Mohon tunggu...
Muhammad Fatahillah
Muhammad Fatahillah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Seorang pemuda yang menyukai ketenangan dan alam

Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Jurusan Ilmu Komunikasi 21107030088

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Apa Itu Public Relation? Simak Definisi, Elemen, Fungsi dan Sejarahnya di Sini

15 Juni 2022   20:10 Diperbarui: 15 Juni 2022   20:18 1829
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber : binabangunbangsa.com

Hai sobat Kompasiana, kalian sudah pernah dengar belum mengenai istilah "Public Relation"? Pada artikel ini kita akan banyak mengulas tentang Public Relation. Apasih Public Relation itu?

Public Relation atau dalam bahasa Indonesia Hubungan Masyarakat merupakan salah satu profesi yang tugasnya untuk menghubungkan antara suatu lembaga atau organisasi dengan khalayaknya. Public Relation termasuk dalam jajaran ilmu-ilmu sosial seperti ilmu politik, ekonomi, sejarah, psikologi, sosiologi, komunikasi dan sebagainya.

1. Definisi Public Relation 

Definisi Public Relation banyak dikemukakan oleh berbagai lembaga maupun perorangan. Berikut penjelasan definisi-definisi Public Relation:

a. Menurut KBBI

Public Relation atau Hubungan masyarakat ialah bagian lembaga pemerintah atau swasta yang melakukan kegiatan mencari dukungan public bagi usaha-usahanya.

b. Menurut Belanda

Definisi Public Relation menurut Belanda yaitu, membangun hubungan yang baik secara sistematis antara kelompok publik atau orang dengan organisasi yang memiliki kepentingan atau ketergantungan. Public Relation memberikan pentingnya kesadaran hubungan baik, sistematis, dengan organisasi dari dunia luar.

Public Relation berperan sangat penting dalam menyampaikan penjelasan kepentingan untuk membangun hubungan baik antara kelompok orang yang mempunyai hubungan atau ikatan organisasi. Public Relation menciptakan rasa saling pengertian antara organisasi dan kelompok publiknya. Public Relation juga mempraktekkan komunikasi yang baik dan tepat dengan kelompok orang dalam organisasi yang mempunyai kepentingan untuk melakukan perubahan dalam kerja sama mengenai tujuan dari organisasi pada masa yang akan datang.

b. Menurut International Public Relations Association

Sedangkan menurut International Public Relations Association (IPRA), Public Relation merupakan fungsi manajemen membina organisasi dengan publiknya mengenai komunikasi, pengertian, penerimaan dan kerja sama dengan melibatkan manajemen dalam permasalahan dan persoalan yang muncul dala organisasi.

c. Menurut Institute of Public Relations (IPR)

Institute of Public Relations (IPR) juga menjelaskan definisi Public Relation yaitu upaya yang dilakukan secara terencana dan berkesinambungan dalam rangka menciptakan niat baik (goodwill) dan rasa saling pengertian antara suatu organisasi dengan segenap khalayaknya.

c. Menurut Frank Jefkins

Public Relation adalah bentuk komunikasi yang terencana, baik itu ke dalam maupun ke luar, antara organisasi dengan semua khalayaknya dalam rangka mencapai tujuan-tujuan organisasi yang berlandaskan pada rasa saling pengertian.

Jadi definisi Public Relation secara singkat adalah suatu upaya untuk membangun hubungan yang baik antara organisasi dengan khalayaknya.

2. Sasaran dan Kegiatan Public Relation

Sasaran atau khalayak Public Relation dibagi menjadi dua macam, khalayak internal dan khalayak eksternal. Seiring berkembangnya zaman target khalayak Public Relation juga mengalami perubahan dari berbagai dimensi seperti pola pikir, perubahan mental, kualitas, pola pandang, sikap dan perilaku khalayak. Maka dari itu Public Relation perlu mengembangkan rencana dan konsep dalam menghubungkan ikatan antara organisasi dengan khalayaknya.

Kegiatan PR bertujuan untuk menciptakan komunikasi dua arah atau timbal balik yang berujung pada rasa saling pengertian. Kegiatan Public Relation dibagi menjadi empat tahap yakni, tahap Penelitian > tahap Perencanaan > tahap Pelaksanaan > tahap Evaluasi.

3. Elemen-Elemen Definisi Public Relation 

Dalam PR terdapat berbagai elemen yang berkaitan dengan jalannya proses PR antara lain sebagai berikut:

  • Menjalankan program yang terencana dan berkesinambungan dari manajemen organisasi
  • Menjalankan relasi antara organisasi dgn publiknya
  •  Memonitor Awareness, Opinion, Attitute, dan Behavior baik dari dalam dan di luar organisasi
  • Menganalisa dampak kebijakan, prosedur dan aksi terhadap publik
  • Menyesuaikan kebijakan, prosedur dan aksi yang ditemukan menimbulkan konflik atas keinginan publik dan kelangsungan organisasi

  • 4. Sejarah Public Relation
  • Public Relation dilahirkan oleh seorang pelopor yang diangkat sebagai The Father of Public Relations atau Bapak Hubungan Masyarakat yaitu Ivy Ledbetter Lee Karena kemampuannya menyelesaikan masalah di perusahaan batu bara pada tahun 1906.

Sedangkan perkembangan PR di Indonesia dimulai pada tahun 1950-an yang kemudian Rosady Ruslan membagi empat tahap perkembangan tersebut. Periode pertama (1962) Presidium Kabinet PM Juanda menyatakan semua instansi pemerintah hrs mempunyai Humas, periode kedua (1967-1971) pembentukan Bakohunmas, periode ketiga (1972-1993) muncul PR dari swasta dan terbentuknya APRI, lalu periode keempat (1995-sekarang).

5. Fungsi Public Relation

Public Relation juga memiliki beberapa fungsi yang berguna bagi organisasi dengan khalayaknya antara lain sebagai berikut:

  • Menghubungkan antara organisasi dengan publiknya, yang ikut menentukan kelangsungan hidup lembaga tersebut.
  • Menumbuhkan hubungan baik, motivasi dan partisipasi dari seluruh pihak yang bersangkutan
  • Menciptakan kerja sama berdasarkan hubungan baik dengan publik.

E. Falsafah Public Relation

Public Relation merupakan falsafah sosial manajemen yang diterapkan pada kebijaksanaan, dan pelaksanaannya melalui interpretasi yang peka atas berbagai kejadian berlandaskan pada komunikasi dua arah atau timbal balik dengan publiknya serta menciptakan rasa saling pengertian dan etiket baik.

Menurut Edward L. Berneys Public Relation berarti memberikan informasi kepada masyarakat lewat pesan persuasi yang dimaksudkan untuk mengubah sikap dan tingkah laku masyarakat terhadap organisasi, demi kepentingan kedua belah pihak. Edward juga menjelaskan Public Relation merupakan usaha untuk mengintegrasikan sikap dan perbuatan antara organisasi dengan masyarakat.

Public Relation dimaknakan sebagai upaya untuk mempengaruhi perilaku khalayak yang menjadi sasaran. Dalam konteks perusahaan, Public Relation ditujukan untuk memajukan usaha-usaha di bidang ekonomi. Untuk mencapai berbagai tujuan, Public Relation perlu memiliki pengetahuan yang luas dan bijaksana dalam menengahi permasalahan yang muncul antara organisasi dan publiknya. Public Relation juga harus memiliki misi yang disampaikan kepada masyarakat agar terjalinnya transparansi informasi.

Demikian penjelasan mengenai Public Relation, semoga artikel ini dapat menambah wawasan sobat kompasiana. Terima kasih :)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun