasia. Di sini kita semua tau Mie instan sudah menjadi bagian penting dari menu pengganti utama Makanan Indonesia. Meski sering dianggap tidak baik di mata publik, tapi kebiasaan memakan mie instan sepertinya masih sulit untuk dihilangkan.

Itulah sebabnya penjualan mie instan tidak pernah turun, bahkan semakin banyak merek merek baru yang lahir di Indonesia. Itu juga terpengaruh beberapa faktor yang dapat mendukung penjualan mie instan yang mengalami peningkatan jauh lebih baik daripada tahun sebelumnya. Warna kemasan merupakan faktor yang menjadi satu titik kombinasi dari proses marketing, advertising, merchandising.

Kemasan tidak hanya berfungsi sebagai wadah dan pelindung, namun juga menjadi identitas produk yang menyediakan informasi produk bagi konsumen sekaligus alat promosi penjualan yang menjadi daya tarik dan dapat mempengaruhi minat beli konsumen sehingga pada akhirnya dapat menekan biaya promosi. Tapi sekarang, kemasan produk bagus sangat membantu untuk menjadi perantara dalam mengoptimalkan opsi, yaitu mampu menampilkan produk yang bagus dengan harga terjangkau dan pasar yang lebih luas.

Kemasan adalah perlindungan suatu barang, bagus barang dan barang biasa produksi pabrik. Di dunia pabrik pengemasan adalah pemenuhan kebutuhan karena hubungan antara produsen barang dan membeli masyarakat. menurut (J Paul Petter dan Jerry C. Olson) yang diterjemahkan oleh (Damos Sihombing, 2003:166) dalam Bukunya yang berjudul "Perilaku" Konsumen dan Strategi Pemasaran”. Warna kemasan juga memiliki artinya tersendiri bagi konsumen.

Variabel Kemasan dapat diukur dengan cara sebagai berikut:

(1) Komposisi warna Kemasan yang menarik perhatian

(2) Komposisi warna kemasan yang mudah diingat.

(3) Komposisi warna kemasan lebih menonjol di rak dibandingkan dengan merek lain.

(4)Bentuk tulisan pada kemasan bisa menarik perhatian.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun