Mohon tunggu...
Mia Rosmayanti
Mia Rosmayanti Mohon Tunggu... Penulis - Freelancer

Menulislah dan jangan mati.

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Kehidupan Seekor Kunang-Kunang

24 Juni 2024   12:17 Diperbarui: 24 Juni 2024   12:28 49
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Illustration by Shino | @mumu__161

Kurasa hari ini matahari tidak akan lagi terbit. Entah sudah berapa lama sang matahari terus-menerus bersembunyi di balik hutan-hutan beton dan kabut berwarna keabuan yang pekat akan kesedihan. Bintang-bintang yang harusnya menari  di langit malam kota ini sudah lama mati dan membusuk. 

Meskipun begitu, aku tetap merindukannya. 

Sepertinya aku tidak benar-benar tahu apa yang kurindukan. Matahari yang panasnya tak henti-hentinya membuatku  berkeringat hingga membuat orang-orang menoleh ke arahku dengan tatapan keheranan. Seolah aku ini adalah hewan yang langka, mereka akan terkikik setelah aku lewat di hadapan mereka. Panas matahari yang menyengat, serta bajuku yang basah karena keringat.

Aku menatap diriku yang nanar di hadapan cermin. 

"Menjijikan!" 

Entah untuk siapa sumpah serapahku itu kutujukkan. Untuk orang-orang yang kutemui sepanjang jalan ataukah sosokku di dalam cermin yang mulai berembun karena deru napas tertahanku. Kutatap diriku yang terbakar kemarahan. 

Seperti inikah wujudku yang asli?

Aku tidak tahu. Aku tidak pernah mengenal diriku sendiri. Aku tidak pernah mengerti apa yang sebenarnya sedang kucari atau keresahan apa yang begitu mencekikku hingga sekarat seperti ini. 

Memaafkan.

Kudengar aku harus belajar memaafkan. Untuk meraih ketenangan dalam hidup mereka bilang aku harus belajar memaafkan dan menerima semuanya dengan dada terbuka. Tapi begitu tameng itu kuturunkan, sebutir peluru dengan cepat menembus jantungku.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun